DIY: Rak Buku Karya Si Ayah


Pendahuluan

Mendekorasi rumah sendiri adalah aktivitas yang sangat menyenangkan. Tidak hanya memberikan kepuasan batin, tetapi juga dapat menghemat biaya dengan membuat sendiri berbagai dekorasi. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh banyak orang dalam mendekorasi rumah adalah keberadaan barang-barang yang masih tertumpuk di kardus atau koper. Di keluarga saya, permasalahan tersebut terutama berkaitan dengan buku-buku yang suka dibongkar lalu diambil dan dibongkar lagi demi memuaskan hasrat membaca buku-buku lama. Oleh karena itu, saya dan suami memutuskan untuk memiliki rak buku sendiri. Namun, kami ingin memiliki rak buku yang tidak terlalu mahal dan bisa kami buat sendiri tanpa memanggil tukang.

Mencari Ide

Langkah pertama yang saya lakukan adalah mencari inspirasi melalui internet. Saya melakukan pencarian dengan kata kunci “rak buku dari barang bekas” dan menemukan berbagai bentuk rak buku yang menggunakan barang-barang bekas seperti krat telur atau botol. Namun, setelah beberapa kali mencoba, saya menyadari bahwa kondisi barang bekas tersebut sudah sangat jelek dan tidak bisa di-renew. Maka dari itu, saya mencari pendapat lain dengan bertanya kepada tukang jati Belanda. Namun, pertanyaan saya berakhir dengan kekecewaan karena mereka menetapkan harga yang sangat tinggi, yaitu Rp800.000 per meter. Tentu saja ini melebihi anggaran yang kami miliki.

Berkunjung ke Ace Hardware

Untuk mencari solusi lain, kami memutuskan untuk mengunjungi Ace Hardware, yang merupakan tempat favorit suami saya. Di sana, kami berharap bisa menemukan bahan-bahan untuk membuat rak buku sendiri. Setelah berkeliling dan mencari-cari, akhirnya kami menemukan bahan-bahan yang kami perlukan di bagian houseware. Kami membeli board, tiang besi sepanjang 1 meter, dan kaitan yang sesuai dengan tiang besi yang kami beli. Pembelian bahan-bahan ini dilakukan dengan mempertimbangkan ukuran ruang di rumah kami yang akan dijadikan tempat untuk rak buku. Setelah membeli bahan-bahan tersebut, kami pulang ke rumah dengan penuh semangat untuk segera memulai proyek rak buku ini.

Baca Juga:  Tahap Perkembangan Indra Penciuman Bayi [Usia 0-6 Bulan]

Proses Pembuatan

Setelah sampai di rumah, suami saya langsung bersiap-siap untuk memulai pekerjaan. Dia menggunakan bor, penggaris, dan kecermatan mata dalam proses pembuatan rak buku. Pertama, dia mengukur dan menandai tempat pemasangan tiang besi pada dinding. Kemudian, dia menggunakan bor untuk membuat lubang di dinding sesuai dengan tanda yang telah ditandai sebelumnya. Setelah itu, dia memasukkan tiang besi ke dalam lubang yang telah dibuat dan mengencangkannya dengan kaitan yang sesuai. Proses ini dilakukan dengan hati-hati untuk memastikan bahwa rak buku nantinya akan kuat dan kokoh. Setelah semua tiang besi terpasang dengan baik, dia memotong board sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Board ini akan menjadi tempat untuk meletakkan buku-buku. Setelah board dipotong, suami saya mengamankan board ke tiang besi dengan baut dan mur. Setelah semua proses ini selesai, akhirnya DIY rak buku kami pun jadi.

Hasil Akhir

Setelah selesai, kami sangat puas dengan hasilnya. Rak buku yang kami buat sendiri terlihat kokoh dan rapi. Buku-buku kami kini memiliki tempat yang nyaman dan terorganisir dengan baik. Selain itu, rak buku ini juga menjadi salah satu dekorasi menarik di ruang tamu kami. Kami merasa bangga karena berhasil mendekorasi rumah kami sendiri dengan gaya dan selera kami sendiri.

Kesimpulan

Mendekorasi rumah sendiri memang memerlukan usaha dan waktu, tetapi hasilnya sangat memuaskan. Dengan membuat sendiri rak buku, kami tidak hanya menghemat biaya, tetapi juga mendapatkan kepuasan batin yang tidak ternilai. Proses mencari inspirasi, membeli bahan, dan membuat rak buku sendiri juga merupakan pengalaman yang berharga bagi kami. Kami belajar banyak tentang kreativitas dan keahlian tangan dalam proses ini. Selain itu, kami juga merasa senang karena kami dapat memanfaatkan barang-barang bekas dengan cara yang kreatif dan berguna. Semoga cerita ini dapat menginspirasi Anda untuk mendekorasi rumah sendiri dan menemukan kesenangan dalam membuat sendiri berbagai dekorasi.

Baca Juga:  Bermain Seru di Giggle The Fun Factory


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com