Kiat Memilih Face Shield untuk Anak yang Tepat

Kiat Memilih Face Shield untuk Anak yang Tepat

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, menjaga kesehatan dan keselamatan anak menjadi prioritas utama bagi setiap orang tua. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan face shield atau pelindung wajah untuk anak. Face shield ini terdiri dari mika dan ikat kepala dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan face shield untuk orang dewasa. Fungsinya adalah untuk melindungi anak dari tetesan lendir yang bisa masuk ke mata, hidung, dan mulut. Namun, dalam memilih face shield untuk anak, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar dapat memilih yang tepat. Berikut ini adalah beberapa kiat dalam memilih face shield untuk anak yang tepat.

1. Sesuaikan ukuran
Ketika memilih face shield untuk anak, perhatikan ukurannya. Pilihlah face shield yang sesuai dengan ukuran kepala anak agar dapat terpasang dengan baik. Jangan sampai face shield terlalu besar atau terlalu kecil sehingga membuat anak merasa tidak nyaman saat mengenakannya. Sebaiknya pilihlah face shield yang ukurannya dapat diatur agar lebih pas di kepala anak.

2. Perhatikan bantalan yang empuk
Selain ukuran, perhatikan juga bantalan yang terdapat pada ikat kepala face shield. Bantalan ini berfungsi untuk menghindari gesekan dengan kulit wajah yang dapat menyebabkan iritasi. Pastikan memilih face shield yang memiliki bantalan yang empuk agar lebih nyaman saat dikenakan oleh anak.

3. Pilih yang memiliki karakter yang disukai anak
Anak-anak biasanya sulit untuk diminta mengenakan sesuatu di wajahnya karena merasa terganggu. Oleh karena itu, biarkan anak memilih sendiri face shield dengan gambar karakter yang ia sukai. Saat ini sudah banyak face shield anak yang dibuat dengan aneka gambar yang lucu-lucu untuk menarik minat anak.

Baca Juga:  Simbol Laundry Pada Pakaian dan Penjelasannya yang Harus Diketahui

4. Pastikan mika tidak mudah penyok
Hindarilah memilih face shield anak hanya berdasarkan harga yang murah. Lebih baik mengeluarkan biaya lebih sedikit namun mendapatkan face shield yang berkualitas baik. Pastikan memilih face shield yang terbuat dari mika yang tebal dan berkualitas baik agar tidak mudah penyok. Dengan begitu, penggunaan face shield akan lebih maksimal dan tahan lama.

Selain kiat-kiat di atas, perlu juga untuk mengetahui bahwa penggunaan face shield sebaiknya tidak digunakan sebagai satu-satunya perlindungan untuk anak. Face shield sebaiknya digunakan bersamaan dengan masker medis yang khusus untuk anak-anak. Hal ini karena masih belum diketahui dengan pasti keefektifan face shield dalam melindungi anak dari paparan virus. Oleh karena itu, penggunaan masker medis tetaplah penting dalam menjaga kesehatan anak.

Cara Memakai Face Shield yang Benar

Selain memilih face shield yang tepat, cara memakai face shield yang benar juga sangat penting untuk menjaga kesehatan anak. Berikut ini adalah beberapa tips dalam memakai face shield yang benar.

1. Dipakai bersamaan dengan masker
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, face shield sebaiknya dipakai bersamaan dengan masker medis. Hal ini agar perlindungan anak lebih optimal dan dapat menghalangi virus dengan lebih baik. Pilihlah masker medis yang sudah teruji ampuh dalam menangkal virus.

2. Bersihkan sebelum dipakai
Sebelum memakaikan face shield pada anak, pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu menggunakan desinfektan. Semprotkan desinfektan pada mika dan ikat kepala face shield, lalu lap dengan tisu atau kain bersih. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa face shield bebas dari kuman dan mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit.

3. Simpan di tempat yang bersih
Setelah selesai digunakan, face shield harus segera dibersihkan dan disimpan di tempat yang bersih. Hindari menyimpan face shield di tempat yang penuh sesak oleh barang lainnya, karena dapat merusak mika face shield. Selain itu, simpanlah face shield di tempat yang tidak terpapar debu dan kotoran agar tetap steril saat digunakan kembali.

Baca Juga:  Ingin Si Kecil Main Air dengan Aman? Begini Caranya!

Kelebihan dan Kekurangan Face Shield

Face shield anak memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan face shield anak.

Kelebihan:
1. Mencegah anak untuk sering menyentuh wajahnya
2. Tidak mengganggu pernapasan anak
3. Melindungi seluruh bagian wajah anak
4. Bahan mika sulit ditembus oleh cairan dan virus
5. Mudah dibersihkan
6. Tidak menghalangi suara dan komunikasi anak
7. Mudah ditemukan dan memiliki banyak pilihan desain

Kekurangan:
1. Mudah berembun saat dipakai
2. Pemakaian terlalu lama dapat menyebabkan pengap dan panas
3. Tidak memiliki segel yang rapat di bagian samping, sehingga droplet dapat masuk melalui celah tersebut
4. Harus dipakai bersamaan dengan pelindung pernapasan lainnya
5. Memakan banyak tempat saat disimpan

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan face shield, kita dapat melakukan pertimbangan yang lebih baik dalam memilih perlindungan yang tepat untuk anak.

Kesimpulan

Dalam memilih face shield untuk anak, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan seperti ukuran, bantalan, gambar yang disukai anak, dan kualitas mika. Face shield sebaiknya digunakan bersamaan dengan masker medis dan cara pemakaian yang benar. Face shield memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui agar dapat digunakan dengan optimal. Dengan memperhatikan semua hal tersebut, kita dapat memilih face shield yang tepat untuk melindungi anak dari paparan virus. Selain itu, tetaplah menjaga kesehatan anak dengan memberikan asupan makanan bergizi dan mengajarkan kebiasaan hidup sehat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para orang tua dalam menjaga kesehatan anak-anak mereka.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com