Ibu, Inilah Beberapa Pertanda Si Kecil Akan Segera Tumbuh Gigi

Tumbuhnya gigi pada anak merupakan proses yang dinantikan oleh setiap orang tua. Namun, proses ini juga sering kali membuat orang tua khawatir dan gelisah. Banyak yang mengatakan bahwa saat gigi anak tumbuh, anak akan sering rewel dan sulit tidur. Namun, sebenarnya tidak semua anak mengalami hal tersebut. Setiap anak memiliki pengalaman yang berbeda saat gigi mereka tumbuh. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tanda-tanda bahwa si kecil akan segera tumbuh gigi.

1. Bayi sering mengeluarkan air liur

Salah satu tanda pertama bahwa si kecil akan segera tumbuh gigi adalah ketika mereka mulai mengeluarkan air liur lebih banyak dari biasanya. Mungkin Anda akan melihat baju si kecil basah karena banyaknya air liur yang keluar. Hal ini disebabkan oleh perubahan pada sistem pencernaan si kecil saat gigi mereka mulai tumbuh. Air liur yang berlebihan ini dapat menyebabkan ruam pada kulit di sekitar mulut dan dagu si kecil. Untuk menghindari ruam, Anda bisa menggunakan tisu atau kain lembut untuk mengelap air liur si kecil secara teratur.

2. Gusi si kecil terlihat merah dan bengkak

Tanda selanjutnya bahwa si kecil akan segera tumbuh gigi adalah ketika gusinya terlihat merah dan bengkak. Hal ini disebabkan oleh peradangan yang terjadi saat gigi baru akan muncul. Anda bisa memberikan pijatan lembut pada gusi si kecil untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman yang mereka rasakan. Pastikan tangan Anda bersih sebelum melakukan pijatan. Awalnya, si kecil mungkin akan merasa sedikit kaget, namun lama kelamaan mereka akan merasa nyaman dengan pijatan tersebut.

3. Batuk atau muntah

Ketika gigi baru akan tumbuh, si kecil mungkin akan lebih sering batuk atau muntah. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa mereka belum bisa mengendalikan semua otot dan saraf di mulut dan tenggorokan mereka. Kondisi ini dapat membuat si kecil merasa tidak nyaman dan sulit menelan. Namun, perlu diingat bahwa batuk atau muntah yang terjadi saat tumbuh gigi tidak disertai dengan gejala flu atau diare. Jika si kecil mengalami batuk yang disertai dengan gejala lain, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Baca Juga:  Kiat Agar Si Kecil Tak Sering Mengemut Makanannya

4. Menangis dan susah makan

Beberapa anak mengekspresikan rasa tidak nyaman yang mereka rasakan pada gusi mereka dengan menangis. Beberapa anak mungkin hanya bergumam, sedangkan yang lain merasakan sakit yang cukup parah. Rasa nyeri pada gusi yang sedang tumbuh gigi membuat si kecil lebih rewel. Hal ini juga membuat mereka enggan untuk makan. Sebagai orang tua, Anda perlu memberikan perhatian ekstra pada si kecil saat ini. Pastikan mereka mendapatkan asupan makanan yang cukup. Anda juga bisa memberikan mainan teether yang sebelumnya telah didinginkan di dalam kulkas. Cara ini dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada gusi si kecil.

5. Suka menggigit

Tekanan pada gusi yang sedang tumbuh gigi dapat membuat si kecil merasa tidak nyaman dan ingin menggigit benda-benda di sekitarnya. Mereka juga mungkin akan menggigit tangan Anda saat Anda sedang menyusui. Untuk mencegahnya, Anda bisa memasukkan jari telunjuk Anda ke dalam mulut si kecil ketika mereka mencoba menggigit. Jari telunjuk Anda akan memberikan tekanan yang lembut pada gusi mereka dan juga bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman yang mereka rasakan.

6. Demam

Salah satu tanda yang seringkali membuat orang tua khawatir saat gigi si kecil akan tumbuh adalah demam. Namun, sebenarnya demam yang terjadi saat tumbuh gigi biasanya tidak terlalu tinggi dan tidak mencapai suhu lebih dari 38 derajat Celsius. Demam ini disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada gusi si kecil. Anda perlu memastikan apakah demam yang dialami si kecil memang disebabkan oleh tumbuh gigi atau ada penyebab lain. Jika demam disertai dengan gejala lain seperti diare atau pilek, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Baca Juga:  Rekomendasi Korset Pasca Melahirkan yang Bikin Perut Kembali Langsing

7. Suka menggaruk pipi dan menarik telinga

Ketika gusi si kecil sedang tumbuh gigi, mereka mungkin akan sering menggaruk pipi dan menarik telinga. Hal ini disebabkan oleh rasa tidak nyaman yang mereka rasakan pada gusi, namun mereka tidak bisa mencapai bagian gusi yang sedang tumbuh gigi. Sebagai orang tua, Anda perlu menjaga agar telinga dan pipi si kecil tetap bersih dan tidak lecet akibat menggaruk yang terlalu keras. Anda juga bisa mengalihkan perhatian mereka dengan memberikan mainan teether yang aman untuk digigit.

Itulah beberapa tanda-tanda bahwa si kecil akan segera tumbuh gigi. Setiap anak memiliki pengalaman yang berbeda saat gigi mereka tumbuh, jadi tidak semua tanda ini akan terjadi pada setiap anak. Namun, jika Anda melihat tanda-tanda tersebut pada si kecil, sebaiknya Anda memberikan perhatian ekstra dan memastikan mereka tetap nyaman. Jika ada tanda-tanda yang tidak biasa atau Anda memiliki kekhawatiran lain, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan anak untuk mendapatkan informasi dan saran yang lebih tepat.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com