Ingin Rambut Si Kecil Makin Lebat? Coba 7 Tips Sederhana Berikut Ini

Ingin Rambut Si Kecil Makin Lebat? Coba 7 Tips Sederhana Berikut Ini

Memiliki rambut lebat dan sehat tentu idaman semua orang. Bunda juga pastinya ingin si Kecil memiliki rambut yang lebat dan sehat bukan? Terkadang, secara natural rambut si Kecil dapat tumbuh lebat dengan sendirinya. Namun tak jarang pula, rambut tumbuh sangat lama dan tipis saja. Bunda bisa melakukan beberapa upaya agar rambut si Kecil tumbuh semakin lebat. Berikut ini merupakan 7 bahan alami yang bisa ibu berikan sebagai perawatan rambut si Kecil agar tumbuh lebat dan kuat.

Lidah buaya

Tanaman yang telah dikenal khasiatnya untuk melebatkan rambut adalah aloe vera atau lidah buaya. Cara penggunaannya sangat mudah. Potong satu ruas tanaman lidah buaya kemudian kupas dengan bersih. Setelah itu, haluskan daging lidah buaya yang telah dikupas dengan blender atau mixer. Oleskan pada rambut si Kecil secara merata sambil memberi pijatan lembut agar kandungan lidah buaya meresap. Diamkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih. Lakukan hal ini secara teratur setiap satu minggu sekali untuk mendapatkan rambut yang lembut, lebat, serta kuat.

Pisang dan yogurt

Bunda juga dapat memberikan sebuah pisang dan 2 sendok yogurt yang dihaluskan sebagai masker rambut. Tambahkan 2 sendok minyak zaitun lalu aduk dan oleskan merata pada rambut si Kecil. Diamkan 10 menit kemudian bilas hingga bersih. Campuran pisang dan yogurt dapat melebatkan serta menghaluskan rambut si Kecil karena mengandung vitamin A, B, B3, B6, E, C, D, protein, kalium, dan kalsium.

Madu dan minyak zaitun

Kondisi rambut pada si Kecil tidaklah sama satu dengan lainnya. Bunda bisa memberikan campuran madu dan minyak zaitun apabila rambut di Kecil sangat kering dan keriting. Campuran madu dan minyak zaitun dapat menjadi kondisioner alami bagi rambut si Kecil sehingga tumbuh lebih lebat dan sehat. Cara membuatnya sangat mudah, Bunda hanya perlu mencampur 2 sendok madu dan 2 sendok minyak zaitun. Oleskan pada seluruh permukaan rambut bayi kemudian pijat lembut dan diamkan selama 15 menit. Bilas sampai bersih setelahnya.

Baca Juga:  Kenapa Suami (Lebih) Manja Saat Sakit?

Kemiri

Kandungan minyak dalam kemiri berguna untuk melebatkan , melembutkan, serta menghitamkan rambut si Kecil. Bunda dapat menumbuk kemiri yang sudah disangrai terlebih dahulu, kemudian oleskan pada rambut si Kecil. Diamkan 10 menit lalu bilas hingga bersih.

Daun seledri

Selain lidah buaya, daun seledri juga cukup untuk membuat rambut si Kecil menjadi lebih lebat. Nutrisi dalam daun seledri seperti vitamin E, K, A, B kompleks, flavonoid, serta tanin dapat mencegah rambut si Kecil dari kerontokan. Cara pemakaiannya sangat mudah. Bunda bisa meremas beberapa lembar daun seledri sampai halus kemudian oleskan di rambut si Kecil. Diamkan 10 menit kemudian bilas hingga bersih.

Gelatin dan cuka apel

Bunda bisa juga mencampurkan gelatin dan cuka apel untuk kemudian dioleskan pada rambut si Kecil. Pijat dengan halus kemudian diamkan 10 menit. Bilas sampai bersih setelahnya. Kandungan dalam gelatin seperti asam amino esensial dapat membuat rambut semakin lebat. Cuka apel berguna untuk menguatkan akar rambut.

