Rekomendasi Korset Pasca Melahirkan yang Bikin Perut Kembali Langsing


Salah satu benda yang pasti disiapkan para ibu pasca melahirkan adalah korset! Tujuannya tentu saja mengembalikan bentuk perut setelah melahirkan. Penggunaan korset pasca melahirkan merupakan praktik yang telah dilakukan sejak dulu. Selain membantu mengembalikan bentuk perut, korset juga memiliki manfaat lainnya seperti mempercepat proses pemulihan kesehatan dan memperbaiki postur tubuh. Saat ini, ada beberapa jenis korset pasca melahirkan yang dijual di pasaran, mulai dari korset tulang hingga belly wraps.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang korset pasca melahirkan, ada baiknya kita memahami apa itu korset secara umum. Korset merupakan pakaian yang berukuran pas di tubuh dengan penyangga kaku yang menempel di pinggang. Awalnya, korset digunakan untuk menopang punggung, namun seiring perkembangannya, korset juga didesain untuk membantu para ibu pasca melahirkan. Korset pasca melahirkan didesain secara sederhana tanpa mengurangi fungsi utamanya, yaitu mengembalikan bentuk perut ibu setelah melahirkan.

Manfaat korset pasca melahirkan sangat beragam. Selain membantu mengembalikan bentuk perut, korset juga dapat mengurangi nyeri punggung dan memperbaiki postur tubuh. Para ibu yang melahirkan secara caesar juga disarankan menggunakan korset pasca operasi untuk mengurangi pembengkakan pasca persalinan. Selain itu, korset juga membantu menopang otot perut yang biasanya terpisah akibat peregangan rahim selama kehamilan. Korset juga membantu mengikat otot, rahim, dan organ lainnya agar mereka kembali ke ukuran dan posisi sebelum hamil. Jika ibu mengalami kulit yang kendur dan terkulai, korset pasca melahirkan juga dapat membantu menguranginya.

Namun, penting untuk memilih korset pasca melahirkan yang tepat agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Berikut ini beberapa tips memilih korset pasca melahirkan yang tepat:

1. Jangan ragu mencoba beberapa ukuran: Untuk menemukan korset yang tepat dan nyaman, cobalah beberapa pilihan ukuran yang tersedia. Jika Anda akan rutin mengenakan korset pasca melahirkan, Anda harus memperkecil ukurannya. Carilah merek yang menawarkan berbagai ukuran sesuai dengan gaya yang Anda sukai.

Baca Juga:  Khasiat Asam Folat dalam Kehamilan

2. Pilih bahan yang fleksibel dan nyaman: Ada tiga jenis bahan korset yang tersedia, yaitu bahan latex yang stretch, mesh yang tipis dan lentur, serta bahan katun yang menyerap keringat dan cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Pilihlah bahan yang paling nyaman bagi Anda.

3. Pilih korset dengan pilihan kait: Memilih korset dengan pilihan kait akan memudahkan Anda mengatur kekencangan korset saat digunakan. Selain itu, pilihan kait juga memudahkan dalam memasang dan membuka korset, terutama jika akan digunakan setiap hari.

Setelah mengetahui tips memilih korset pasca melahirkan yang tepat, berikut ini beberapa rekomendasi korset pasca melahirkan yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Mooimom Long Elastic Seamless Corset: Korset ini memiliki panjang sekitar 29cm dan menggunakan bahan berelastisitas tinggi serta desain seamless yang tidak menekan dan efektif dalam menekan lemak tubuh. Selain itu, korset ini juga membantu mengecilkan perut dan pinggang. Bahannya terbuat dari 100% Polyester.

2. Mama’s Choice Postpartum Adjustable Corset: Korset ini membantu ibu mengembalikan bentuk tubuh pasca melahirkan dengan bahannya yang lembut dan tidak panas. Korset Mama’s Choice juga terbukti efektif meratakan dan mengencangkan bagian perut dan pinggang. Bahannya terbuat dari 65% polyester dan 35% serat elastis serta tersedia dalam 2 variasi warna dan 3 variasi ukuran.

3. Mamaway Nano Bamboo Postnatal Recovery & Support Belly Band: Korset ini banyak direkomendasikan oleh ahli fisioterapi dan sudah teregistrasi FGA. Korset ini membantu mendukung rahim, perut, panggul, punggung, dan tulang belakang dengan menerapkan kompresi pada inti tubuh dan menahan dinding rahim yang membesar, kulit yang kendur, dan otot sehingga kembali ke tempatnya pasca persalinan.

Baca Juga:  Berapa Kadar Bilirubin Normal pada Bayi?

4. Eve Maternity Stagen Korset: Korset pasca melahirkan ini terbuat dari bahan katun yang didesain nyaman dengan pelekat velcro serta dilengkapi garis lubang yang memberikan ruang angin sehingga nyaman digunakan oleh semua ibu. Korset ini tersedia dalam ukuran all size dengan panjang 84 cm dan lebar 23 cm.

5. Sorex Korset: Korset ini juga bisa menjadi pilihan untuk korset pasca melahirkan Anda. Terbuat dari bahan campuran polyester dan katun sehingga sangat nyaman digunakan tanpa menimbulkan rasa gerah atau panas. Dengan material velcro, Anda dapat menyesuaikan seberapa kencang korset yang akan digunakan dengan sangat mudah.

Memilih korset pasca melahirkan yang tepat sangat penting untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Dengan mengikuti tips memilih korset yang telah disebutkan dan mempertimbangkan beberapa rekomendasi korset pasca melahirkan di atas, Anda dapat menemukan korset yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Dalam proses pemulihan pasca melahirkan, korset pasca melahirkan dapat menjadi alat bantu yang efektif untuk mengembalikan bentuk perut dan memperbaiki postur tubuh. Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan korset pasca melahirkan hanya sebagian dari perawatan pasca melahirkan yang komprehensif. Penting untuk tetap menjaga pola makan yang sehat, melakukan olahraga yang sesuai, dan mempertahankan gaya hidup yang aktif untuk mencapai pemulihan yang optimal. Selain itu, konsultasikanlah dengan dokter atau bidan Anda sebelum menggunakan korset pasca melahirkan untuk memastikan bahwa korset yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh Anda.

Dalam kesimpulan, penggunaan korset pasca melahirkan merupakan praktik yang telah dilakukan sejak dulu untuk membantu mengembalikan bentuk perut dan memperbaiki postur tubuh. Dengan memilih korset yang tepat dan menggunakan korset tersebut dengan benar, ibu dapat mempercepat proses pemulihan pasca melahirkan dan mencapai bentuk tubuh yang diinginkan. Namun, penting untuk diingat bahwa korset pasca melahirkan hanya sebagian dari perawatan pasca melahirkan yang komprehensif. Tetaplah menjaga pola makan yang sehat, melakukan olahraga yang sesuai, dan mempertahankan gaya hidup yang aktif untuk mencapai hasil yang optimal. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau bidan Anda untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Baca Juga:  Rekomendasi Tas Sekolah yang Nyaman untuk Anak SD, SMP, dan SMA


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com