Destinasi Wisata Solo yang Hits. Tiket Masuknya Ada yang Gratis!


Destinasi Wisata Solo yang Hits dan Seru

Solo, atau yang juga dikenal sebagai Surakarta, merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki banyak destinasi wisata menarik. Kota ini tidak hanya terkenal sebagai kota budaya, tetapi juga memiliki keindahan alam yang memukau dan kekayaan budaya yang kental. Bagi Anda yang berencana mengunjungi kampung halaman Presiden Jokowi, berikut ini adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata Solo yang wajib Anda kunjungi.

1. Solo Safari

Destinasi wisata pertama yang sangat populer di Solo adalah Solo Safari. Tempat ini merupakan kawasan wisata edukasi satwa yang terletak di area Jebres, Solo. Dengan luas 13,9 hektar, Solo Safari menawarkan pengalaman unik bagi anak-anak dan keluarga yang berkunjung. Di sini, Anda tidak hanya dapat melihat lebih dekat satwa endemik Indonesia, tetapi juga dapat mencoba berbagai atraksi di area hiburan yang tersedia. Aktivitas yang dapat dilakukan di Solo Safari antara lain adalah Petting Zoo, tempat bermain dengan hewan-hewan jinak, atraksi satwa, dan menaiki Satwa Tunggang. Tiket masuk Solo Safari dibagi menjadi dua, yaitu weekday dan weekend. Untuk weekday, harga tiket masuk untuk anak-anak sebesar Rp 45.000 dan untuk dewasa sebesar Rp 55.000. Sedangkan untuk weekend, harga tiket masuk untuk anak-anak sebesar Rp 60.000 dan untuk dewasa sebesar Rp 75.000.

2. Masjid Raya Sheikh Zayed

Masjid Raya Sheikh Zayed merupakan destinasi wisata religi yang sangat indah di Solo. Masjid ini merupakan replika dari Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi dan baru saja diresmikan pada tanggal 14 November 2022. Masjid ini merupakan hadiah dari Persatuan Emirat Arab kepada Indonesia. Arsitektur Masjid Raya Sheikh Zayed mirip dengan aslinya, dengan empat menara menjulang, satu kubah utama, dan dikelilingi oleh 81 kubah-kubah kecil. Ornamen bangunan Timur Tengah juga terlihat jelas pada masjid ini. Namun, yang menarik adalah penggunaan karpet bermotif batik serta tembok di dekat imam yang bertuliskan Asmaulhusna. Saat mengunjungi masjid ini, Anda akan merasakan vibe Arab yang kental, dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an yang dikumandangkan dengan khas Timur Tengah. Di taman masjid, terdapat juga pohon palem yang menambah keindahan tempat ini. Masjid Raya Sheikh Zayed dapat Anda kunjungi tanpa dipungut biaya alias gratis.

Baca Juga:  Busana Ibu Hamil yang Nyaman Namun Tetap Modis

3. The Heritage Palace Solo

The Heritage Palace Solo adalah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Solo. Tempat ini dulunya merupakan pabrik gula peninggalan kolonial Belanda yang didirikan pada tahun 1889. Pada tahun 1920, bangunan ini diubah menjadi bangunan megah dengan arsitektur ala Eropa klasik. Bahkan, The Heritage Palace Solo telah diakui sebagai Bangunan Cagar Budaya. Bagi Anda yang suka berfoto, tempat ini merupakan tempat yang cocok untuk berfoto dengan latar belakang bangunan yang megah. Di sini, Anda juga dapat mengunjungi museum 3 Dimensi, museum transportasi, dan beragam kegiatan lainnya. Untuk masuk ke The Heritage Palace Solo, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 55.000.