Air kelapa hijau

Air kelapa bisa juga digunakan untuk melebatkan rambut si Kecil, lho. Pilih air kelapa tua kemudian guyur rambut si Kecil dan diamkan 20 menit. Bilas sampai bersih dan lakukan perawatan ini rutin setiap hari. Kandungan di dalamair kelapa seperti hormone nabati sitokinin, vitamin C, dan antibakteri sangat baik dalam melebatkan dan menjaga kesehatan rambut si Kecil.

Selain menggunakan bahan-bahan alami tersebut, ibu juga perlu memperhatikan beberapa hal lainnya agar rambut si Kecil tumbuh lebat dan sehat. Berikut ini adalah beberapa tips tambahan untuk merawat rambut si Kecil:

1. Jaga kebersihan rambut

Pastikan rambut si Kecil selalu bersih dari kotoran dan minyak. Cuci rambut si Kecil secara teratur dengan menggunakan shampoo yang lembut dan mengandung bahan alami.

Baca Juga:  Tahap Perkembangan Bayi 3 Bulan dan Stimulasinya

2. Hindari penggunaan produk kimia berlebihan

Hindari penggunaan produk kimia seperti pewarna rambut, gel rambut, atau hairspray yang dapat merusak dan melemahkan rambut si Kecil. Gunakan produk yang mengandung bahan-bahan alami dan bebas dari bahan kimia berbahaya.

3. Hindari penggunaan alat-alat styling panas

Pemanasan yang berlebihan dapat merusak struktur rambut dan membuatnya rapuh. Hindari penggunaan alat-alat styling panas seperti hair dryer, catokan, atau curly iron pada rambut si Kecil.

4. Gunakan sisir yang lembut

Gunakan sisir dengan gigi yang lembut dan jarang untuk menghindari kerusakan pada rambut si Kecil. Sisir rambut si Kecil secara perlahan dan hati-hati agar tidak terjadi kerontokan rambut yang berlebihan.

5. Berikan nutrisi yang seimbang

Nutrisi yang seimbang sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Pastikan si Kecil mendapatkan asupan makanan yang mengandung protein, vitamin, mineral, dan zat besi yang cukup.

6. Jaga kesehatan kulit kepala

Kesehatan kulit kepala yang baik juga berpengaruh pada pertumbuhan rambut yang sehat. Hindari penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia keras dan jaga kebersihan kulit kepala si Kecil.

7. Berikan pijatan pada kulit kepala

Pijatan lembut pada kulit kepala si Kecil dapat merangsang sirkulasi darah dan mempercepat pertumbuhan rambut. Lakukan pijatan dengan lembut menggunakan ujung jari selama beberapa menit setiap hari.

Dengan mengikuti tips-tips di atas dan menggunakan bahan-bahan alami yang telah disebutkan sebelumnya, ibu dapat membantu rambut si Kecil tumbuh lebih lebat, kuat, dan sehat. Perlu diingat bahwa hasil yang didapatkan mungkin berbeda-beda pada setiap individu, namun dengan konsistensi dan perawatan yang tepat, rambut si Kecil dapat tumbuh dengan baik.

Baca Juga:  Bagaimana Mengoptimalkan Kecerdasan Balita pada Masa Golden Years?

Selain perawatan dari luar, perawatan dari dalam juga sangat penting untuk kesehatan rambut si Kecil. Pastikan si Kecil mendapatkan asupan gizi yang seimbang dan cukup, serta menjaga kebersihan dan kesehatan secara menyeluruh. Jika ada masalah yang lebih serius dengan pertumbuhan rambut si Kecil, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Perawatan rambut si Kecil memang membutuhkan kesabaran dan konsistensi. Namun, dengan upaya yang tepat dan perawatan yang teratur, ibu dapat membantu rambut si Kecil tumbuh lebih lebat, kuat, dan sehat. Jadi, jangan ragu untuk mencoba tips-tips di atas dan rasakan perbedaannya. Semoga bermanfaat!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com