SMP Millennia World School: Peduli Kesehatan Mental dan Didik Siswa Jadi Warga Digital yang Baik


Millennia World School (MWS) merupakan sekolah menengah pertama (SMP) di daerah Tangerang Selatan yang menawarkan metode pendidikan yang berbeda dan inovatif. Dalam artikel ini, kita akan mendiskusikan lebih detail tentang pendekatan unik yang diterapkan oleh MWS dalam mendidik siswa-siswi mereka.

Sebagai sekolah yang berkomitmen untuk mempersiapkan siswa agar tidak hanya pintar secara akademik, tetapi juga mampu hidup di tengah masyarakat yang kompleks, MWS memiliki visi agar para siswa menjadi pembelajar berkelanjutan yang mampu membuat perubahan positif di sekitar mereka. Dalam upaya mencapai visi ini, MWS mengajarkan nilai-nilai kebenaran, keindahan, dan kebaikan kepada siswa-siswinya.

Salah satu hal yang membedakan MWS dari sekolah lain adalah pendekatan pembelajaran yang mereka terapkan. MWS menggunakan Finnish Waldorf Framework yang terintegrasi dengan Kurikulum Nasional Indonesia. Dalam kurikulum ini, mata pelajaran utama seperti Bahasa, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan, dan Sosial diajarkan dalam “blok pelajaran utama” selama dua jam tiap pagi selama periode 3 sampai 6 minggu. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk fokus pada satu topik dalam waktu yang cukup lama sehingga mereka dapat memahami dengan lebih mendalam dan melekatkan pengetahuan yang mereka dapatkan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, pembelajaran di MWS juga dirancang untuk membantu siswa dalam membangun kemampuan kepala (intelektual), hati (perasaan), dan tangan (praktik). Setiap pembelajaran di MWS melibatkan siswa dalam berbagai aktivitas yang membangun kemampuan mereka dalam ketiga aspek ini. Misalnya, dalam pembelajaran Bahasa Inggris, siswa tidak hanya belajar tata bahasa dan kosakata, tetapi juga diajak untuk berbicara, menulis, dan mendengarkan dalam situasi yang berbeda-beda. Hal ini membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berbahasa yang lebih komprehensif.

Baca Juga:  Cupang di Leher Bisa Picu Stroke hingga Kematian, Ini Kata Penelitian!

Selain pendekatan pembelajaran yang unik, MWS juga peduli akan kesehatan mental siswa. Mereka memiliki program khusus yang fokus pada kesejahteraan sosial emosional siswa. Melalui program ini, siswa diajarkan untuk memahami dan mengelola kondisi sosial emosional mereka sendiri serta lingkungan sekitar mereka. MWS juga mendorong siswa untuk memiliki tanggung jawab sosial dan berkontribusi aktif di dalam lingkungan sosial mereka. MWS juga memiliki program Responsive Classroom yang membantu siswa dalam merespon kebutuhan akademik dan sosial emosional mereka.

Selain itu, MWS juga memiliki program Digital Citizenship yang bertujuan untuk mengajarkan siswa untuk menjadi pengguna digital yang bertanggung jawab dan beretika. Di era digital seperti sekarang ini, penting bagi siswa untuk memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana menggunakan teknologi dengan bijak dan bertanggung jawab. Program ini membantu siswa dalam menghadapi berbagai situasi dalam dunia digital dengan cara yang positif dan aman.

Selain itu, lewat program Compassion in Action, MWS juga mendorong siswa untuk melakukan kebaikan bagi diri sendiri, orang lain, dan lingkungan. MWS berkolaborasi dengan berbagai organisasi dan gerakan dunia yang bertujuan untuk membuat dunia ini menjadi lebih baik. Melalui program ini, siswa diajarkan nilai-nilai empati dan kepedulian terhadap sesama serta lingkungan.

Selain pendekatan unik dalam pembelajaran dan perhatian terhadap kesehatan mental siswa, MWS juga memiliki fasilitas yang mendukung proses pembelajaran yang optimal. MWS memiliki lingkungan yang aman dan hijau, kelas-kelas yang nyaman dilengkapi dengan AC dan dukungan multimedia, perpustakaan, ruang ibadah, dapur, unit kesehatan sekolah dengan suster, ruang seni, laboratorium coding, lapangan basket/sepak bola, dan Mini Farm. Dengan fasilitas-fasilitas ini, siswa dapat belajar dengan nyaman dan mendukung pengembangan potensi mereka di berbagai bidang.

Baca Juga:  25 Pertanyaan Seputar Sekolah Online yang Bisa Ditanyakan ke Anak

Tidak hanya itu, MWS juga memahami pentingnya memahami kemampuan dan kebutuhan masing-masing siswa. Oleh karena itu, mereka tidak menggunakan tes masuk dan tes kenaikan kelas. Sebagai gantinya, MWS melakukan tes diagnostik dan observasi yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan kebutuhan masing-masing siswa. Dengan pendekatan ini, MWS dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa secara individu.

Bagi orang tua yang tertarik untuk mendaftarkan anak mereka di MWS, biaya sekolah yang perlu dikeluarkan adalah uang pangkal sebesar Rp 25.500.000 yang sudah termasuk seragam, kegiatan, karyawisata, dan lain-lain. Selain itu, ada juga biaya SPP sebesar Rp 2.980.000 dan uang tahunan sebesar Rp 11.900.000 pada saat naik kelas.

Secara keseluruhan, MWS adalah sekolah yang menawarkan pendidikan yang berbeda dan inovatif di daerah Tangerang Selatan. Dengan pendekatan pembelajaran yang unik dan perhatian terhadap kesehatan mental siswa, MWS berkomitmen untuk membantu siswa dalam mengembangkan potensi mereka secara holistik. Dukungan fasilitas yang lengkap juga menjadi nilai tambah bagi MWS. Bagi orang tua yang mencari referensi SMP di daerah Tangerang Selatan, Millennia World School bisa menjadi pilihan yang baik.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com