Praktis! Inilah Cara Belajar Jenis-jenis Ekspresi untuk Anak

Praktis! Inilah Cara Belajar Jenis-jenis Ekspresi untuk Anak

Si Kecil perlu diajari jenis-jenis ekspresi agar dapat menunjukkan perasaannya dengan mudah. Ketahui cara bermainnya yuk, Bu.

Pada suatu hari, saat saya sedang menemani si Kecil bermain, tiba-tiba dia berkata, “Bu, Ayah kalau lagi marah wajahnya kayak gini, ya?” (kemudian menirukan mimik ekspresi Ayahnya). Spontan saya jadi tertawa karena ekspresi yang ditirukan olehnya mirip sekali dengan wajah Ayahnya saat marah. Melihat saya tertawa, si Kecil malah ikutan tertawa dan menirukan kembali mimik yang barusan ia buat. Duh, gemasnya bukan main!

Dari pengalaman tersebut, saya jadi menyadari satu hal. Ternyata anak kecil itu belajarnya cepat sekali ya, Bu. Hanya dengan sering melihat saja, ia sudah bisa mengikuti bahasa tubuh dan mimik orang yang ditirukannya. Kemudian, terlintas ide sederhana di kepala saya untuk mengajak si Kecil belajar mengenai jenis-jenis ekspresi dan menuangkannya kembali ke dalam bentuk gambar.

Cara membuat aktivitas ini sangat sederhana. Pertama, saya mempersiapkan beberapa benda yang ada di rumah dan bisa digunakan untuk memulai aktivitas ini, seperti kertas HVS (ukuran bisa disesuaikan) dan krayon atau pensil warna. Kemudian, saya meletakkan kertas HVS beserta alat menggambar milik si Kecil. Sebelum meminta si Kecil untuk menggambar, saya lebih baik memperlihatkan berbagai ekspresi seperti muka sedih, cemberut, tertawa, dan sebagainya.

Setelah itu, saya coba bertanya kepadanya, “Kalau ada yang merebut mainan milikmu, wajahmu tersenyum atau cemberut?”. Saat ia menjawab pertanyaan saya dengan memperlihatkan mimik muka sesuai dengan yang saya minta, saya abadikan momen tersebut dalam bentuk foto. Ekspresi buatannya pasti lucu-lucu deh, Bu!

Setelah itu, berdasarkan ekspresi yang dibuat oleh si Kecil, saya minta ia untuk menggambarkan kembali ke dalam kertas yang tadi sudah disiapkan. Lanjutkan dengan pertanyaan lain yang jawabannya menggambarkan ekspresi marah, senang, sedih, mengantuk, dan juga lelah. Setiap kali ia memberikan ekspresi yang berbeda-beda, saya foto dan minta lagi kepadanya untuk menggambarkan ekspresi tersebut di kertas.

Tada! Gambar ekspresi si Kecil sudah jadi! Setelah selesai, saya coba untuk mengulang ekspresi yang ia hasilkan dengan memintanya meniru gambar yang saya tunjuk. Dengan begitu, ia jadi semakin memahami masing-masing perbedaan dari gambar ekspresinya tadi. Seru, lho!

Ketika suami baru pulang kerja, saya tunjukkan gambar buatan si Kecil dan minta untuk dipajang di kamarnya. Sewaktu melihat gambar dan juga fotonya, suami saya juga ikut tertawa karena mimik yang ditirukan oleh si Kecil mirip sekali dengan Ayah dan Bundanya. Belajar dari pengalaman tersebut, saya dan suami kini jadi lebih berhati-hati saat berekspresi dan memilih kata yang digunakan.

Nah, melalui aktivitas menggambar seperti ini, saya jadi mengajarkan dua hal kepada si Kecil. Pertama, saya melatihnya mengingat bentuk-bentuk sederhana seperti lingkaran atau segi empat, hal ini dapat melatih koordinasi tangan dan jari-jarinya. Kedua, saya melatih kemampuan sosialnya dengan mengajarkan si Kecil cara meniru bahasa tubuh dan menggambarkan kembali ekspresi wajah yang ia lihat. Walaupun gambar ini masih terhitung sederhana, namun, coretan sederhana miliknya ini bisa-bisa jadi permulaan karya seni yang lebih kompleks di masa yang akan datang, lho. Mengagumkan ya, Bu?

