Ini yang Perlu Dipahami Saat Dampingi Lansia, Lengkap dengan Daftar Psikolog Geriatri


Stres pada lansia adalah masalah yang rentan terjadi dan dapat memicu banyak masalah. Para lansia, meskipun tidak memandang usia, dapat mengalami stres atau depresi seperti halnya siapa pun. Oleh karena itu, mereka juga membutuhkan bantuan dari psikolog untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam kelompok usia lanjut, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh dan pikiran para lansia. Perubahan ini dapat memicu timbulnya stres dan depresi.

Berdasarkan data kesehatan yang dipublikasikan oleh National Association of Chronic Disease Directors, banyak lansia yang mengalami depresi akibat perubahan situasi yang mereka alami. Mereka merasa takut dan sulit menerima kenyataan bahwa tubuh mereka sudah tidak sekuat dulu dan banyak kerabat atau sahabat yang sudah meninggal dunia. Hal ini membuat mereka merasa kesepian dan tidak berguna, sehingga memicu timbulnya rasa cemas.

Sebagai contoh, salah satu sahabat saya mengeluhkan perubahan yang dialami oleh ayahnya yang sudah memasuki usia pensiun. Ayahnya yang dulunya dikenal sabar dan tenang, kini sering marah-marah dan mudah tersinggung. Selain itu, ia juga sering merasa bingung dalam menghadapinya. Saya juga mengalami hal yang serupa dengan orang tua saya yang sudah masuk usia lansia. Ketika mereka tidak bisa lagi menjadi produktif seperti dulu, saya sering mendengar keluhan-keluhan dari mereka.

Merawat dan mendampingi orang tua yang sudah masuk usia lansia adalah tugas yang tidak mudah. Tantangannya sangat besar dan membutuhkan kesabaran yang ekstra. Oleh karena itu, saya merasa perlu untuk belajar banyak dalam hal ini. Salah satunya adalah mencari tahu tentang perkembangan psikologi lansia.

Menurut laman Healthline, kelompok usia lansia yang memiliki banyak masalah kesehatan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami depresi. Gejala depresi pada lansia sangat bervariasi, namun ada beberapa gejala yang umum muncul, antara lain perasaan sedih atau “kosong”, putus asa, rewel, gugup, atau bersalah tanpa alasan, kehilangan minat dalam menjalankan hobi atau mendapatkan hiburan favorit, mudah merasa kelelahan, kehilangan konsentrasi atau memori, insomnia atau terlalu banyak tidur, makan terlalu banyak atau sebaliknya, serta sering merasa sakit kepala, nyeri, kram perut, atau masalah pencernaan.

Baca Juga:  Bu, Ini 8 Penyebab Payudara Nyeri Saat Menyusui

Dalam merawat orang tua yang sudah masuk usia lansia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, kita perlu memiliki stok kesabaran yang cukup. Merawat lansia membutuhkan kesabaran yang tinggi, karena mereka seringkali mudah tersulut emosi. Jika kita merasa lelah atau mudah marah, lebih baik menghindar sejenak agar tidak menghadapi mereka dengan emosi yang negatif.

Kedua, sediakan waktu untuk bicara dengan orang tua kita. Meskipun hanya sebentar, sediakan waktu berkualitas untuk mendengarkan cerita mereka. Jika kita tidak tinggal satu rumah dengan mereka, jangan lupa untuk menanyakan kabar mereka secara teratur. Mereka hanya butuh didengarkan dan didukung.

Ketiga, pahami kebutuhan orang tua yang sudah lansia. Selain kebutuhan untuk berkomunikasi dan terhubung dengan orang lain agar tidak merasa kesepian, mereka juga memiliki kebutuhan lain seperti nutrisi yang perlu dipenuhi dengan baik.

Keempat, tidak ada salahnya meminta bantuan dari tenaga psikolog lansia. Psikolog lansia adalah ahli dalam bidang psikologi perkembangan pada usia lanjut. Mereka dapat membantu lansia dalam mengatasi masalah psikologis yang mereka hadapi. Konsultasi dengan psikolog lansia juga dapat membantu kita dalam berpikir dan bertindak dalam merawat dan mendampingi orang tua yang lansia.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi psikolog lansia yang bisa menjadi bantuan di masa depan:
1. Tiga Generasi – Psikolog: Wieka Dyah Partasari, M.SI., Psikolog
Email layanan: [email protected]
Telepon: 0813 27001126

2. Rumah Dandelion – Psikolog: Adityawarna Menaldi, M.Psi
Telepon: 0812 84891683
Alamat: Jalan Taman Wijaya Kusuma Blok E No.4, RT.8/RW.4, Pondok Labu, Cilandak, South Jakarta City, Jakarta 12450

3. Ruang Tumbuh – Psikolog: Citra Hati Leometa, M. Psi., Psikolog
Email: [email protected]
Telepon: 0822 490241
Alamat: Jl. Raya Jatiwaringin No. 18 Pondok Gede

Baca Juga:  Bolehkah Bayi Minum Air Putih? Ini Penjelasannya

4. Layanan Psikologi Universitas Tarumanegara
Telepon: 0812 9292 6296
Email layanan: [email protected]
Alamat: Pusat Bimbingan dan Konsultasi Psikologi (PBKP), Untar Kampus I, Gedung L lantai 2

5. Ruang Mekar Azlia
Telepon: 0811-1430-255
Alamat: Jl. Raya Duta Pelni No.14, Tugu, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16951

Dalam merawat orang tua yang sudah masuk usia lansia, kita perlu memperhatikan hal-hal tersebut. Dengan kesabaran, mendengarkan, memahami kebutuhan mereka, dan meminta bantuan dari tenaga psikolog lansia, kita dapat membantu mereka dalam mengatasi stres dan depresi yang mereka alami. Dengan begitu, kualitas hidup mereka dapat lebih baik dan mereka dapat menjalani hari-hari dengan lebih bahagia.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com