Bermain Bersama Keluarga

Bermain Bersama Keluarga

Bermain merupakan hal yang sangat menyenangkan. Saat bermain adalah juga saat belajar. Waktu dan perhatian dari Bunda dan Ayah atau orang dewasa di sekitarnya untuk bermain bersama si Kecil, memegang peran penting dalam tumbuh kembang si Kecil. Melalui berbagai permainan, si Kecil dapat melatih berbagai ketrampilan yang diperlukannya sejalan dengan pertambahan usianya.

Bermain Masak-Masakan

Bagi orang tua yang bekerja, mungkin sulit untuk meluangkan waktu bermain bersama si Kecil. Tetapi Bunda dan Ayah dapat menyiasatinya dengan cara melibatkan si Kecil untuk ikut serta dalam aktivitas yang Bunda dan Ayah lakukan ketika berada di rumah. Misalnya karena Bunda seharian bekerja di kantor, Bunda bisa mengajak si Kecil ‘bermain masak-masakan’ atau ‘bermain restoran’ ketika menyiapkan makan malam atau makan pagi. Bunda sebagai chef dan si Kecil sebagai asisten chef yang akan membantu Bunda mengeluarkan sayuran dari kulkas untuk Bunda masak, atau membantu menata alat makan di meja. ‘Bermain di dapur’ juga mengajari si Kecil tentang membantu orang lain dan belajar mandiri.

Bermain dengan Buku

Ayah juga bisa mengajak si Kecil bermain sambil membenahi buku-buku di meja kerja. Ajak si Kecil untuk melihat-lihat gambar yang ada di buku kerja Ayah, dan ceritakan apa yang ada di gambar tersebut. Ini akan membantu memupuk ketertarikan si Kecil pada buku dan membaca. Jika ada kertas kerja Ayah yang sudah tidak terpakai lagi, ajari si Kecil untuk membuat pesawat dari kertas dan terbangkanlah pesawat kertas itu. Atau jika ada gambar menarik dari majalah lama di meja kerja Ayah, jadikanlah gambar itu sebagai mainan ‘puzzle’ dan ajak si Kecil menyusunnya.

Menciptakan Waktu Bermain yang Menyenangkan

Tidak sulit bukan menciptakan waktu bermain yang menyenangkan bersama si Kecil di sela-sela waktu Bunda dan Ayah yang padat? Yang penting, Bunda dan Ayah harus sekreatif mungkin menyiasati jadwal yang padat supaya tetap bisa bermain bersama si Kecil. Dengan melibatkan si Kecil dalam aktivitas sehari-hari seperti memasak atau merapikan buku, Bunda dan Ayah tidak hanya bermain bersama si Kecil, tetapi juga membantu si Kecil untuk belajar mandiri, membantu orang lain, dan mengembangkan minat pada buku.

Baca Juga:  4 Cara Menyusui Bayi Pilek Supaya Tetap Nyaman

Manfaat Bermain Bersama Keluarga

Bermain bersama keluarga memiliki banyak manfaat bagi perkembangan dan tumbuh kembang si Kecil. Berikut ini adalah beberapa manfaat bermain bersama keluarga:

1. Meningkatkan hubungan emosional: Bermain bersama keluarga memperkuat ikatan emosional antara anggota keluarga. Dalam suasana bermain, Bunda, Ayah, dan si Kecil dapat saling berinteraksi, saling mengenal, dan saling merasakan kehadiran satu sama lain. Hal ini dapat membantu menciptakan hubungan yang lebih erat dan intim antara anggota keluarga.

2. Meningkatkan keterampilan sosial: Saat bermain bersama keluarga, si Kecil belajar berinteraksi dengan orang lain, belajar berbagi, belajar menghargai pendapat orang lain, dan belajar menyelesaikan konflik dengan baik. Ini semua merupakan keterampilan sosial yang sangat penting bagi perkembangan sosial si Kecil di masa depan.

3. Meningkatkan keterampilan motorik: Bermain bersama keluarga juga melibatkan aktivitas fisik yang dapat membantu mengembangkan keterampilan motorik si Kecil. Misalnya saat bermain bola, si Kecil akan belajar mengendalikan gerakan tubuhnya, mengembangkan keseimbangan, dan meningkatkan koordinasi mata dan tangan.

4. Meningkatkan kreativitas: Bermain bersama keluarga juga dapat merangsang kreativitas si Kecil. Saat bermain, si Kecil dapat menggunakan imajinasinya untuk menciptakan cerita, membangun bangunan dengan blok, atau menggambar dan mewarnai. Hal ini dapat membantu mengembangkan kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif si Kecil.

5. Meningkatkan kepercayaan diri: Melalui bermain bersama keluarga, si Kecil merasa diberi perhatian dan dihargai oleh Bunda dan Ayah. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri si Kecil dan memberinya keyakinan bahwa dia berharga dan mampu melakukan hal-hal dengan baik.

6. Meningkatkan kemampuan berpikir dan memecahkan masalah: Bermain bersama keluarga juga melibatkan pemecahan masalah. Saat bermain, si Kecil akan dihadapkan pada berbagai situasi yang membutuhkan pemikiran dan strategi untuk mencapai tujuan. Hal ini dapat membantu mengembangkan kemampuan berpikir dan memecahkan masalah si Kecil.