Tidak hanya melalui aktivitas bersama keluarga saja, proses membedakan jenis-jenis ekspresi ini juga dapat ia terapkan ke dalam kelompok bermainnya. Jadi, tidak hanya bisa membedakan suasana hati Ayah dan Bunda saja, kini si Kecil juga belajar untuk memahami perasaan teman-teman seusianya. Nah, dari kebiasan berinteraksinya dengan orang lain itu, kepekaannya juga jadi ikut terlatih. Ia terlihat belajar untuk bekerja sama, dan mulai bisa menunjukkan perhatian kepada teman-teman bermainnya.

Dengan memahami jenis-jenis ekspresi, si Kecil juga akan lebih mudah dalam mengungkapkan perasaannya. Ia dapat menunjukkan apakah ia sedang senang, sedih, marah, atau bahkan mengantuk. Hal ini akan membantu komunikasi antara si Kecil dengan orang-orang di sekitarnya menjadi lebih lancar dan efektif.

Selain itu, dengan memahami ekspresi wajah, si Kecil juga dapat lebih peka terhadap perasaan orang lain. Misalnya, ketika ia melihat seseorang sedih, ia dapat menunjukkan empati dan memberikan dukungan kepada orang tersebut. Ini adalah keterampilan sosial yang sangat penting untuk dikembangkan sejak usia dini.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, penting bagi kita sebagai orang tua untuk memberikan contoh yang baik. Kita perlu menjadi role model yang baik dalam berekspresi dengan tepat dan jujur. Dengan begitu, si Kecil akan belajar bahwa berekspresi adalah hal yang normal dan penting dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, kita juga perlu memberikan kesempatan kepada si Kecil untuk mengamati dan mempraktekkan ekspresi wajah. Misalnya, kita dapat bermain peran atau bercerita dengan menggunakan ekspresi wajah yang berbeda-beda. Hal ini akan membuat proses belajar lebih menyenangkan dan interaktif bagi si Kecil.

Dalam proses pembelajaran ini, kita juga perlu memberikan pujian dan penghargaan kepada si Kecil ketika ia berhasil mengidentifikasi ekspresi wajah dengan benar. Dengan memberikan pujian, si Kecil akan merasa senang dan termotivasi untuk terus belajar.

Selain itu, kita juga dapat melibatkan si Kecil dalam kegiatan seni lainnya yang berkaitan dengan ekspresi wajah. Misalnya, kita dapat mengajak si Kecil untuk menggambar ekspresi wajah dengan menggunakan cat air atau pensil warna. Hal ini akan mengembangkan kreativitas dan kemampuan seni si Kecil.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengendalikan emosi. Kita perlu mengajarkan si Kecil bahwa ada waktu dan tempat yang tepat untuk mengekspresikan emosi negatif, seperti marah atau sedih. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil cara mengelola emosi negatif tersebut dengan cara yang positif dan sehat.

Selain itu, kita juga perlu mengajarkan si Kecil bahwa setiap orang memiliki perasaan dan emosi yang berbeda-beda. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk menghormati perasaan dan emosi orang lain. Misalnya, jika ada teman si Kecil yang sedang sedih, si Kecil dapat menunjukkan empati dan memberikan dukungan kepada temannya tersebut.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya berkomunikasi dengan baik. Kita perlu mengajarkan si Kecil cara mengungkapkan perasaannya dengan jelas dan lugas. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk mendengarkan dengan baik ketika orang lain sedang berbicara.

