Resep Puding Kurma Kukus

Resep Puding Kurma Kukus yang Lezat dan Bergizi untuk Anak di Bulan Ramadan

Hai Bu, bagaimana kabar si Kecil di bulan Ramadan? Meskipun ia belum ikut berpuasa seperti anggota keluarga lainnya, Bunda tetap bisa menyiapkan menu berbuka yang spesial untuknya. Salah satu menu yang bisa Bunda coba adalah resep puding kurma kukus. Puding ini memiliki tekstur yang lembut dan tentunya sangat disukai oleh anak-anak. Selain itu, puding kurma kukus juga mengandung nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat puding kurma kukus ini sangat sederhana dan mudah ditemukan. Berikut daftar bahan-bahannya:

1. 1 gelas susu putih Frisian Flag Primagro 1+
Susu putih Frisian Flag Primagro 1+ memiliki rasa yang lezat dan kandungan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Kandungan Zat Besi, Vitamin A, dan Seng di dalamnya membantu mengoptimalkan proses tumbuh kembang si Kecil.

2. 7 butir kurma, buang bijinya
Kurma adalah buah yang banyak dikonsumsi saat bulan Ramadan. Buah ini kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan menambahkan kurma pada puding, rasanya akan semakin lezat dan bergizi.

3. 2 sdm gula pasir
Gula pasir digunakan untuk memberikan rasa manis pada puding. Namun, sebaiknya Bunda tidak menambahkan terlalu banyak gula agar puding tetap sehat dan tidak terlalu manis.

4. 1 sdm tepung maizena
Tepung maizena digunakan sebagai pengental pada adonan puding. Tepung ini akan membuat tekstur puding menjadi lebih lembut dan kenyal.

5. 1 sdm madu, atau sesuai keinginan
Madu bisa digunakan sebagai pengganti gula pasir untuk memberikan rasa manis pada puding. Selain itu, madu juga memiliki banyak manfaat kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu proses pencernaan.

Baca Juga:  4 Ide Hadiah Buatan Sendiri untuk Ayah

6. 1 butir telur
Telur digunakan sebagai bahan pengikat pada adonan puding. Telur juga mengandung protein yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil.

7. 1 sdm margarin yang sudah dicairkan
Margarin digunakan untuk melapisi wadah agar puding tidak lengket saat dikukus. Margarin juga memberikan aroma yang lezat pada puding.

Setelah semua bahan tersedia, berikut langkah-langkah pembuatan puding kurma kukus:

1. Pertama, masukkan semua bahan ke dalam wadah blender. Pastikan kurma sudah dibuang bijinya.
2. Blender bahan-bahan tersebut selama 5-10 menit atau hingga adonan menjadi lembut dan tercampur secara merata.
3. Setelah adonan tercampur dengan baik, tuangkan adonan ke dalam wadah yang tahan panas. Pastikan wadah sudah dilapisi dengan margarin agar puding tidak lengket saat dikukus.
4. Kukus adonan puding selama 15-20 menit atau hingga matang. Untuk memastikan kematangan puding, Bunda bisa menusuknya dengan tusuk gigi atau garpu. Jika tidak ada adonan yang menempel pada tusuk gigi, artinya puding sudah matang.
5. Setelah matang, angkat puding dari kukusan dan biarkan suhu turun. Kemudian, masukkan puding ke dalam kulkas untuk didinginkan.
6. Setelah dingin, puding kurma kukus siap disajikan. Bunda bisa menambahkan hiasan seperti potongan kurma atau taburan kacang untuk memberikan tampilan yang lebih menarik.

Dengan resep yang sederhana ini, Bunda tidak perlu khawatir lagi saat ingin membuat menu berbuka untuk anak. Puding kurma kukus ini dapat dinikmati oleh anak-anak dan anggota keluarga lainnya. Selain rasanya yang lezat, puding ini juga mengandung nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil.

Selain itu, Bunda juga bisa mencoba variasi puding kurma kukus ini dengan menambahkan bahan lain seperti kismis, almond, atau cokelat serut. Bunda juga bisa mengganti susu putih Frisian Flag Primagro 1+ dengan varian rasa lainnya seperti cokelat atau strawberry untuk memberikan variasi rasa pada puding.

Baca Juga:  3 Kreasi Kerajinan dari Kardus dan Ragam Manfaatnya

Dalam menyajikan puding kurma kukus ini, Bunda bisa memberikannya sebagai hidangan penutup setelah berbuka puasa. Puding ini juga bisa menjadi camilan sehat bagi si Kecil di tengah hari. Selain itu, Bunda juga bisa memberikan puding ini sebagai bekal sekolah untuk si Kecil.

Selain resep puding kurma kukus, Bunda juga bisa mencoba resep-resep lainnya untuk menu berbuka seperti bubur kacang hijau, kolak pisang, atau es buah segar. Dengan variasi menu berbuka yang sehat dan lezat, si Kecil akan semakin semangat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan.

Selain memperhatikan menu berbuka, Bunda juga perlu memperhatikan asupan gizi harian si Kecil. Pastikan si Kecil mendapatkan makanan bergizi yang cukup seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan protein. Selain itu, pastikan juga si Kecil mengonsumsi susu yang sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. Susu putih Frisian Flag Primagro 1+ adalah pilihan yang baik karena mengandung nutrisi penting seperti Zat Besi, Vitamin A, dan Seng.

Sebagai tambahan, Bunda juga bisa berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kebutuhan gizi si Kecil. Bunda bisa mengikuti konsultasi gratis dengan ahli gizi melalui platform Bunda & Balita. Dengan berkonsultasi dengan ahli gizi, Bunda dapat memperoleh panduan yang tepat dalam memberikan asupan gizi yang seimbang bagi si Kecil.

Selain itu, dengan menjadi member Bunda & Balita, Bunda juga akan mendapatkan informasi parenting dan hadiah spesial. Bunda akan mendapatkan tips dan trik dalam mengasuh anak, informasi tentang perkembangan anak, serta promo-promo menarik dari Frisian Flag Indonesia dan partner Bunda & Balita.

Demikianlah resep puding kurma kukus untuk menu berbuka anak di bulan Ramadan. Dengan resep ini, Bunda dapat memberikan hidangan yang lezat dan bergizi untuk si Kecil. Selamat mencoba dan semoga menu berbuka di bulan Ramadan menjadi momen yang spesial bagi keluarga kita.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com