5 Rekomendasi dan Pentingnya Asuransi Swasta untuk Orangtua, Selain BPJS Kesehatan


Memiliki jaminan kesehatan untuk orangtua merupakan hal yang penting dan perlu dipersiapkan sejak dini. Selain mengandalkan BPJS Kesehatan, ada juga beberapa rekomendasi asuransi swasta yang dapat menjadi pilihan untuk melindungi kesehatan orangtua. Asuransi kesehatan ini akan memberikan perlindungan finansial dan akses pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Salah satu layanan jaminan kesehatan yang saat ini banyak digunakan adalah BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan merupakan program asuransi sosial yang dioperasikan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Program ini membantu menanggung biaya pengobatan atau perawatan oleh negara, dengan cara membayar iuran setiap bulannya. Meskipun demikian, masih ada sejumlah masalah kepraktisan yang sering kali menjadi keluhan dari peserta BPJS Kesehatan.

Salah satu masalah yang sering muncul adalah lamanya waktu tunggu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Terkadang, pasien harus menunggu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk bisa mendapatkan perawatan yang seharusnya segera dilakukan. Tentunya, hal ini sangat mengkhawatirkan terutama jika kondisi pasien sedang dalam keadaan kritis. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari solusi lain untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih efektif.

Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan asuransi kesehatan dari perusahaan swasta. Asuransi kesehatan swasta menawarkan pelayanan klaim yang lebih cepat dan nilai pertanggungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan BPJS Kesehatan. Saat ini, sudah banyak perusahaan asuransi swasta yang menawarkan produk asuransi kesehatan untuk keluarga, termasuk untuk orangtua.

Asuransi kesehatan untuk orangtua umumnya mencakup ayah dan ibu yang sudah berusia lanjut atau telah memiliki anak. Setiap perusahaan asuransi memiliki ketetapan usia yang menjadi batasan untuk menjadi peserta asuransi kesehatan. Namun, berbeda dengan BPJS Kesehatan, asuransi kesehatan dari perusahaan swasta biasanya menetapkan batas usia maksimal untuk menjadi peserta.

Baca Juga:  Serba-Serbi Kecerdasan Bahasa

Pemilihan asuransi kesehatan yang tepat untuk orangtua harus didasarkan pada kondisi dan kebutuhan keluarga. Setiap produk asuransi memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk melakukan riset dan membandingkan produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Salah satu perusahaan asuransi swasta yang menawarkan produk asuransi kesehatan untuk orangtua adalah AXA Mandiri Financial Services. Perusahaan ini memiliki produk asuransi kesehatan individu bernama Asuransi Mandiri Kesehatan Prima. Produk ini memberikan pertanggungan sampai dengan usia tertanggung mencapai 80 tahun dan khusus untuk pertanggungan meninggal dunia karena kecelakaan sampai dengan tertanggung berusia 70 tahun.

Asuransi kesehatan Cigna juga merupakan pilihan yang baik untuk orangtua. Cigna menawarkan produk Cigna Family EaziLife yang memberikan perlindungan bagi tujuh anggota keluarga dalam satu polis. Produk ini tidak hanya memberikan perlindungan finansial jika tertanggung meninggal dunia, tetapi juga memberikan perlindungan atas risiko kesehatan, terutama penyakit kritis. Usia masuk yang ditetapkan Cigna bagi orangtua adalah 46-65 tahun.

Selain itu, Cigna juga memiliki produk asuransi jiwa yang diperuntukkan bagi lansia, yaitu Asuransi Jiwa Cigna Second Life. Produk ini memberikan perlindungan usia hingga 100 tahun dan memiliki berbagai manfaat lainnya seperti layanan konsultasi telemedikal dan diskon menarik bagi nasabah setianya.

Asuransi Jiwa Cigna Easy Future juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk melindungi kesehatan orangtua. Produk ini memberikan perlindungan finansial hingga Rp1 miliar dan memberikan santunan kematian jika tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan. Produk ini sangat cocok untuk keluarga yang belum mapan dan membutuhkan perlindungan finansial jika tulang punggung keluarga tidak dapat menafkahi keluarga.

Manulife juga merupakan salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia yang menawarkan produk asuransi kesehatan untuk orangtua. Produk Manulife Value Protector memberikan perlindungan kesehatan berupa penggantian biaya rawat inap rumah sakit karena sakit atau kecelakaan. Produk ini juga memberikan perlindungan kepada empat anggota keluarga sekaligus dengan premi yang tetap hanya untuk empat anggota keluarga.

Baca Juga:  Kenali Sindrom Baby Blues Sebelum dan Sesudah Melahirkan

Untuk mendapatkan asuransi kesehatan terbaik untuk orangtua, penting bagi orangtua untuk melakukan riset dan membandingkan produk asuransi yang tersedia di pasar. Mereka dapat menggunakan internet untuk mencari informasi mengenai produk asuransi kesehatan untuk orangtua yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet mereka. Selain itu, menghubungi agen asuransi dan meminta penjelasan lebih detail tentang produk juga dapat membantu orangtua memilih produk asuransi yang terbaik.

Dalam memilih asuransi kesehatan untuk orangtua, orangtua juga perlu memperhatikan usia masuk dan usia pengulangan yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi. Setiap perusahaan asuransi memiliki ketentuan yang berbeda-beda mengenai usia masuk dan usia pengulangan. Usia masuk adalah usia nasabah asuransi untuk dapat langsung mendapatkan manfaat asuransi kesehatan. Sedangkan usia pengulangan adalah batas usia yang mana seseorang yang telah menjadi nasabah dapat memperpanjang periode pertanggungannya.

Memiliki asuransi kesehatan untuk orangtua merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan dan melindungi kondisi keuangan keluarga. Dengan memiliki asuransi kesehatan, orangtua dapat mendapatkan perlindungan finansial dan akses pelayanan kesehatan yang lebih baik. Oleh karena itu, sebaiknya orangtua mempertimbangkan untuk memiliki asuransi kesehatan untuk melindungi diri mereka dan keluarga.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com