7 Rekomendasi Tempat Les Sempoa dan Kisaran Biayanya



Belajar berhitung merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai oleh anak-anak. Namun, seringkali belajar berhitung dianggap sulit dan tidak menyenangkan oleh sebagian anak. Untuk mengatasi hal tersebut, banyak orang tua yang mencari cara yang lebih menyenangkan dan efektif dalam mengajarkan berhitung kepada anak-anak mereka. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan teknik sempoa.

Sempoa adalah sebuah alat hitung yang terdiri dari beberapa bilah kayu yang memiliki lubang-lubang tempat untuk meletakkan kelereng atau biji-bijian. Dalam berhitung menggunakan sempoa, anak-anak akan belajar memindahkan biji-bijian dari satu lubang ke lubang lainnya untuk melakukan operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Metode ini terbukti efektif dalam melatih kemampuan berhitung anak-anak dan memberikan banyak manfaat bagi perkembangan otak mereka.

Belajar sempoa pada anak dapat dilakukan mulai dari usia 6 hingga 12 tahun. Pada usia ini, anak-anak sudah mulai memiliki kemampuan kognitif yang lebih kompleks dan mampu menguasai konsep matematika dasar. Dalam belajar sempoa, anak-anak akan dilatih untuk menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri mereka. Otak kanan berperan dalam kemampuan berpikir kreatif dan visual, sedangkan otak kiri berperan dalam kemampuan berpikir logis dan analitis. Dengan belajar sempoa, kedua otak ini akan bekerja secara bersama-sama, sehingga anak-anak dapat mengembangkan potensi otak mereka secara optimal.

Selain melatih keseimbangan otak kanan dan otak kiri, belajar sempoa juga dapat melatih koordinasi tangan dan otak anak-anak. Dalam menggunakan sempoa, anak-anak harus belajar untuk memindahkan biji-bijian dari satu lubang ke lubang lainnya dengan menggunakan jari-jari tangan mereka. Hal ini akan melatih kemampuan motorik halus anak-anak, sehingga mereka dapat memiliki kontrol yang lebih baik dalam menggerakkan jari-jari tangan mereka.

Tidak hanya itu, belajar sempoa juga mampu meningkatkan konsentrasi belajar anak. Dalam menggunakan sempoa, anak-anak harus fokus dan konsentrasi untuk memindahkan biji-bijian dengan benar. Aktivitas ini akan melatih anak-anak untuk mengarahkan perhatian mereka pada satu hal secara intens, sehingga mereka dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi mereka.

Baca Juga:  15 SD Swasta Favorit di Jakarta yang Bisa Jadi Pilihan Para Orang Tua

Selain itu, belajar sempoa juga dapat meningkatkan kecerdasan anak. Dalam menggunakan sempoa, anak-anak akan belajar menghitung secara cepat dan akurat. Aktivitas ini akan melatih kemampuan berpikir matematika mereka, sehingga mereka dapat mengembangkan kecerdasan logis dan analitis mereka.

Belajar sempoa juga dapat meningkatkan daya tahan anak terhadap tekanan dan rasa stres. Dalam menggunakan sempoa, anak-anak akan belajar menghadapi tantangan dan menyelesaikan masalah matematika dengan cepat. Hal ini akan melatih anak-anak untuk menghadapi tekanan dan rasa stres dengan lebih baik, sehingga mereka dapat mengembangkan ketangguhan mental mereka.

Selain itu, belajar sempoa juga dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah. Dalam menggunakan sempoa, anak-anak akan belajar untuk berpikir logis dan analitis dalam menyelesaikan masalah matematika. Hal ini akan melatih anak-anak untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mereka, sehingga mereka dapat menjadi pemecah masalah yang handal.

Selain memberikan banyak manfaat bagi perkembangan anak, belajar sempoa juga dapat membuat anak merasa matematika adalah bidang atau pelajaran yang menyenangkan. Dalam menggunakan sempoa, anak-anak akan belajar dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan. Mereka dapat bermain-main dengan biji-bijian pada sempoa sambil belajar berhitung, sehingga mereka dapat mengasosiasikan matematika dengan sesuatu yang menyenangkan.

Jika Anda sedang mencari tempat les sempoa untuk anak Anda, berikut ini beberapa rekomendasi tempat les sempoa beserta perkiraan biayanya:

1. Sempoa SIP
Sempoa SIP merupakan salah satu tempat les sempoa yang sangat direkomendasikan. Metode pelatihan sempoa di Sempoa SIP dilakukan secara Global Holistic Learning, yang mengintegrasikan pembelajaran sempoa dengan pelatihan EQ dan Self Motivation. Mereka menggunakan buku pelajaran full color yang ramah anak, sehingga membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Tempat les sempoa ini ditujukan untuk anak-anak mulai dari usia 3 hingga 12 tahun. Mereka menyediakan level belajar yang berbeda, mulai dari level Junior, Foundation, Intermediate, Advance, hingga Graduate. Biaya les di Sempoa SIP berkisar antara Rp350.000-Rp500.000 per anak untuk pertemuan 3 kali seminggu, tergantung dari cabang atau daerah tempat les tersebut berada.