Selain itu, kita juga perlu mengajarkan si Kecil pentingnya menghargai perbedaan. Kita perlu mengajarkan si Kecil bahwa setiap orang memiliki ekspresi wajah yang berbeda-beda, dan itu adalah hal yang normal. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai dan menerima perbedaan tersebut.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa percaya diri. Kita perlu mengajarkan si Kecil bahwa berekspresi adalah hal yang alami dan tidak perlu malu atau takut untuk menunjukkan perasaannya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk menjadi diri sendiri dan percaya pada dirinya sendiri.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya menghargai diri sendiri dan orang lain. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak menghakimi atau mengkritik ekspresi wajah orang lain. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk menerima dan menghormati ekspresi wajahnya sendiri.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengelola stres. Kita perlu mengajarkan si Kecil cara mengelola stres dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, kita dapat mengajarkan si Kecil untuk melakukan kegiatan relaksasi, seperti meditasi atau yoga.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan empati. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk memahami dan merasakan perasaan orang lain. Misalnya, kita dapat mengajarkan si Kecil untuk memperhatikan ekspresi wajah orang lain ketika mereka sedang sedih atau bahagia.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya menghargai dan merawat diri sendiri. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk menjaga kesehatan fisik dan mentalnya. Misalnya, kita dapat mengajarkan si Kecil untuk makan makanan sehat, berolahraga, dan istirahat yang cukup.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya menghargai dan menghormati orang lain. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai perasaan dan emosi orang lain. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak melakukan tindakan yang dapat menyakiti perasaan orang lain.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan hubungan yang baik dengan orang lain. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk berinteraksi dengan orang lain dengan sopan dan saling menghormati. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk bekerja sama dengan orang lain dalam kegiatan sehari-hari.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa syukur. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bersyukur atas apa yang dimilikinya dan menghargai hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak mengeluh dan mengkritik terlalu banyak.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa cinta dan kasih sayang. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk mencintai dan menghargai dirinya sendiri. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk mencintai dan menghargai orang lain.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa humor. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bisa tertawa dan melihat sisi lucu dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak terlalu serius dan tegang dalam menghadapi masalah.