4. Puro Mangkunegaran

Puro Mangkunegaran adalah tempat yang tepat jika Anda ingin merasakan suasana makan malam ala keluarga kerajaan Jawa. Anda dapat mengambil paket Gala Dinner yang mengedepankan nuansa klasik acara jamuan malam kerajaan Jawa. Paket ini meliputi pertunjukan 2 tarian khas Pura Mangkunegaran, mengunjungi museum, aktivitas potong tumpeng, dan penyerahan cinderamata dari Pura Mangkunegaran, serta makan malam prasmanan. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi museum yang menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah. Di sini, Anda juga dapat mengikuti workshop tari, seperti Tari Gambyong Retno Kusumo untuk anak perempuan dan Tari Bondoyudo untuk anak laki-laki. Untuk masuk ke Puro Mangkunegaran, Anda perlu membayar tiket sebesar Rp 20.000.

5. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi saat berada di Solo. Di dalam Keraton Kasunanan, terdapat beberapa tempat yang tidak boleh dimasuki, seperti kediaman Raja Pakubuwono. Namun, Anda masih dapat mengunjungi pendopo besar di dalam Sasana Sewaka. Di tempat ini, Anda dapat menyaksikan pertunjukan tari dan gamelan yang menarik. Saat mengunjungi Sasana Sewaka, Anda juga perlu melepas alas kaki dan berjalan dengan kaki telanjang di hamparan pasir yang diambil langsung dari Pantai Parangkusumo dan Gunung Merapi. Selain itu, di dalam kawasan Keraton Kasunanan terdapat juga museum yang menyimpan berbagai koleksi kerajaan, seperti kereta kencana, tandu, patung, senjata kuno, dan koleksi lainnya. Alamat Keraton Surakarta Hadiningrat berada di Jl. Kamandungan, Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon.

Baca Juga:  Rekomendasi Kondom Favorit para Ayah

6. Rumah Atsiri Solo

Rumah Atsiri Solo adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi jika Anda tertarik dengan proses pembuatan minyak atsiri. Jika Anda tidak ingin menginap di Rumah Atsiri Glamping, Anda dapat mengambil paket tur 8 jam yang ditawarkan oleh Rumah Atsiri Solo. Dalam tur ini, Anda akan dijemput dari titik penjemputan di Solo dan kemudian diantar ke Tawangmangu, tempat rangkaian kegiatan tur berlangsung. Dalam tur 8 jam ini, Anda akan melihat langsung proses pembuatan minyak atsiri. Setelah makan siang, Anda akan mengunjungi museum dengan pemandu, bengkel, dan akhirnya menikmati snack sebelum diantar kembali ke titik penjemputan. Alamat Rumah Atsiri Solo berada di Jl. Watusambang, Watusambang, Plumbon, Kec. Tawangmangu. Untuk harga paket tur ini, Anda dapat menghubungi nomor +62812-111-222-63.

7. House of Danar Hadi

Jika Anda pecinta batik, maka House of Danar Hadi adalah tempat yang wajib Anda kunjungi di Solo. House of Danar Hadi merupakan museum batik yang terletak di Jalan Slamet Riyadi Nomor 261, Sriwedari, Kecamatan Laweyan. Museum ini merupakan bagian dari rumah keluarga Danar Hadi dan memiliki koleksi batik yang sangat lengkap, dengan jumlah helaian batik mencapai 10.000. Kain-kain batik ini berasal dari berbagai periode dan pengaruh budaya yang beragam. Di sini, Anda dapat melihat batik Belanda, batik yang terpengaruh budaya Eropa, batik China, Djawa Hokokai, Sudagaran, dan masih banyak lagi. Tiket masuk ke House of Danar Hadi dibagi menjadi dua, yaitu harga tiket masuk untuk pelajar sebesar Rp 8.000 dan untuk umum sebesar Rp 35.000.

Itulah beberapa destinasi wisata Solo yang hits dan seru yang dapat Anda kunjungi saat berada di kampung halaman Jokowi. Dengan mengunjungi destinasi wisata ini, Anda akan mendapatkan pengalaman berlibur yang berbeda dan tak terlupakan. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi Solo dan menikmati keindahan budaya dan alamnya. Selamat berlibur!

Baca Juga:  Sisi Gelap di Balik Dunia Hiburan Korea yang Terlihat Gemerlap


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com