7. Meningkatkan kemampuan bahasa: Saat bermain bersama keluarga, si Kecil akan banyak berkomunikasi dengan Bunda, Ayah, dan anggota keluarga lainnya. Hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa si Kecil, baik dalam hal berbicara, mendengarkan, maupun memahami.

Baca Juga:  4 Inspirasi Hadiah untuk Sang Ibu

Dalam bermain bersama keluarga, tentunya yang terpenting bukanlah seberapa sering atau seberapa lama waktu yang dihabiskan, melainkan kualitas interaksi dan kehadiran secara emosional. Sebisa mungkin, luangkan waktu berkualitas bersama si Kecil dan berikan perhatian penuh saat bermain bersama. Jadikan momen bermain bersama keluarga sebagai waktu yang berharga dan spesial bagi semua anggota keluarga.

Pantau Tumbuh Kembang Lewat Posyandu Online

Selain bermain bersama keluarga, penting juga bagi Bunda dan Ayah untuk memantau tumbuh kembang si Kecil secara teratur. Salah satu cara untuk melakukannya adalah melalui Posyandu Online. Posyandu Online merupakan program yang diselenggarakan oleh pemerintah atau lembaga kesehatan untuk memantau tumbuh kembang anak melalui konsultasi online dengan tenaga medis.

Dalam Posyandu Online, Bunda dan Ayah dapat berkonsultasi dengan ahli gizi atau petugas kesehatan lainnya mengenai pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Mereka dapat memberikan informasi dan saran yang tepat mengenai pola makan, nutrisi, dan kesehatan si Kecil. Selain itu, Bunda dan Ayah juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan seperti penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, dan pemeriksaan lainnya melalui aplikasi atau platform yang disediakan.

Melalui Posyandu Online, Bunda dan Ayah dapat memantau tumbuh kembang si Kecil dengan lebih mudah dan praktis, tanpa harus pergi ke pusat kesehatan atau dokter secara langsung. Ini sangat bermanfaat terutama dalam situasi pandemi seperti saat ini, di mana perlu menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Selain memantau tumbuh kembang melalui Posyandu Online, Bunda dan Ayah juga dapat memanfaatkan layanan konsultasi gratis dengan ahli gizi. Konsultasi ini dapat membantu Bunda dan Ayah dalam memberikan nutrisi yang tepat untuk si Kecil, serta menjawab berbagai pertanyaan atau kekhawatiran yang berkaitan dengan pola makan dan gizi si Kecil.

Dalam konsultasi dengan ahli gizi, Bunda dan Ayah dapat mendapatkan informasi mengenai makanan yang sehat dan bergizi untuk si Kecil, porsi makan yang tepat, serta cara mengatasi masalah makan yang sering dialami oleh anak-anak seperti pilih-pilih makanan atau sulit makan sayuran. Ahli gizi juga dapat memberikan saran mengenai makanan tambahan atau suplemen yang bisa diberikan kepada si Kecil untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Baca Juga:  Bolehkah Ibu Hamil Menyusui? Inilah Penjelasannya

Konsultasi dengan ahli gizi dapat dilakukan secara online melalui aplikasi atau platform yang disediakan. Bunda dan Ayah dapat mengajukan pertanyaan atau mengungkapkan kekhawatiran mengenai pola makan dan gizi si Kecil, dan ahli gizi akan memberikan jawaban dan saran yang sesuai.

Dapatkan Info Parenting dan Hadiah Spesial dari Bunda&Balita

Selain memanfaatkan layanan konsultasi gratis dengan ahli gizi, Bunda dan Ayah juga dapat mendapatkan informasi parenting yang bermanfaat dan hadiah spesial dari Bunda&Balita. Bunda&Balita adalah platform yang menyediakan berbagai informasi dan saran mengenai parenting, perkembangan anak, kesehatan keluarga, dan masih banyak lagi.

Dengan bergabung di Bunda&Balita, Bunda dan Ayah akan mendapatkan akses ke artikel-artikel informatif dan inspiratif tentang parenting dan tumbuh kembang anak. Mereka juga akan mendapatkan update terbaru mengenai promo, diskon, dan hadiah spesial dari Bunda&Balita serta mitra-mitra Bunda&Balita.

Selengkapnya

Jadi, tidak hanya bermain bersama keluarga, Bunda dan Ayah juga dapat memantau tumbuh kembang si Kecil melalui Posyandu Online, berkonsultasi dengan ahli gizi, dan mendapatkan informasi dan hadiah spesial dari Bunda&Balita. Semua ini bertujuan untuk memberikan dukungan dan informasi yang dibutuhkan oleh Bunda dan Ayah dalam mengasuh dan merawat si Kecil.

Dalam merawat si Kecil, peran Bunda dan Ayah sangatlah penting. Dengan memberikan waktu dan perhatian yang cukup, serta memanfaatkan layanan dan informasi yang tersedia, Bunda dan Ayah dapat memberikan yang terbaik bagi tumbuh kembang si Kecil. Bermain bersama keluarga, memantau tumbuh kembang melalui Posyandu Online, berkonsultasi dengan ahli gizi, dan mendapatkan informasi dari Bunda&Balita adalah langkah-langkah yang dapat membantu Bunda dan Ayah dalam menjalankan peran mereka sebagai orang tua.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com