5 Cara Ini Bisa Bantu Kembangkan Hobi Si Kecil, Lho!

5 Cara Ini Bisa Bantu Kembangkan Hobi Si Kecil, Lho!

Si Kecil yang sedang berkembang tentu akan mulai bisa menentukan aktivitas mana yang ia sukai dan tidak. Hal inilah yang kemudian akan membuat ibu dapat menentukan kira-kira apakah hobi si Kecil. Setelah itu, ibu dapat membantu memberikan berbagai pembelajaran agar dapat mengembangkan hobi si Kecil. Hal ini dapat bermanfaat bahkan bisa jadi akan menjadi skill tertentu dan pekerjaan si Kecil di masa depan, lho. Berikut ini 5 cara yang bisa Bunda coba untuk membantu mengembangkan hobi si Kecil. Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Ketahui terlebih dahulu tentang hobi si Kecil

Sebelum Bunda membantu Si Kecil, tentunya harus diketahui dengan jelas terlebih dahulu mengenai hobinya. Cara termudah adalah dengan menanyakan langsung pada si Kecil. Biasanya si Kecil yang telah menemukan hobinya akan menjawab dengan semangat ketika Bunda bertanya aktivitas apa yang menjadi kesukaannya.

Apabila si Kecil masih bingung dan tidak menjawab dengan yakin, Bunda bisa mencoba cara lain. Amati keseharian si Kecil dengan seksama. Berikan ia berbagai pilihan dan lihat respon yang diberikan. Misalnya, ibu meminta si Kecil memilih membaca buku atau bermain musik. Keesokan harinya, coba tawarkan si Kecil untuk berenang atau bermain musik. Jika si Kecil selalu memilih bermain musik, bisa jadi hal tersebut adalah hobi baginya.

Berikan fasilitas yang mendukung

Setelah Bunda mengetahui mengenai hobi si Kecil, Bunda dapat mulai membantu mengembangkan hobi tersebut. Caranya adalah dengan memberikan fasilitas yang mendukung. Misalnya, hobi si Kecil adalah bermain gitar. Bunda bisa membelikan si Kecil gitar khusus anak. Selain itu, Bunda juga bisa memberikan les bermain gitar pada si Kecil sehingga ia bisa menjalankan hobinya dengan lebih terarah.

Baca Juga:  Serunya Analisa Sidik Jari Frisian Flag!

Berikan tambahan referensi yang sesuai

Selain memberikan fasilitas, Bunda juga bisa membantu mengembangkan hobi si Kecil dengan memberinya berbagai referensi baru. Referensi dapat berupa bacaan dan tontonan yang sesuai dengan hobi si Kecil. Selain itu, Bunda juga bisa mengajak si Kecil mengunjungi berbagai tempat baru yang sesuai dengan hobinya. Hal ini akan merangsang si Kecil untuk semakin bersemangat menjalani hobinya. Dengan begitu ia akan tumbuh menjadi lebih kreatif dan pintar.

Selalu beri semangat pada si Kecil

Hal lain yang dibutuhkan si Kecil agar hobinya dapat berkembang dengan baik adalah dukungan dari orang-orang terdekat termasuk Bunda. Meski hobi yang dimiliki si Kecil cukup langka dan tidak umum, Bunda diharapkan dapat memahami bahwa masing-masing anak memang berbeda.

Misalnya, si Kecil sangat menyukai bermain game. Barangkali bagi Bunda bermain game adalah hal yang buruk. Akan tetapi cobalah pahami hobi si Kecil tersebut. Arahkan agar hobi tersebut memberi efek positif bagi dirinya. Bunda dapat memberikan berbagai game khusus untuk meningkatkan logika dan daya hitungnya. Selalu beri semangat pada si Kecil sehingga ia mampu dan berani mengembangkan hobinya, ya.

Kenalkan si Kecil pada hobi Bunda

Bunda melihat tanda-tanda bahwa si Kecil belum memiliki hobi yang permanen? Coba tunjukkan pada si Kecil bahwa Bunda juga memiliki hobi. Biasanya, anak akan mirip seperti orang tuanya, jadi tidak ada salahnya bila Bunda mengajak anak menyukai hal yang sama. Semisal Bunda suka merawat tanaman. Ajak si Kecil melakukan hobi tersebut setiap hari.

Apabila si Kecil tertarik dan juga menyukai merawat tanaman, tentu ia akan dengan semangat ikut berkegiatan bersama Bunda. Memiliki hobi yang sama tentu akan sangat menyenangkan. Bunda dan si Kecil dapat melakukan aktivitas yang sama berdua dengan sering. Bunda pun dapat dengan lebih mudah mentransfer ilmu dan pengetahuan tentang hobi yang dijalani pada si Kecil. Nilai tambahannya adalah, si Kecil akan memiliki kedekatan yang lebih terhadap Bunda karena memiliki hobi yang sama.

Baca Juga:  9 Coworking Space di Jabodetabek yang Bikin Kerja Semakin Nyaman

Itulah 5 cara yang bisa Bunda coba untuk mengembangkan hobi si Kecil. Jika si Kecil belum menunjukkan ketertarikan lebih terhadap suatu hal pada usia 1-3 tahun, Bunda tidak perlu khawatir. Barangkali si Kecil memang belum memutuskan manakah hal yang paling disukainya sehingga menjadi hobi. Terlalu memaksakan si Kecil agar memiliki hobi yang spesifik juga tidak akan baik untuk perkembangan emosinya.

Bunda cukup memberikan berbagai kegiatan yang beragam sehingga si Kecil mendapat banyak referensi aktivitas. Sebaiknya, aktivitas yang diajarkan dapat merangsang perkembangan otak dan mental si Kecil sehingga ia menjadi lebih pintar dalam banyak hal. Ajarkan berulang-ulang setiap hari. Seiring berjalannya waktu, si Kecil akan bisa memilih sendiri mana yang akan dijadikan hobi. Tetap semangat untuk selalu mendampingi si Kecil, ya!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com