Inilah Pentingnya Vitamin untuk Ibu Menyusui

Seberapa Penting Vitamin untuk Bunda Menyusui?

Selama masa kehamilan dan menyusui, penting bagi Bunda untuk memenuhi asupan yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin untuk Bunda menyusui. Selain itu, Bunda juga perlu mengonsumsi nutrisi lain berupa protein, karbohidrat, lemak, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Semua asupan nutrisi ini tak hanya penting bagi kesehatan Bunda, tetapi juga dapat mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil.

Asupan nutrisi seperti vitamin untuk Bunda menyusui dapat berperan untuk meningkatkan kualitas ASI, sehingga berpengaruh terhadap kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan si Kecil. Ini karena jumlah dan kualitas ASI yang diminum bayi akan menentukan jumlah asupan gizi yang diperoleh oleh si Kecil.

Kondisi tersebut membuat kebutuhan nutrisi harian Bunda menyusui lebih tinggi dibandingkan biasanya. Meskipun Bunda merasa sudah cukup mengonsumsi makanan bergizi, namun bisa saja makanan tersebut ternyata belum cukup memenuhi nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Oleh karena itu, asupan vitamin Bunda menyusui harus dipenuhi setiap hari demi mendukung kesehatan Bunda dan si Kecil.

Ragam Vitamin untuk Bunda Menyusui

Berikut ini beberapa jenis vitamin untuk Bunda menyusui yang dapat mendukung asupan gizi harian Bunda dan si Kecil, di antaranya:

Vitamin A
Vitamin A termasuk vitamin untuk Bunda menyusui yang dapat meningkatkan daya tahan dan menjaga kesehatan mata. Bunda bisa mendapatkan manfaat vitamin A dari ikan salmon, ikan makarel, minyak hati ikan kod, hati ayam, keju, telur rebus, dan telur ikan.

Vitamin untuk Bunda menyusui ini juga bisa didapatkan dari beberapa jenis tanaman yang mengandung beta karoten. Beta karoten merupakan zat pada tanaman yang dengan cepat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Beberapa sumber beta karoten di antaranya ubi jalar, labu, sawi, wortel, bayam, paprika merah.

Vitamin B1 dan vitamin B2
Vitamin B1 dan B2 termasuk vitamin untuk Bunda menyusui yang berfungsi untuk menambah energi Bunda, mendukung tumbuh kembang si Kecil, dan membantu meningkatkan perkembangan saraf dan otak si Kecil. Beberapa sumber vitamin B1 di antaranya ayam, ikan, telur, kacang polong, susu, yoghurt, keju, sayuran hijau, dan sereal. Sementara, sumber vitamin B2 meliputi susu, roti, daging,telur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Baca Juga:  Pilihan Paket Valentine dari 4 Hotel

Vitamin B3 dan vitamin B6
Vitamin untuk Bunda menyusui selanjutnya yang tak kalah penting adalah vitamin B3 dan B6. Kedua vitamin ini berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. Vitamin B3 berfungsi untuk metabolisme tubuh, fungsi sistem saraf, dan pengendalian radikal bebas. Bunda bisa mendapatkan manfaat vitamin B3 dari hati sapi, hati ayam, dada ayam, ikan tuna, ikan salmon, kacang tanah, alpukat, dan jamur. Sementara, vitamin B6 berperan untuk menjaga kesehatan otak dan sistem saraf. Sumber vitamin B6 di antaranya ikan, hati sapi, daging ayam, kacang-kacangan, sayuran hijau, kentang, alpukat, dan pisang.

Vitamin B9 dan vitamin B12
Vitamin B9 (asam folat) dan vitamin B12 termasuk vitamin untuk Bunda menyusui yang dapat meningkatkan jumlah dan kualitas ASI serta produksi sel darah merah. Bunda bisa mendapatkan vitamin B9 dari hati sapi, bayam, sereal, brokoli, kubis, lobak, selada, pepaya, pisang, alpukat, jeruk, lemon, kacang tanah, telur, dan ikan. Sedangkan, vitamin B12 dapat ditemukan pada makanan laut (seafood), susu, daging sapi, daging ayam, telur, dan yoghurt.

Vitamin C
Vitamin untuk Bunda menyusui yang satu ini berperan sebagai antioksidan, mampu meningkatkan produksi dan kualitas ASI, memperkuat sistem imun, menjaga kesehatan kulit, dan menjaga kesehatan tulang. Bunda bisa mendapatkan manfaat vitamin C dari jeruk, lemon, jambu biji, stroberi, kiwi, pepaya, mangga, brokoli, bayam, dan paprika. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C sesuai batas normal kebutuhan harian Bunda.

Vitamin D
Vitamin untuk Bunda menyusui yang tak kalah penting adalah vitamin D. Sebab, nutrisi yang satu ini berperan untuk meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh demi mendukung pertumbuhan tulang dan gigi si Kecil. Asupan vitamin D bisa Bunda dapatkan dari sinar matahari pagi, ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, udang, jamur, susu, dan lainnya.