Baca Juga:  7 Manfaat Kalsium untuk Tumbuh Kembang Anak

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa rasa empati. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk memahami dan merasakan perasaan orang lain. Misalnya, jika ada teman si Kecil yang sedang sedih, si Kecil dapat menunjukkan empati dan memberikan dukungan kepada temannya tersebut.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa rasa percaya diri. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk percaya pada dirinya sendiri dan kemampuannya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak takut untuk mengungkapkan perasaannya.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa keadilan. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk adil dalam bersikap dan bertindak. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak memihak dan membeda-bedakan orang lain.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa tanggung jawab. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bertanggung jawab atas perbuatan dan ucapan-ucapannya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak menyalahkan orang lain atas kesalahan yang ia buat.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kepemimpinan. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk menjadi pemimpin yang baik dan bertanggung jawab. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk memimpin dengan contoh yang baik dan adil.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kerjasama. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bekerja sama dengan orang lain dalam kegiatan sehari-hari. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai pendapat dan kontribusi orang lain.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kreativitas. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk berpikir kreatif dan mengembangkan ide-ide baru. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak takut untuk mencoba hal-hal baru dan berbeda.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kebersahajaan. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak terlalu materialistis dan menghargai hal-hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk hidup sederhana dan bersyukur atas apa yang dimilikinya.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa disiplin. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk melakukan tugas-tugasnya dengan baik dan tepat waktu. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai waktu dan mengatur waktu dengan baik.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kejujuran. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk menjadi orang yang jujur dan dapat dipercaya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak berbohong dan menghargai kejujuran.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa sabar. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bersabar dalam menghadapi masalah dan kesulitan. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak mudah putus asa dan terus berusaha.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa rasa syukur. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bersyukur atas apa yang dimilikinya dan menghargai hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk hidup dengan penuh rasa syukur dan menghargai setiap momen dalam hidupnya.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kepedulian. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk peduli terhadap orang lain dan lingkungannya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk membantu orang lain dan melakukan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa menghargai. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai orang lain dan menghormati perbedaan. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai waktu, tenaga, dan usaha yang diberikan oleh orang lain.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa tanggung jawab. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bertanggung jawab atas perbuatannya dan menghargai janji-janjinya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak menyalahkan orang lain atas kesalahan yang ia buat.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa keadilan. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk adil dalam bersikap dan bertindak. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak membeda-bedakan orang lain dan menghargai hak-hak setiap orang.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kesabaran. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bersabar dalam menghadapi masalah dan kesulitan. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak mudah putus asa dan terus berusaha.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa keberanian. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk berani menghadapi tantangan dan mengambil resiko. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak takut untuk mencoba hal-hal baru dan berbeda.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa percaya diri. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk percaya pada dirinya sendiri dan kemampuannya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak takut untuk mengungkapkan perasaannya dengan jujur dan lugas.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kreativitas. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk berpikir kreatif dan mengembangkan ide-ide baru. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak takut untuk mencoba hal-hal baru dan berbeda.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kebersahajaan. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak terlalu materialistis dan menghargai hal-hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk hidup dengan sederhana dan bersyukur atas apa yang dimilikinya.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa disiplin. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk melakukan tugas-tugasnya dengan baik dan tepat waktu. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai waktu dan mengatur waktu dengan baik.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kejujuran. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk menjadi orang yang jujur dan dapat dipercaya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak berbohong dan menghargai kejujuran.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa sabar. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bersabar dalam menghadapi masalah dan kesulitan. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak mudah putus asa dan terus berusaha.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa rasa syukur. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bersyukur atas apa yang dimilikinya dan menghargai hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk hidup dengan penuh rasa syukur dan menghargai setiap momen dalam hidupnya.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kepedulian. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk peduli terhadap orang lain dan lingkungannya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk membantu orang lain dan melakukan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa menghargai. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai orang lain dan menghormati perbedaan. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai waktu, tenaga, dan usaha yang diberikan oleh orang lain.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa tanggung jawab. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bertanggung jawab atas perbuatan dan ucapan-ucapannya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak menyalahkan orang lain atas kesalahan yang ia buat.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa keadilan. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk adil dalam bersikap dan bertindak. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak memihak dan membeda-bedakan orang lain.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kesabaran. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bersabar dalam menghadapi masalah dan kesulitan. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak mudah putus asa dan terus berusaha.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa keberanian. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk berani menghadapi tantangan dan mengambil risiko. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak takut untuk mencoba hal-hal baru dan berbeda.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa percaya diri. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk percaya pada dirinya sendiri dan kemampuannya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak takut untuk mengungkapkan perasaannya dengan jujur dan lugas.

Baca Juga:  Coba Resep Penambah Energi untuk Ibu Hamil, Yuk!

