Chocolate Balls

Chocolate Balls

Bahan-bahan:
– 200 g biskuit marie
– 2 sdm mentega/margarin, lelehkan
– 6 sdm peanut butter
– 6 sdm susu kental manis
– 30 g ceri merah, potong dadu kecil
– 30 g ceri hijau, potong dadu kecil
– 2 sdm air matang

Balutan:
– 150 g cokelat masak, lelehkan
– 50 g mesis cokelat

Cara membuat:

1. Masukkan biskuit dalam kantong plastik, tumbuk biskuit dengan ulekan atau penggilas kayu sampai halus (lebih praktis gunakan food processor).
2. Campur biskuit halus dengan semua sisa bahan. Aduk dengan menggunakan spatula sampai adonan bisa dibentuk (adonan cenderung agak basah).
3. Bagi adonan menjadi 30 buah. Ambil satu adonan, bentuk menjadi bulatan. Lakukan sampai adonan habis, celupkan setiap bulatan ke dalam cokelat leleh.
4. Taruh mesis dalam piring, ratakan. Segera gulingkan adonan ke atas mesis sambil sedikit ditekan agar menempel dan rata. (Lakukan langkah ini selagi cokelat masih basah/belum mengeras).
5. Diamkan di atas rak kawat sampai cokelat mengeras. Simpan dalam lemari es sebelum disajikan.

Chocolate Balls adalah salah satu hidangan yang sempurna untuk dinikmati sebagai camilan atau makanan penutup. Hidangan ini terbuat dari biskuit marie yang dihancurkan, mentega atau margarin yang dilelehkan, peanut butter, susu kental manis, ceri merah dan ceri hijau yang dipotong dadu kecil, serta air matang. Semua bahan ini kemudian dicampur hingga membentuk adonan yang bisa dibentuk menjadi bulatan-bulatan.

Untuk membuat Chocolate Balls, pertama-tama kita perlu menghancurkan biskuit marie. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menumbuk biskuit dalam kantong plastik menggunakan ulekan atau penggilas kayu. Namun, jika ingin lebih praktis, bisa menggunakan food processor untuk menghaluskan biskuit.

Baca Juga:  Pentingnya Menjaga Berat Badan Bagi Ibu Hamil

Setelah biskuit halus, campurkan dengan mentega atau margarin yang telah dilelehkan, peanut butter, susu kental manis, ceri merah dan ceri hijau yang telah dipotong dadu kecil, serta air matang. Aduk semua bahan tersebut menggunakan spatula hingga tercampur rata. Adonan cenderung agak basah, tetapi masih bisa dibentuk.

Selanjutnya, bagi adonan menjadi 30 buah. Ambil satu adonan dan bentuk menjadi bulatan. Lakukan langkah ini hingga semua adonan habis. Setelah itu, celupkan setiap bulatan ke dalam cokelat leleh. Pastikan semua permukaan bulatan terbalut cokelat dengan merata.

Setelah itu, siapkan piring berisi mesis cokelat. Ratakkan mesis di piring tersebut. Segera gulingkan setiap bulatan ke atas mesis sambil sedikit ditekan agar menempel dan merata. Langkah ini sebaiknya dilakukan selagi cokelat masih basah atau belum mengeras.

Terakhir, diamkan Chocolate Balls di atas rak kawat hingga cokelat benar-benar mengeras. Setelah itu, simpan dalam lemari es agar tetap segar sebelum disajikan.

Chocolate Balls dapat dinikmati sebagai camilan di sore hari atau sebagai makanan penutup setelah makan malam. Rasanya yang manis dan gurih cocok untuk menghilangkan rasa lapar atau sebagai penghibur di saat sedang stres. Selain itu, Chocolate Balls juga bisa menjadi hidangan yang menarik untuk disajikan saat ada acara kumpul-kumpul bersama keluarga atau teman-teman.

Selain rasanya yang enak, Chocolate Balls juga memiliki manfaat nutrisi. Biskuit marie yang digunakan sebagai bahan dasar mengandung karbohidrat yang dapat memberikan energi. Selain itu, peanut butter juga mengandung protein, serat, dan lemak sehat yang baik untuk tubuh. Susu kental manis juga memberikan kandungan kalsium dan vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang.

Dengan adanya ceri merah dan ceri hijau yang dipotong dadu kecil, Chocolate Balls juga memberikan rasa segar dan sedikit asam. Ceri merah dan ceri hijau mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga:  7 Makanan Penyubur Kandungan yang Sehat Bergizi

Dalam proses pembuatan Chocolate Balls, penggunaan cokelat masak yang dilelehkan memberikan rasa manis dan lezat pada hidangan ini. Cokelat juga mengandung senyawa flavonoid yang merupakan antioksidan alami yang baik untuk kesehatan jantung dan meningkatkan suasana hati.

Mesis cokelat yang digunakan sebagai balutan Chocolate Balls memberikan tekstur yang renyah dan memberikan sentuhan manis pada setiap gigitan. Mesis cokelat juga mengandung gula dan karbohidrat yang memberikan energi.

Dalam menyajikan Chocolate Balls, pastikan untuk menyimpannya dalam lemari es agar tetap segar dan teksturnya tidak lembek. Hidangan ini bisa disajikan dalam acara-acara spesial seperti ulang tahun, pesta, atau perayaan lainnya. Selain itu, Chocolate Balls juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh atau hadiah untuk orang terdekat.

Dengan resep sederhana ini, siapa pun dapat mencoba membuat Chocolate Balls di rumah. Hidangan ini tidak membutuhkan banyak waktu dan bahan yang sulit ditemukan. Selain itu, Chocolate Balls juga bisa dimodifikasi dengan menambahkan bahan tambahan sesuai dengan selera masing-masing, seperti kacang, buah kering, atau remah biskuit lainnya.

Selamat mencoba membuat Chocolate Balls dan semoga hidangan ini bisa menambah kebahagiaan dan kenikmatan saat menikmati camilan atau makanan penutup bersama orang terkasih.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com