Jalan-jalan di Hutan Kota Babakan Siliwangi Bandung


Babakan Siliwangi: Menikmati Forest Walk di Tengah Hutan Kota Bandung

Babakan Siliwangi merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang baru dan menarik untuk dikunjungi. Tempat ini telah direvitalisasi dan diresmikan pada tanggal 17 Januari 2018 lalu oleh Kang Emil, Gubernur Jawa Barat. Sebelumnya, kawasan ini merupakan hutan kota yang cukup gelap dan sering dijadikan lokasi sharing cerita horor oleh para pengunjung.

Namun, setelah dilakukan revitalisasi, area Babakan Siliwangi kini menjadi tempat yang cocok untuk forest walk atau jalan-jalan di tengah hutan kota. Di tengah hutan kota ini, terdapat jembatan panel kayu sepanjang 2,2 km yang lebarnya 1,5 meter. Jembatan ini dilindungi oleh pagar hijau setinggi satu meter. Jalur jembatan ini berkelok-kelok mengikuti kontur tanah di bawahnya yang naik turun.

Yang menarik dari jembatan ini adalah pembuatannya tidak mengorbankan pohon-pohon yang ada di sekitar. Jika terdapat pohon yang tinggi, panel kayu jembatan dilubangi sehingga pohon tersebut dapat tumbuh di tengah jembatan. Hal ini memberikan pengalaman unik bagi pengunjung, dimana mereka dapat berjalan di atas jembatan sambil melihat pemandangan hutan dan burung-burung yang berada di pohon-pohon tinggi.

Meskipun jembatan panel kayu ini terlihat bersih dan terawat dengan baik, namun di bawahnya masih terdapat banyak sampah. Selain itu, kolam ikan di area ini juga tidak terlalu jernih. Namun, petugas kebersihan terus berusaha untuk menjaga kebersihan jembatan dengan menyapu dedaunan yang jatuh.

Area forest walk di Babakan Siliwangi ini sangat cocok untuk dijadikan tempat jalan-jalan pagi atau sore. Namun, sebaiknya pengunjung mempersiapkan sepatu yang nyaman dan tidak licin karena beberapa area jalan di jembatan ini cukup curam dan rawan terpeleset. Jika membawa anak kecil, penting untuk membawa minuman, spray anti nyamuk, serta pastikan anak sudah buang air kecil sebelum memulai perjalanan. Selain itu, penting juga untuk membawa payung karena jika sudah berada di tengah jembatan, tidak ada jalan pintas untuk kembali ke awal. Jika anak masih kecil dan belum bisa berjalan sendiri, sebaiknya menggunakan baby carrier karena stroller dan sepeda tidak diperkenankan naik ke jembatan.

Baca Juga:  Kesalahan dalam Memuji Anak yang Biasa Dilakukan Orang Tua

Selain menjadi tempat jalan-jalan yang nyaman, Babakan Siliwangi juga merupakan tempat yang cocok untuk foto-foto. Suasana yang hijau dan alami membuat foto-foto di tempat ini terlihat sangat menarik. Kabarnya, dalam waktu dekat ini, di Babakan Siliwangi akan disediakan akses wifi sehingga pengunjung dapat bekerja atau mengerjakan tugas sekolah di sini. Hal ini tentu menjadi kabar yang menggembirakan bagi para pengunjung yang ingin tetap terhubung dengan dunia luar saat berada di tengah hutan kota.

Bagi saya pribadi, jalan-jalan ke Babakan Siliwangi ini merupakan pengalaman yang menyenangkan. Bisa berjalan-jalan di tengah hutan kota yang asri dan sejuk tanpa harus takut terkena terik matahari. Selain itu, masuk ke area ini juga gratis, hanya perlu membayar biaya parkir yang terjangkau. Parkiran di Babakan Siliwangi juga tertata dengan rapi, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir tentang keamanan kendaraan mereka.

Jadi, jika sedang mencari tempat wisata di Bandung, Babakan Siliwangi bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk dikunjungi. Dengan suasana yang alami dan asri, serta jembatan panel kayu yang unik, tempat ini cocok untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga atau teman-teman. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang diperlukan seperti minuman, spray anti nyamuk, dan payung. Dan yang terpenting, jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah selama berada di Babakan Siliwangi. Selamat berlibur di Bandung!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com