[9 Aplikasi] Edukasi Anak yang Seru untuk Dimainkan

Edukasi anak memegang peranan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan mereka. Melalui pendidikan, anak-anak dapat belajar berbagai keterampilan dan meningkatkan kreativitas mereka. Di era digital seperti sekarang ini, gadget atau perangkat elektronik seperti smartphone dan tablet dapat digunakan sebagai media edukasi anak. Ada banyak aplikasi khusus yang dirancang untuk anak-anak dengan fitur-fitur yang mendidik dan melatih keterampilan serta kreativitas mereka.

Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa aplikasi edukasi anak yang seru untuk dimainkan. Aplikasi-aplikasi ini dapat diunduh melalui toko aplikasi yang tersedia pada gadget anda. Berikut adalah beberapa rekomendasinya:

1. Aplikasi Swampy
Aplikasi ini memberikan instruksi kepada pemain untuk memandikan buaya yang bernama Swampy. Namun, untuk bisa memandikan buaya tersebut, pemain harus mencari jalan agar saluran air dapat terisi air. Jika berhasil, buaya tersebut bisa langsung mandi, namun jika gagal, buaya tersebut akan menangis. Aplikasi ini tidak hanya menghibur, tetapi juga melatih strategi dan pemecahan masalah.

2. Cut The Rope
Aplikasi ini adalah permainan yang mengajarkan strategi kepada anak-anak. Dalam permainan ini, anak harus memotong tali-tali dengan tujuan untuk mendapatkan bintang dan permen untuk tokoh dalam permainan yang bernama Om Nom. Meskipun terlihat sederhana, permainan ini membutuhkan strategi cerdik untuk menyelesaikan setiap levelnya, sehingga dapat melatih otak dan kreativitas anak-anak.

3. Playtales (Digital Book)
Aplikasi ini adalah buku digital yang menyediakan cerita anak-anak. Kelebihan dari aplikasi ini adalah buku cerita dalam bentuk digital tidak akan rusak seperti buku fisik. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur “read to me” yang akan membacakan cerita untuk anak-anak, atau bisa juga memilih fitur “read by myself” jika ingin membacakan cerita sendiri. Aplikasi ini juga memiliki menu tersembunyi yang menarik di setiap halamannya.

Baca Juga:  Minum Teh, Banyak Manfaatnya

4. Dora ABCs Vol 1: Letters & Letter Sounds
Aplikasi ini merupakan aplikasi yang mengajarkan anak-anak cara membaca huruf dalam bahasa Inggris dengan menggunakan tokoh kartun populer, Dora. Melalui aplikasi ini, anak-anak dapat belajar dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Aplikasi ini tersedia dengan harga $3.00.

5. Kids Shape Preschool
Aplikasi ini cocok untuk memperkenalkan anak-anak dengan berbagai warna dan bentuk. Dalam aplikasi ini, anak-anak akan diajarkan tentang berbagai bentuk geometri seperti segitiga, lingkaran, dan segi empat. Aplikasi ini memiliki grafis yang menarik dan berwarna-warni.

6. Kids Preschool Puzzle Lite
Aplikasi ini adalah permainan puzzle untuk anak-anak. Anak-anak harus merangkai puzzle untuk menghasilkan gambar yang utuh. Setelah puzzle selesai dirangkai, aplikasi ini akan membacakan nama benda yang ada pada gambar tersebut. Aplikasi ini sangat cocok untuk melatih konsentrasi dan motorik halus anak-anak.

7. Cake Maker
Aplikasi ini mengajarkan anak-anak tentang cara membuat kue ulang tahun. Anak-anak akan belajar langkah-langkah membuat kue ulang tahun, mulai dari memasukkan tepung, memecahkan telur, memanggang adonan di oven, hingga mendekorasi kue tersebut. Aplikasi ini dapat mengasah kreativitas anak-anak dalam memasak.

8. Toddler Cars
Aplikasi ini membantu anak-anak untuk mengenal nama-nama transportasi yang ada di sekitar mereka. Anak-anak tinggal menyentuh gambar dari transportasi yang ada pada aplikasi ini, maka akan muncul suara yang menyebutkan nama transportasi tersebut beserta bunyinya. Aplikasi ini akan membantu anak-anak dalam memperluas kosakata dan meningkatkan pemahaman mereka tentang dunia sekitar.

9. Kids Coloring Fun
Aplikasi ini cocok untuk anak-anak yang suka mewarnai. Aplikasi ini memiliki banyak pilihan halaman mewarnai dengan berbagai tema yang menarik. Anak-anak dapat menggunakan berbagai alat seperti pensil warna, kuas, dan stiker dalam menggambar. Aplikasi ini juga memiliki fitur glitter yang membuat gambar menjadi lebih menarik.

Baca Juga:  10 Jam Tak Bersama Ibu, Berapa Kebutuhan ASI Bayi?

Itulah beberapa contoh aplikasi edukasi anak yang seru untuk dimainkan. Tentu saja masih banyak lagi aplikasi lainnya yang dapat diunduh di gadget anda. Penting untuk diingat bahwa penggunaan gadget harus diimbangi dengan pengawasan orang dewasa. Selain itu, penting juga untuk membatasi waktu penggunaan gadget agar anak-anak tetap memiliki waktu untuk bermain dan bergerak aktif.

Dalam memilih aplikasi edukasi anak, Bunda dapat mempertimbangkan usia dan minat anak-anak. Selain itu, pastikan juga aplikasi tersebut aman dan sesuai dengan nilai-nilai yang ingin Bunda ajarkan kepada anak-anak. Dengan penggunaan yang tepat, aplikasi edukasi anak dapat menjadi alat yang efektif dalam memperluas pengetahuan dan keterampilan anak-anak.

Jadi, tidak ada salahnya memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk bermain dan belajar melalui aplikasi edukasi yang seru. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi Bunda dalam memilih aplikasi edukasi anak yang tepat. Selamat bermain dan belajar bersama si Kecil!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com