7 Fungsi Gambar Cerita untuk Stimulasi Tumbuh Kembang Anak


Memperkenalkan dunia buku

Fungsi gambar cerita yang pertama adalah memperkenalkan dunia buku pada si Kecil sejak dini. Sejak kecil, anak sebaiknya sudah diperkenalkan dengan buku agar ia suka dengan kegiatan membaca. Buku cerita bergambar merupakan langkah awal yang baik untuk memperkenalkan dunia membaca pada si Kecil dengan cara yang menyenangkan.

Dalam fungsi gambar cerita, gambar-gambar yang ada di dalam buku cerita akan menarik minat si Kecil untuk memahami cerita. Meskipun si Kecil belum bisa membaca kata-kata, gambar-gambar tersebut akan membantu si Kecil memahami alur cerita dan menyampaikan jalan cerita dari dongeng tersebut. Dengan demikian, si Kecil akan tertarik untuk membaca buku dan mengenal dunia buku sejak dini.

Menumbuhkan minat membaca sejak dini

Fungsi gambar cerita selanjutnya adalah menumbuhkan minat membaca pada si Kecil sejak dini. Saat ini, minat baca anak-anak sudah sangat menurun karena mereka lebih tertarik pada gadget dan permainan yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, orang tua perlu mengajak buah hati mereka untuk sering membaca buku bersama agar minat membaca dapat tumbuh sejak dini.

Dengan membaca buku cerita bergambar, si Kecil akan merasa senang dan tertarik untuk membaca. Fungsi gambar cerita yang menarik dan lucu akan membuat si Kecil semakin tertarik pada cerita yang ada di dalam buku. Jika si Kecil sudah gemar membaca sejak dini, kebiasaan tersebut akan terbawa sampai ia dewasa nanti. Ia tidak akan menganggap membaca sebagai kegiatan yang membosankan, melainkan sebagai sesuatu yang menyenangkan.

Sebagai media untuk mengekspresikan diri

Fungsi gambar cerita yang selanjutnya adalah sebagai media untuk mengekspresikan diri si Kecil. Dalam cerita bergambar, terdapat alur cerita yang mengandung konflik. Konflik tersebut akan membantu si Kecil belajar bagaimana cara menghadapi hal baru yang ditemuinya.

Baca Juga:  6 Aspek Tahapan Golden Age yang Perlu Ibu Ketahui

Dengan mengikuti alur cerita dan melihat gambar-gambar yang ada, si Kecil akan belajar untuk menghadapi situasi yang baru dan mengambil tindakan yang tepat. Hal ini akan membantu si Kecil dalam mengekspresikan diri dan berani mengambil tindakan atas sesuatu yang ada di hadapannya. Sebagai dampaknya, rasa percaya diri si Kecil pun akan lebih meningkat, sehingga ia tidak mudah takut atau ragu dalam mencoba hal baru.

Merangsang rasa ingin tahu si Kecil

Di rentang usia balita, si Kecil sedang sangat ingin tahu tentang banyak hal di sekitarnya. Ia akan selalu bertanya apa saja yang ia lihat dan dengar. Tugas orang tua adalah membantu merangsang rasa ingin tahu si Kecil tersebut dengan memberikan fungsi gambar cerita.

Ketika orang tua mulai mendongeng menggunakan buku cerita bergambar, dalam otak si Kecil pasti akan muncul berbagai pertanyaan. Keingintahuan si Kecil yang dikembangkan melalui masukan ilmu pengetahuan dalam cerita akan membantunya tumbuh menjadi individu yang logis dan kritis. Hal ini adalah salah satu fungsi gambar cerita yang penting dalam perkembangan si Kecil.

Mendukung daya imajinasi si Kecil

Fungsi gambar cerita juga dapat membantu mendukung daya imajinasi si Kecil. Saat ini, otak si Kecil sedang penuh dengan imajinasi, sehingga ia membutuhkan bimbingan untuk tetap terkontrol dan berada di arah yang positif.

Dengan melihat gambar-gambar dalam cerita, daya imajinasi si Kecil akan ikut meningkat. Ia akan membayangkan bagaimana cerita tersebut terjadi dan bagaimana karakter-karakter dalam cerita tersebut berinteraksi. Daya imajinasi yang berkembang dengan baik akan bermanfaat bagi si Kecil, seperti memunculkan bakat, membantu ia terampil dalam berkomunikasi dan bersosialisasi, memperkaya wawasan, mampu berpikir kreatif, pintar dalam menganalisa, mandiri, dan lebih percaya diri.

