LaLaLand: Tumbuhkan Soft Skills bagi Anak Sesuai Kebutuhan dan Usia


Menumbuhkan dan meningkatkan soft skills pada anak merupakan hal yang penting dalam perkembangan mereka. Soft skills seperti keberanian, kepercayaan diri, ketekunan, keuletan, dan disiplin dapat membantu anak menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak semua anak menyukai proses pembelajaran yang formal dan terstruktur. Oleh karena itu, LaLaLand hadir sebagai solusi untuk menumbuhkan dan meningkatkan soft skills pada anak tanpa mereka menyadari bahwa mereka sedang belajar.

LaLaLand adalah sebuah enrichment class yang didirikan pada awal tahun 2020 oleh Filia Bernady. Filia Bernady adalah seorang ibu yang mengalami kesulitan dalam mencari kegiatan yang mengedepankan sensori untuk anak-anak di Medan, tempat tinggalnya. Ia melihat bahwa saat itu belum ada kegiatan yang menggabungkan aspek sensori dengan kegiatan bermain sambil belajar yang menyenangkan. Hal ini membuat Filia Bernady merasa terinspirasi untuk menciptakan sebuah tempat di mana anak-anak dapat menyalurkan energi mereka melalui berbagai kegiatan yang disediakan.

Sebagai seorang ibu dan juga memiliki latar belakang pendidikan di bidang pendidikan, Filia Bernady menyadari bahwa kegiatan fisik dapat mempengaruhi perkembangan anak. Melalui aktivitas fisik, anak-anak dapat belajar tentang berbagai hal, seperti ketekunan, keuletan, dan kepercayaan diri. Oleh karena itu, LaLaLand memiliki pendekatan holistik dalam mendukung tumbuh kembang anak dalam berbagai aspek, termasuk sensorik, motorik, dan akademik.

Tujuan utama dari berdirinya LaLaLand adalah untuk memberikan wadah bagi anak-anak agar dapat aktif dalam melakukan kegiatan yang bermanfaat. Selain itu, LaLaLand juga ingin membantu anak-anak mengembangkan soft skills melalui berbagai macam kegiatan yang disediakan. Dalam hal ini, LaLaLand tidak hanya fokus pada kegiatan fisik, tetapi juga pada pengembangan keterampilan sosial dan emosional anak-anak.

Baca Juga:  4 Tips dan Trik Membuat si Kecil Suka Sarapan

LaLaLand memiliki beberapa tipe kelas yang dapat diikuti oleh anak-anak sesuai dengan usia mereka. Salah satu tipe kelas adalah Fit Kids, yang memiliki 80% kegiatan fisik atau gym. Tipe kelas lainnya adalah Wonder Toddler, yang memiliki 20% kegiatan fisik, stimulasi sensorik, linguistik, dan numerik. Untuk Fit Kids, terdapat beberapa kategori kelas yang disesuaikan dengan usia anak, seperti Happy Hamster untuk anak usia 9 bulan, Mobile Monkey untuk anak usia 12 bulan, Playful Puma untuk anak usia 2,5 tahun, Cheerful Cheetah untuk anak usia 5 tahun, dan Active Alligator untuk anak usia 7 tahun. Untuk anak usia di bawah 3 tahun, mereka harus didampingi oleh orangtua agar dapat melihat dan mengulang kembali apa yang diajarkan oleh pelatih di rumah.

Selain itu, LaLaLand juga sedang melakukan ekspansi kelas untuk menerima anak usia 9 hingga 13 tahun dengan fokus yang berbeda, seperti stamina dan kecepatan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang berbeda bagi anak-anak yang lebih besar dan mempersiapkan mereka untuk tantangan yang lebih kompleks di masa depan.

LaLaLand sangat mengutamakan keselamatan dan kebersihan dalam setiap kelas yang diselenggarakan. Mereka selalu menjaga agar anak-anak tetap aman di kelas bersama dengan pelatih. Selain itu, LaLaLand juga menyediakan fasilitas yang aman dan nyaman bagi anak-anak. Mereka menggunakan lantai gymnastic dengan materi dan tekstur yang berbeda agar anak-anak dapat bermain dengan aman. LaLaLand juga menggunakan lagu-lagu sebagai alat untuk melatih kemampuan mendengarkan anak-anak. Selain itu, terdapat juga area outdoor di mana anak-anak dapat bermain bersama dan bermain air. Namun, sebagian besar kegiatan dilakukan di dalam kelas.

LaLaLand juga menjunjung prinsip dan komitmen untuk selalu menyediakan kegiatan yang bermanfaat bagi anak-anak. Mereka menyediakan berbagai macam bahan seperti beras berwarna-warni, kacang-kacangan, jelly, air, dan pasir untuk membantu anak-anak belajar dengan cara yang menyenangkan.

Baca Juga:  Nggak Pakai Ribet, Ini Pengalaman Saya Melahirkan dengan BPJS

Berikut ini adalah perkiraan biaya untuk mengikuti kelas di LaLaLand di Medan:

1. Registration fee: Rp300.000
2. Trial: Rp195.000 (untuk non member, untuk 1x kelas selama 50 menit)
3. Single Session: Rp145.000 (untuk member, untuk 1x kelas selama 50 menit)
4. Regular Class: Rp550.000 (4 sesi @50 menit, berlaku selama 1 bulan)

Untuk menjadi member, hanya perlu membayar biaya pendaftaran sekali saja. Sehingga, tidak perlu memperbarui keanggotaan setiap tahunnya. Selain itu, terdapat diskon 10% untuk saudara kandung dalam satu Kartu Keluarga (KK), namun tidak berlaku untuk KK yang berbeda.

LaLaLand memiliki lokasi di Jl. Supeno No.5, JATI, Kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20151. Selain itu, mereka juga dapat dihubungi melalui Instagram @la_la_land_id.

Dengan berbagai kegiatan yang disediakan oleh LaLaLand, anak-anak dapat belajar dan mengembangkan soft skills mereka tanpa menyadari bahwa mereka sedang belajar. Melalui pendekatan yang holistik dan menyenangkan, LaLaLand membantu anak-anak dalam menumbuhkan keberanian, kepercayaan diri, ketekunan, keuletan, dan disiplin. Dengan demikian, anak-anak dapat siap menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk meraih kesuksesan di masa depan.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com