Cerita Serunya Lomba 17-an!


Perayaan 17-an adalah momen yang selalu dinantikan oleh seluruh rakyat Indonesia setiap tahunnya. Tanggal 17 Agustus merupakan hari kemerdekaan Indonesia, yang diperingati untuk mengenang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari penjajah. Bagi saya pribadi, perayaan 17-an tahun ini sangat istimewa karena merupakan perayaan pertama saya setelah menikah.

Pada tanggal 17 Agustus 2013 lalu, saya dan suami menghadiri acara Tango Waffle Playday di Taman Cattleya, Jakarta. Acara ini diadakan sebagai bagian dari perayaan 17-an dan diisi dengan berbagai lomba tradisional yang khas. Saya sangat antusias menghadiri acara ini karena sejak kecil saya selalu merayakan 17-an dengan penuh semangat.

Salah satu kegiatan yang paling menarik perhatian saya adalah lomba makan Tango Waffle. Lomba ini cukup unik karena peserta harus memakan sebanyak mungkin Tango Waffle dalam waktu yang ditentukan. Meskipun saya tidak berhasil memenangkan lomba ini, saya sangat senang bisa ikut berpartisipasi dan merasakan keseruan dalam acara ini.

Selain lomba makan Tango Waffle, ada juga lomba tradisional lainnya seperti tarik tambang, balap karung, dan gebuk bantal. Lomba-lomba ini berhasil mencuri perhatian banyak peserta, termasuk suami saya yang sangat senang mengikuti lomba tarik tambang. Saya tidak kalah semangatnya dan ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan seru ini.

Selain lomba-lomba, acara ini juga diisi dengan penampilan dari Bang JJ Rizal, seorang budayawan yang menceritakan makna di balik setiap permainan tradisional. Saya sangat terkesan dengan penjelasan beliau tentang permainan Egrang atau yang dikenal dengan nama ‘Jangkungan’. Beliau menjelaskan bahwa permainan ini dahulu dimainkan untuk menunjukkan bahwa orang Indonesia juga bisa setinggi orang Belanda dan berhasil mengusir penjajah Belanda.

Baca Juga:  7 Stimulasi Motorik Bayi yang Efektif dan Menyenangkan

Permainan Balap Karung juga memiliki makna yang mendalam, yaitu untuk menyindir penjajah Jepang bahwa orang Indonesia tidak lagi mau menggunakan baju karung seperti saat dijajah oleh mereka. Saya merasa semakin menghargai perjuangan bangsa ini dalam meraih kemerdekaan setelah mendengar penjelasan dari Bang JJ.

Mengetahui hal ini, saya semakin bersyukur dan bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia. Perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan tidaklah mudah, dan perayaan 17-an adalah momen yang tepat untuk mengenang dan menghargai perjuangan mereka. Kita harus selalu mengingat dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa ini.

Saat ini, Indonesia telah mencapai usia yang ke-76 tahun. Selama 76 tahun ini, bangsa Indonesia telah mengalami banyak perubahan dan kemajuan yang luar biasa. Dari sebuah negara yang baru merdeka, Indonesia telah menjadi salah satu negara yang memiliki peran penting di dunia. Kita telah berhasil mengatasi berbagai tantangan dan rintangan untuk mencapai kemajuan yang kita nikmati saat ini.

Namun, perjalanan menuju kemajuan tidaklah mudah. Masih banyak masalah yang harus dihadapi oleh bangsa ini, baik itu dalam bidang ekonomi, pendidikan, maupun sosial. Kita sebagai generasi muda harus terus berjuang dan bekerja keras untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Sebagai seorang ibu, saya merasa memiliki tanggung jawab yang besar untuk mendidik anak-anak saya agar tumbuh menjadi generasi yang cerdas, berbudi pekerti, dan mencintai tanah airnya. Saya ingin mereka mengerti dan menghargai makna dari perayaan 17-an serta perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Saya berharap anak-anak saya akan tumbuh menjadi pemimpin-pemimpin masa depan yang dapat membawa perubahan positif bagi Indonesia. Mereka adalah harapan dan masa depan bangsa ini, dan saya ingin memberikan mereka pendidikan yang terbaik agar mereka siap menghadapi berbagai tantangan yang akan datang.

Baca Juga:  Meski Mungil, Ternyata Ini Lho Manfaat Biji Wijen untuk Anak

Perayaan 17-an juga menjadi momentum untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Dalam perayaan ini, kita melihat berbagai suku, agama, dan budaya yang berbeda bersatu untuk merayakan kemerdekaan. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang beragam dan memiliki kekayaan budaya yang luar biasa.

Dalam merayakan 17-an, kita juga tidak boleh melupakan nilai-nilai gotong royong dan kebersamaan. Kita harus saling membantu dan bekerja sama untuk mencapai kemajuan bersama. Dengan semangat persatuan dan kerja sama, kita dapat menghadapi berbagai tantangan dan meraih kemajuan yang lebih besar lagi.

Di usia yang ke-76 tahun ini, Indonesia masih memiliki banyak potensi untuk berkembang. Kita memiliki sumber daya alam yang melimpah, keindahan alam yang memukau, dan masyarakat yang berbakat. Kita hanya perlu mengelola dan memanfaatkan semua potensi ini dengan baik untuk kemajuan bangsa.

Saya optimis bahwa Indonesia akan terus maju dan berkembang dalam tahun-tahun mendatang. Dengan semangat pantang menyerah dan kerja keras, kita akan mampu mengatasi berbagai tantangan dan mencapai kemajuan yang lebih besar lagi.

Dirgahayu Indonesia! Semoga bangsa ini terus menjadi bangsa yang besar dan berjaya di dunia. Mari kita bersatu, bekerja sama, dan berjuang untuk mencapai cita-cita bangsa. Merdeka!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com