Baca Juga:  Pilihan Kursus Bagi si Kecil

2. Sempoa Sugaku
Sempoa Sugaku adalah tempat les sempoa yang sudah memiliki berijazah internasional. Mereka menyediakan materi yang sesuai dengan kurikulum sekolah, sehingga dapat membantu anak dalam memahami pelajaran matematika di sekolah menggunakan teknik sempoa 2 tangan. Tempat les sempoa ini memiliki 2 program, yaitu Sempoa dan Matematika. Biaya les di Sempoa Sugaku berkisar sekitar Rp560.000.

3. Adil Sempoa Mandiri (ASMA)
Adil Sempoa Mandiri adalah lembaga pendidikan kursus mental aritmatika yang sudah berskala nasional. Tempat les sempoa ini memiliki sekitar 43 cabang dan 232 unit yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka menawarkan kursus sempoa yang dapat membantu anak dalam mengembangkan kemampuan berhitung mereka. Untuk mengetahui biaya les di Adil Sempoa Mandiri, Anda dapat mengunjungi akun Instagram mereka.

4. Sempoa Kreatif
Sempoa Kreatif adalah tempat les sempoa yang memiliki program pendidikan sempoa yang dirancang sedemikian rupa sampai tingkat 4. Mereka menggunakan metode mental atau sempoa bayangan dalam mengajarkan berhitung kepada anak-anak. Hal ini bertujuan agar anak-anak dapat lebih cepat menguasai berhitung cepat dan tidak bergantung dengan alat sempoa fisik. Selain itu, Sempoa Kreatif juga menggunakan metode semi privat yang disesuaikan dengan kemampuan belajar masing-masing anak. Biaya pendaftaran di Sempoa Kreatif bervariasi sesuai dengan wilayah cabang. Sementara itu, biaya paket belajar mulai dari Rp250.000-Rp500.000, dengan biaya SPP per bulan mulai dari Rp120.000-Rp350.000.

5. CMA Mental Arithmetic
CMA Mental Arithmetic adalah tempat les sempoa yang mengajarkan sempoa dua tangan yang diintegrasikan dengan pembelajaran multimedia. Mereka memiliki beberapa program yang dapat diikuti oleh anak-anak, mulai dari usia 3 hingga 14 tahun ke atas. Biaya les di CMA Mental Arithmetic mulai dari Rp1.425.000, yang sudah termasuk registrasi, starter kit, dan uang semester.

Baca Juga:  Catat Bu, Inilah Manfaat Labu Siam untuk Bayi

6. Superprof
Superprof adalah platform yang menyediakan banyak guru untuk les sempoa. Anda dapat mencari guru les sempoa yang sesuai dengan lokasi tempat Anda tinggal. Salah satu guru les sempoa yang direkomendasikan adalah Ms. Umul. Di Superprof, anak-anak akan diajarkan berhitung dengan cepat menggunakan alat hitung sempoa dan juga diajarkan metode bayangan sempoa. Selain itu, mereka juga akan diajarkan cara berhitung cepat dengan 3 jenis gaya belajar, yaitu Visual, Auditory, dan Kinestetik. Sebelum kegiatan belajar dimulai, guru akan memberikan senam otak (Brain Gym) dengan tujuan agar anak menjadi lebih fokus saat belajar. Biaya les di Superprof mulai dari Rp50.000/pertemuan online atau Rp400.000/bulan untuk 8 kali pertemuan online, serta Rp62.500/pertemuan tatap muka atau Rp500.000/bulan untuk 8 kali pertemuan tatap muka.

7. Sempoa Ceria
Sempoa Ceria adalah tempat les sempoa yang memiliki 6 modul belajar yang dapat diikuti oleh anak-anak TK B hingga SD. Setiap modul dilengkapi dengan buku panduan dan lembaran evaluasi, serta dibimbing oleh guru yang menyukai dunia anak dan sudah bersertifikat. Biaya les di Sempoa Ceria tergantung dari cabangnya.

Itulah beberapa rekomendasi tempat les sempoa beserta perkiraan biayanya. Anda dapat memilih tempat les yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Namun, sebelum memutuskan untuk mendaftarkan anak Anda ke tempat les sempoa, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti jarak tempat les dengan rumah Anda, reputasi tempat les, serta metode pengajaran yang digunakan. Pastikan juga untuk mengunjungi website atau akun media sosial tempat les tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Selamat mencari tempat les sempoa yang terbaik untuk anak Anda!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com