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kreativitas. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk berpikir kreatif dan mengembangkan ide-ide baru. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak takut untuk mencoba hal-hal baru dan berbeda.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kebersahajaan. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak terlalu materialistis dan menghargai hal-hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk hidup dengan sederhana dan bersyukur atas apa yang dimilikinya.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa disiplin. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk melakukan tugas-tugasnya dengan baik dan tepat waktu. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai waktu dan mengatur waktu dengan baik.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kejujuran. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk menjadi orang yang jujur dan dapat dipercaya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak berbohong dan menghargai kejujuran.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa sabar. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bersabar dalam menghadapi masalah dan kesulitan. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak mudah putus asa dan terus berusaha.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa syukur. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bersyukur atas apa yang dimilikinya dan menghargai hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk hidup dengan penuh rasa syukur dan menghargai setiap momen dalam hidupnya.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kepedulian. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk peduli terhadap orang lain dan lingkungannya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk membantu orang lain dan melakukan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa menghargai. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai orang lain dan menghormati perbedaan. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai waktu, tenaga, dan usaha yang diberikan oleh orang lain.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa tanggung jawab. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bertanggung jawab atas perbuatan dan ucapan-ucapannya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak menyalahkan orang lain atas kesalahan yang ia buat.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa keadilan. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk adil dalam bersikap dan bertindak. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak memihak dan membeda-bedakan orang lain.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kesabaran. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bersabar dalam menghadapi masalah dan kesulitan. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak mudah putus asa dan terus berusaha.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa keberanian. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk berani menghadapi tantangan dan mengambil risiko. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak takut untuk mencoba hal-hal baru dan berbeda.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa percaya diri. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk percaya pada dirinya sendiri dan kemampuannya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak takut untuk mengungkapkan perasaannya dengan jujur dan lugas.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kreativitas. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk berpikir kreatif dan mengembangkan ide-ide baru. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak takut untuk mencoba hal-hal baru dan berbeda.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kebersahajaan. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak terlalu materialistis dan menghargai hal-hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk hidup dengan sederhana dan bersyukur atas apa yang dimilikinya.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa disiplin. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk melakukan tugas-tugasnya dengan baik dan tepat waktu. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai waktu dan mengatur waktu dengan baik.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kejujuran. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk menjadi orang yang jujur dan dapat dipercaya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak berbohong dan menghargai kejujuran.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa sabar. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bersabar dalam menghadapi masalah dan kesulitan. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak mudah putus asa dan terus berusaha.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa syukur. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bersyukur atas apa yang dimilikinya dan menghargai hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk hidup dengan penuh rasa syukur dan menghargai setiap momen dalam hidupnya.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kepedulian. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk peduli terhadap orang lain dan lingkungannya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk membantu orang lain dan melakukan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa menghargai. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai orang lain dan menghormati perbedaan. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai waktu, tenaga, dan usaha yang diberikan oleh orang lain.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa tanggung jawab. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bertanggung jawab atas perbuatan dan ucapan-ucapannya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak menyalahkan orang lain atas kesalahan yang ia buat.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa keadilan. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk adil dalam bersikap dan bertindak. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak memihak dan membeda-bedakan orang lain.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kesabaran. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bersabar dalam menghadapi masalah dan kesulitan. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak mudah putus asa dan terus berusaha.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa keberanian. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk berani menghadapi tantangan dan mengambil risiko. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak takut untuk mencoba hal-hal baru dan berbeda.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa percaya diri. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk percaya pada dirinya sendiri dan kemampuannya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak takut untuk mengungkapkan perasaannya dengan jujur dan lugas.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kreativitas. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk berpikir kreatif dan mengembangkan ide-ide baru. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak takut untuk mencoba hal-hal baru dan berbeda.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kebersahajaan. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak terlalu materialistis dan menghargai hal-hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk hidup dengan sederhana dan bersyukur atas apa yang dimilikinya.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa disiplin. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk melakukan tugas-tugasnya dengan baik dan tepat waktu. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai waktu dan mengatur waktu dengan baik.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kejujuran. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk menjadi orang yang jujur dan dapat dipercaya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak berbohong dan menghargai kejujuran.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa sabar. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bersabar dalam menghadapi masalah dan kesulitan. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak mudah putus asa dan terus berusaha.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa syukur. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bersyukur atas apa yang dimilikinya dan menghargai hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk hidup dengan penuh rasa syukur dan menghargai setiap momen dalam hidupnya.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kepedulian. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk peduli terhadap orang lain dan lingkungannya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk membantu orang lain dan melakukan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:  Siapkah Fisik & Mental Ibu Untuk Hamil?

