Ruang Laktasi Keren di Perkantoran


Heading 2: Peraturan Pemerintah Nomor 33 tahun 2012 tentang Pemberian ASI Eksklusif

Pada tahun 2012, pemerintah Indonesia melalui Peraturan Pemerintah Nomor 33 tahun 2012 mengeluarkan kebijakan tentang Pemberian ASI Eksklusif. Kebijakan ini memberikan kelegaan bagi perempuan yang melahirkan dan menyusui di era tersebut. Sebagai upaya untuk mendukung program ASI eksklusif, peraturan ini mewajibkan pengurus tempat kerja dan penyelenggara tempat sarana umum untuk menyediakan fasilitas khusus yang dapat digunakan untuk menyusui dan memerah ASI.

Dalam peraturan tersebut juga dijelaskan bahwa ibu yang bekerja harus diberikan kesempatan untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayi atau memerah ASI selama berada di kantor atau tempat bekerja. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa bayi mendapatkan nutrisi yang optimal dari ASI dan ibu tetap dapat bekerja tanpa mengorbankan pemberian ASI kepada bayi.

Peraturan ini sangat penting karena ASI eksklusif memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bayi. ASI mengandung zat-zat gizi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi, serta melindungi bayi dari berbagai penyakit. Dengan memberikan ASI eksklusif, ibu dapat memberikan perlindungan terbaik bagi bayinya.

Selain itu, peraturan ini juga memberikan perlindungan kepada ibu yang bekerja agar mereka dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan nyaman dan aman. Dengan adanya fasilitas ruang laktasi di tempat kerja, ibu dapat dengan mudah menyusui atau memerah ASI tanpa harus meninggalkan tempat kerja. Hal ini membantu mengurangi stres dan kekhawatiran ibu yang bekerja, sehingga mereka dapat fokus pada pekerjaan mereka dengan lebih baik.

Heading 3: Ruang Laktasi di Unilever Indonesia

Unilever Indonesia, salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang produk konsumen, telah menyediakan ruang laktasi yang lengkap dan nyaman bagi ibu-ibu yang bekerja di perusahaan tersebut. Ruang laktasi ini terletak di Jalan Gatot Subroto Kav. 15, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Baca Juga:  Pentingnya Manfaat Buah Tomat untuk Bayi, Ibu Wajib Tahu!

Ruang laktasi di Unilever Indonesia memiliki nuansa biru yang menenangkan. Selain dilengkapi dengan perlengkapan pendukung untuk memompa ASI seperti sterilizer ukuran besar dan kulkas, ruang ini juga dilengkapi dengan changing table dan ranjang bayi. Hal ini memudahkan ibu untuk melakukan proses pemberian ASI kepada bayinya dengan nyaman dan aman.

Posisi duduk di ruang laktasi Unilever Indonesia juga sangat nyaman, terutama karena adanya karpet yang membuat ibu dapat memilih posisi duduk yang paling nyaman bagi mereka. Untuk menghindari kelelahan pada punggung, ruang laktasi ini juga dilengkapi dengan bantal panjang yang dapat digunakan untuk menopang punggung dan panggul ibu.

Ruang laktasi di Unilever Indonesia merupakan contoh yang baik bagi perusahaan lainnya untuk menyediakan fasilitas serupa di tempat kerja mereka. Dengan adanya ruang laktasi yang memadai, ibu yang bekerja dapat dengan mudah menjalankan kewajibannya sebagai ibu yang memberikan ASI eksklusif kepada bayi mereka.

Heading 3: Ruang Laktasi di Kantor Pusat Pertamina

Selain Unilever Indonesia, Pertamina, perusahaan energi terkemuka di Indonesia, juga telah menyediakan ruang laktasi yang nyaman bagi ibu-ibu yang bekerja di kantor pusat mereka. Ruang laktasi ini terletak di Jalan Medan Merdeka Timur 1A, Jakarta.

Ruang laktasi di kantor pusat Pertamina memiliki desain yang ceria dengan dominasi warna-warna cerah. Selain itu, ruang ini juga dilengkapi dengan sekat-sekat dan loker penyimpanan. Hal ini memungkinkan ibu untuk memiliki privasi yang cukup saat memerah ASI atau menyusui bayi mereka.

Ruang laktasi di Pertamina juga menyediakan fasilitas pendukung seperti kursi yang nyaman dan meja untuk meletakkan perlengkapan memompa ASI. Dengan adanya ruang laktasi ini, ibu yang bekerja di Pertamina dapat dengan mudah menjaga pemberian ASI eksklusif kepada bayi mereka, tanpa harus khawatir dengan kenyamanan dan privasi.

Baca Juga:  Mengenal Floor Time, Stimulasi untuk Kecerdasan Anak

Heading 3: Ruang Laktasi di Kantor Pusat Philips Indonesia

Philips Indonesia, perusahaan teknologi global yang berfokus pada kesehatan dan kesejahteraan, juga tidak ketinggalan dalam menyediakan fasilitas ruang laktasi untuk ibu-ibu yang bekerja di kantor pusat mereka. Ruang laktasi ini terletak di Gedung Philips, Jalan Buncit Raya Kav. 99, Jakarta.

Meskipun ruang laktasi di kantor pusat Philips Indonesia tidak terlalu besar, namun ruangan ini sangat nyaman dengan adanya sofa empuk yang siap menyanggah tubuh para ibu yang sedang memompa ASI. Ruangan ini didominasi oleh warna ungu dan kuning, yang menciptakan suasana hangat dan menenangkan.

Ruang laktasi di Philips Indonesia telah ada sejak beberapa tahun yang lalu, menunjukkan komitmen perusahaan ini dalam mendukung pemberian ASI eksklusif. Dengan adanya ruang laktasi yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, ibu yang bekerja di Philips Indonesia dapat dengan mudah menjalankan tugas-tugasnya sebagai ibu yang memberikan ASI eksklusif kepada bayi mereka.

Pada kesimpulannya, penting bagi perusahaan untuk menyediakan fasilitas ruang laktasi yang nyaman dan memadai bagi ibu-ibu yang bekerja. Peraturan Pemerintah Nomor 33 tahun 2012 tentang Pemberian ASI Eksklusif telah memberikan landasan hukum yang jelas dalam mendukung program ASI eksklusif. Dengan adanya ruang laktasi yang memadai, ibu dapat dengan mudah menjalankan tugas-tugas mereka sebagai ibu yang memberikan ASI eksklusif kepada bayi mereka, tanpa harus mengorbankan pekerjaan mereka. Ruang laktasi di Unilever Indonesia, Pertamina, dan Philips Indonesia adalah contoh yang baik bagi perusahaan lainnya untuk menyediakan fasilitas serupa. Dengan adanya ruang laktasi yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, ibu yang bekerja dapat merasa lebih nyaman dan aman dalam memberikan ASI eksklusif kepada bayi mereka.

Baca Juga:  Benarkah Loom Band Berbahaya?


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com