Membangun ikatan antara orang tua dan si Kecil

Dari kegiatan membaca buku cerita bergambar bersama, maka ikatan antara orang tua dan si Kecil dapat terjalin dengan baik. Fungsi gambar cerita juga penting ketika orang tua mendongeng untuk si Kecil. Kegiatan membaca buku cerita bersama dapat menjadi quality time yang sangat bermakna di sela-sela kesibukan orang tua.

Baca Juga:  Kiat Mengatasi Kecemasan Saat Hamil

Dalam kegiatan membaca bersama, orang tua dapat mengajari dan berkomunikasi lewat fungsi gambar cerita secara intens dengan si Kecil. Dengan membaca buku cerita bersama, orang tua akan mengetahui sejauh mana perkembangan kemampuan si Kecil. Selain itu, ikatan yang kuat antara orang tua dan si Kecil ini juga dapat membentuk kepribadian yang positif dan membuat si Kecil lebih terbuka untuk menceritakan tentang kehidupannya.

Menambah kosa kata dan meningkatkan kemampuan komunikasi

Fungsi gambar cerita juga dapat membantu si Kecil dalam menambah kosa kata dan meningkatkan kemampuan komunikasinya. Dalam buku cerita, si Kecil akan mendapat banyak kosakata baru. Hal ini turut mengembangkan kemampuan komunikasinya, seperti cara menyusun kata, pelafalan, dan penggunaannya dalam percakapan sehari-hari.

Melalui kegiatan membaca buku cerita, kemampuan komunikasi si Kecil akan terlatih dengan baik. Kemampuan komunikasi yang baik akan berpengaruh pada kemampuan bersosialisasi si Kecil. Dengan memiliki kosakata yang kaya dan kemampuan komunikasi yang baik, si Kecil akan lebih percaya diri dalam berinteraksi dengan orang lain.

Menyediakan susu yang tepat untuk perkembangan otak si Kecil

Agar proses perkembangan otak si Kecil dapat berjalan dengan lancar, orang tua perlu memberikan si Kecil susu yang kaya akan DHA dan 9AAE. DHA (Docosahexaenoic Acid) merupakan asam lemak omega-3 yang sangat penting untuk memaksimalkan fungsi otak dan kesehatan matanya. Sekitar 90% perkembangan otak si Kecil di 5 tahun pertamanya sangat membutuhkan asupan DHA.

Selain DHA, 9AAE (9 Asam Amino Esensial) juga sangat berpengaruh pada hormon pertumbuhan si Kecil. 9AAE merupakan protein yang mudah diserap oleh tubuh dan mendukung pertumbuhan otak dan otot si Kecil. Kedua zat ini sangat penting untuk mendukung perkembangan otak si Kecil.

Baca Juga:  Ide Permainan Mencocokkan Gambar untuk Anak, Seru Banget!

Dalam memilih susu untuk si Kecil, pastikan susu tersebut mengandung DHA dan 9AAE yang cukup. Dengan memberikan susu yang tepat, orang tua dapat memaksimalkan fungsi otak si Kecil dan membantu perkembangannya menjadi lebih optimal.

Menyimpulkan

Dalam tumbuh kembang si Kecil, gambar cerita memiliki banyak fungsi yang penting. Fungsi gambar cerita antara lain memperkenalkan dunia buku pada si Kecil, menumbuhkan minat membaca sejak dini, membantu si Kecil mengekspresikan diri, merangsang rasa ingin tahu si Kecil, mendukung daya imajinasi si Kecil, membangun ikatan antara orang tua dan si Kecil, menambah kosa kata dan meningkatkan kemampuan komunikasi si Kecil, serta menyediakan susu yang tepat untuk perkembangan otak si Kecil.

Dalam memanfaatkan fungsi gambar cerita, orang tua perlu memilih buku cerita yang sesuai dengan usia si Kecil dan melakukan kegiatan membaca bersama sebagai quality time. Dengan memberikan susu yang mengandung DHA dan 9AAE, orang tua juga dapat mendukung perkembangan otak si Kecil dengan baik. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk orang tua dalam memahami fungsi gambar cerita dalam tumbuh kembang si Kecil.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com