Catat! Inilah Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Anak

Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Anak

Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai fungsi karbohidrat bagi tubuh anak. Karbohidrat merupakan salah satu zat gizi makro yang penting bagi tumbuh kembang anak. Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga memiliki fungsi lain yang tidak kalah penting.

Sumber Energi Utama bagi Tubuh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu fungsi utama karbohidrat adalah sebagai sumber energi bagi tubuh. Karbohidrat yang dikonsumsi oleh anak akan dipecah menjadi gula di dalam tubuh. Gula ini kemudian akan diubah menjadi energi yang digunakan oleh sel-sel tubuh untuk berbagai aktivitas sehari-hari. Tanpa adanya karbohidrat, tubuh akan kekurangan energi dan anak akan merasa lemas.

Mengontrol Berat Badan

Banyak orang yang menghindari makanan yang mengandung karbohidrat karena takut akan menaikkan berat badan. Namun, sebenarnya tidak semua jenis karbohidrat memiliki efek yang sama terhadap berat badan. Karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, ubi, jagung, dan kacang-kacangan, memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat ini dapat memberikan efek kenyang lebih lama sehingga anak tidak mudah lapar dan makan secara berlebihan. Dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks, anak dapat mengontrol berat badannya dengan lebih baik.

Mencegah Penyakit

Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga memiliki peran penting dalam mencegah berbagai penyakit. Karbohidrat yang mengandung serat tinggi dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan anak. Serat ini dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit. Selain itu, karbohidrat kompleks juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan obesitas pada anak.

Penentu Indeks Glikemik

Indeks glikemik merupakan indikator untuk menilai seberapa cepat karbohidrat dalam makanan dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi dapat membuat gula darah naik dengan cepat, sedangkan karbohidrat dengan indeks glikemik rendah akan membuat gula darah naik secara perlahan. Anak yang terbiasa mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi secara berlebihan dapat memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari. Oleh karena itu, penting bagi anak untuk mengonsumsi karbohidrat dengan indeks glikemik rendah, seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Selective Mutism

Pentingnya Menyeimbangkan Asupan Nutrisi

Meskipun karbohidrat memiliki banyak manfaat bagi tubuh anak, penting untuk menyeimbangkan asupan karbohidrat dengan jenis nutrisi lain. Anak juga membutuhkan asupan protein, lemak, serta vitamin dan mineral lainnya untuk tumbuh kembang yang optimal. Sebaiknya, pilihlah sumber karbohidrat yang sehat, seperti kentang, ubi, jagung, roti gandum, dan oatmeal. Selain itu, pastikan juga anak mendapatkan asupan protein yang cukup untuk memenuhi kebutuhan 9 asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh sendiri.

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, anak usia 3-6 tahun disarankan untuk mengonsumsi sekitar 220 gram karbohidrat per hari. Namun, jumlah ini dapat berbeda-beda tergantung pada kebutuhan energi dan aktifitas anak. Penting bagi orangtua untuk memastikan bahwa anak mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup namun seimbang dengan sumber gizi lainnya.

Selain itu, pemberian susu pertumbuhan juga dapat menjadi tambahan asupan karbohidrat bagi anak. Susu pertumbuhan mengandung karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral lainnya yang dibutuhkan oleh anak. Pilihlah susu pertumbuhan yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang sesuai dengan kebutuhan anak.

Dalam menjaga kesehatan anak, penting untuk selalu mengutamakan pola makan yang seimbang dan menghindari makanan yang mengandung gula dan lemak jenuh secara berlebihan. Berikanlah anak makanan yang sehat dan bergizi agar tumbuh kembangnya optimal. Jangan lupa pula untuk memberikan contoh yang baik dengan menjaga pola makan dan gaya hidup sehat di keluarga. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu orangtua dalam memberikan asupan nutrisi yang baik bagi anak.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com