Perkembangan Janin 10 Minggu. Apa Saja Perubahannya?



Perkembangan Janin 10 Minggu: Apa Saja Perubahannya?

Pada usia kehamilan 10 minggu, perkembangan janin sedang berlangsung dengan pesat. Setiap minggu, janin mengalami banyak perubahan yang menakjubkan dan menarik untuk dipelajari. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang perkembangan janin 10 minggu dan apa saja perubahannya.

1. Berfungsinya Organ Vital
Pada usia 10 minggu, organ-organ vital janin mulai terbentuk secara sempurna. Organ-organ tersebut meliputi hati, ginjal, usus, paru-paru, dan otak. Selama periode ini, sekitar 250.000 sel saraf baru terbentuk setiap menitnya. Organ-organ tersebut juga mulai berfungsi dengan baik.

2. Tulang Punggung Mulai Terlihat
Selain organ-organ vital, tulang punggung dan saraf tulang belakang juga mulai terbentuk pada usia 10 minggu. Janin juga mengalami pertumbuhan pada kuku jari dan helaian rambut di kepala. Meskipun belum terbentuk dengan sempurna, perkembangan ini menandakan bahwa janin semakin berkembang.

3. Mulai Bisa Mendengar
Pada usia 10 minggu, telinga luar janin mulai terbentuk meskipun masih berupa benjolan kecil di bagian bawah kepalanya. Bahkan, janin dapat mulai mendengar suara-suaranya di sekitarnya, termasuk suara ibu. Ini adalah salah satu momen yang sangat mengharukan dalam perkembangan janin.

4. Hormon Mulai Diproduksi
Janin 10 minggu juga mengalami pertumbuhan hormon. Jika janin adalah seorang anak laki-laki, ia mulai memproduksi sedikit hormon testosteron. Meskipun demikian, jenis kelamin janin belum dapat terlihat dengan jelas pada usia kandungan ini.

5. Terbentuknya Mata
Di minggu-minggu sebelumnya, mata janin masih berbentuk lingkaran hitam di kedua sisi kepala. Pada usia 10 minggu, sistem optik dan jaringan lain pada mata mulai berfungsi dengan baik. Kelopak mata juga sudah mulai terbentuk untuk melindungi indra penglihatan janin.

Baca Juga:  Pastikan si Kecil Harus Mendapat Bekal Kemampuan Dasar

6. Munculnya Gigi
Pada usia kehamilan 10 minggu, beberapa bakal gigi susu mulai terbentuk di bawah lapisan gusi janin. Gigi-gigi tersebut akan tumbuh secara sempurna beberapa bulan setelah kelahiran. Pada usia 9 bulan, janin telah memiliki 20 gigi susu yang terbentuk di bawah lapisan gusi.

7. Berat Janin Bertambah Pesat
Dengan perkembangan organ-organ tubuh dan tulang, berat janin pada usia 10 minggu juga bertambah pesat. Pertambahan beratnya dapat mencapai sekitar 2,5 gram dengan panjang sekitar 2 hingga 3 cm dari kepala hingga kaki. Janin pada usia 10 minggu memiliki ukuran yang sebesar buah plum.

8. Janin Mulai Bergerak
Pada usia 10 minggu, janin mulai bergerak dalam rahim meskipun gerakannya belum terasa oleh ibu. Jantung janin juga terus berdetak dengan kecepatan sekitar 180 kali per menit, yang merupakan dua hingga tiga kali lebih cepat daripada detak jantung orang dewasa.

Dalam memastikan perkembangan janin berjalan dengan baik dan sehat, penting bagi ibu hamil untuk rutin melakukan pemeriksaan kehamilan. Pemeriksaan ini melalui ultrasonografi (USG) dapat memberikan informasi yang penting tentang perkembangan janin dan membantu mengidentifikasi masalah kesehatan yang mungkin timbul. Dengan melakukan pemeriksaan secara berkala, ibu dapat memastikan bahwa janin dan dirinya sendiri dalam kondisi sehat.

Selain itu, ibu hamil juga perlu menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi, beristirahat yang cukup, dan menjalani gaya hidup sehat. Hal ini akan membantu memastikan bahwa janin menerima nutrisi yang cukup dan tumbuh dengan baik.

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang perkembangan janin 10 minggu dan apa saja perubahannya. Dengan memahami perkembangan janin, ibu hamil dapat lebih memahami pentingnya memantau perkembangan janin dan menjaga kesehatan selama kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para ibu hamil.

Baca Juga:  3 Alasan si Kecil Perlu Mengunyah Makanan dengan Baik


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com