Baca Juga:  Masa MPASI Telah Tiba, Ini Dia Peralatan MPASI yang Wajib Moms Miliki

Vitamin E
Vitamin untuk Bunda menyusui ini berperan dalam melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan, berfungsi untuk memperkuat sistem imun tubuh, serta menjaga kesehatan kulit dan mata, baik pada ibu menyusui maupun bayi. Bunda bisa mendapatkan vitamin E secara alami dari bayam, brokoli, kacang almond, kacang kedelai, mangga, kiwi, alpukat, dan biji-bijian.

Vitamin K
Vitamin K termasuk vitamin untuk Bunda menyusui yang dapat membantu mempercepat proses pemulihan setelah melahirkan karena dapat membantu menggumpalkan darah. Selain itu, vitamin untuk Bunda menyusui ini dapat meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang. Vitamin K mudah ditemukan di sayuran, seperti bayam, brokoli, kale, selada, kol. Sementara, pada daging, vitamin K bisa Bunda dapatkan dari ikan, hati ayam, hati sapi, dan telur.

Nutrisi Penting Lainnya untuk Bunda Menyusui

Selain vitamin untuk Bunda menyusui, ada nutrisi penting lainnya yang wajib dikonsumsi Bunda untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil, antara lain:

Protein
Bagi Bunda menyusui, penting untuk memenuhi kebutuhan protein setiap harinya. Protein dibutuhkan oleh bayi untuk membentuk sistem saraf dan otak. Melansir healthline.com, asupan protein yang cukup dari ASI berperan penting dalam tumbuh kembang si Kecil. Sebab, protein memiliki fungsi khas yang tidak dapat digantikan oleh zat gizi lain, seperti untuk pertumbuhan dan perkembangan, memelihara sel-sel dan jaringan tubuh, mengangkut zat gizi, dan sebagai sumber energi. Bunda bisa mendapatkan asupan protein dari susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan, serta hasil olahannya.

Kalsium
Salah satu mineral yang penting dikonsumsi Bunda menyusui adalah kalsium. Para ahli menyarankan kebutuhan kalsium Bunda menyusui mencapai 1200 mg per hari. Sebenarnya asupan kalsium yang rendah tidak memengaruhi kadar kalsium dalam ASI, tetapi dapat memengaruhi kepadatan tulang Bunda.
Bunda menyusui bisa mendapatkan manfaat kalsium dari beberapa jenis makanan, seperti susu, keju, yoghurt, ikan, kacang kedelai, brokoli, dan tahu.

Baca Juga:  Biaya Masuk SD Unggulan di Surabaya Tahun Ajaran Baru, Mulai dari 3 Jutaan

Zat Besi
Nutrisi lainnya yang tak kalah penting adalah zat besi. Mineral ini merupakan bahan utama pembentukan sel darah merah. Dengan mencukupi asupan zat besi harian, Bunda menyusui bisa terhindar dari risiko anemia. Asupan zat besi yang dianjurkan bagi Bunda menyusui sekitar 30-35 mg per hari. Beberapa sumber zat besi berkualitas di antaranya daging merah, makanan laut (seafood), sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Yodium
Tahukah Bunda bahwa gangguan kesehatan seperti kekurangan yodium sering kali dialami oleh Bunda menyusui dan anak-anak. Gangguan akibat kekurangan iodium (yodium), di antaranya penyakit gondok dan hipotiroid. Oleh karena itu, Bunda menyusui membutuhkan sekitar 200-250 mcg yodium per hari. Yodium secara alami terdapat pada rumput laut, udang, telur, ikan tuna, susu dan produk olahannya, serta garam beryodium.

Asam lemak omega 3
Asam lemak omega 3, termasuk DHA dan EPA merupakan salah satu nutrisi yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. Kandungan asam lemak omega 3 pada ASI dapat berkurang jika Bunda menyusui tidak mencukupi kebutuhan nutrisi ini setiap hari. Oleh karena itu, Bunda menyusui dianjurkan memenuhi asupan omega 3 sebanyak 1,5–2,5 gram dan DHA sebanyak 300-600 mg.
Asupan asam lemak omega 3 bisa diperoleh pada berbagai jenis minyak, seperti minyak ikan, minyak nabati, minyak kanola dan minyak biji rami. Selain itu, omega 3 juga dapat ditemukan pada beragam jenis ikan seperti ikan sarden, ikan salmon, ikan patin dan ikan tuna. Ada pula jenis makanan lain seperti udang, kerang dan bayam yang mengandung asam lemak omega 3.

Dalam menjaga kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil, penting bagi Bunda menyusui untuk memperhatikan asupan nutrisi harian. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Bunda juga perlu memperhatikan asupan vitamin untuk Bunda menyusui agar si Kecil mendapatkan nutrisi yang cukup melalui ASI. Dengan menjaga keseimbangan nutrisi dan asupan vitamin, Bunda dapat memberikan yang terbaik bagi kesehatan dan perkembangan si Kecil.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com