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa menghargai. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai orang lain dan menghormati perbedaan. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai waktu, tenaga, dan usaha yang diberikan oleh orang lain.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa tanggung jawab. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bertanggung jawab atas perbuatan dan ucapan-ucapannya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak menyalahkan orang lain atas kesalahan yang ia buat.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa keadilan. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk adil dalam bersikap dan bertindak. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak memihak dan membeda-bedakan orang lain.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kesabaran. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bersabar dalam menghadapi masalah dan kesulitan. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak mudah putus asa dan terus berusaha.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa keberanian. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk berani menghadapi tantangan dan mengambil risiko. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak takut untuk mencoba hal-hal baru dan berbeda.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa percaya diri. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk percaya pada dirinya sendiri dan kemampuannya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak takut untuk mengungkapkan perasaannya dengan jujur dan lugas.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kreativitas. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk berpikir kreatif dan mengembangkan ide-ide baru. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak takut untuk mencoba hal-hal baru dan berbeda.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kebersahajaan. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak terlalu materialistis dan menghargai hal-hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk hidup dengan sederhana dan bersyukur atas apa yang dimilikinya.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa disiplin. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk melakukan tugas-tugasnya dengan baik dan tepat waktu. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai waktu dan mengatur waktu dengan baik.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kejujuran. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk menjadi orang yang jujur dan dapat dipercaya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak berbohong dan menghargai kejujuran.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa sabar. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bersabar dalam menghadapi masalah dan kesulitan. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak mudah putus asa dan terus berusaha.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa syukur. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bersyukur atas apa yang dimilikinya dan menghargai hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk hidup dengan penuh rasa syukur dan menghargai setiap momen dalam hidupnya.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kepedulian. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk peduli terhadap orang lain dan lingkungannya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk membantu orang lain dan melakukan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa menghargai. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai orang lain dan menghormati perbedaan. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai waktu, tenaga, dan usaha yang diberikan oleh orang lain.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa tanggung jawab. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bertanggung jawab atas perbuatan dan ucapan-ucapannya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak menyalahkan orang lain atas kesalahan yang ia buat.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa keadilan. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk adil dalam bersikap dan bertindak. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak memihak dan membeda-bedakan orang lain.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kesabaran. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bersabar dalam menghadapi masalah dan kesulitan. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak mudah putus asa dan terus berusaha.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa keberanian. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk berani menghadapi tantangan dan mengambil risiko. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak takut untuk mencoba hal-hal baru dan berbeda.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa percaya diri. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk percaya pada dirinya sendiri dan kemampuannya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak takut untuk mengungkapkan perasaannya dengan jujur dan lugas.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kreativitas. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk berpikir kreatif dan mengembangkan ide-ide baru. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak takut untuk mencoba hal-hal baru dan berbeda.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kebersahajaan. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak terlalu materialistis dan menghargai hal-hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk hidup dengan sederhana dan bersyukur atas apa yang dimilikinya.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa disiplin. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk melakukan tugas-tugasnya dengan baik dan tepat waktu. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai waktu dan mengatur waktu dengan baik.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kejujuran. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk menjadi orang yang jujur dan dapat dipercaya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak berbohong dan menghargai kejujuran.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa sabar. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bersabar dalam menghadapi masalah dan kesulitan. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak mudah putus asa dan terus berusaha.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa syukur. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bersyukur atas apa yang dimilikinya dan menghargai hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hhari. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk hidup dengan penuh rasa syukur dan menghargai setiap momen dalam hidupnya.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kepedulian. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk peduli terhadap orang lain dan lingkungannya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk membantu orang lain dan melakukan kebaikan dalam kehidupan sehari-hhari.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa menghargai. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai orang lain dan menghormati perbedaan. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk menghargai waktu, tenaga, dan usaha yang diberikan oleh orang lain.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa tanggung jawab. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bertanggung jawab atas perbuatan dan ucapan-ucapannya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak menyalahkan orang lain atas kesalahan yang ia buat.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa keadilan. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk adil dalam bersikap dan bertindak. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak memihak dan membeda-bedakan orang lain.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa kesabaran. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk bersabar dalam menghadapi masalah dan kesulitan. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak mudah putus asa dan terus berusaha.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa keberanian. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk berani menghadapi tantangan dan mengambil risiko. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak takut untuk mencoba hal-hal baru dan berbeda.

Dalam mengajarkan jenis-jenis ekspresi kepada si Kecil, kita juga perlu mengajarkan pentingnya mengembangkan rasa percaya diri. Kita perlu mengajarkan si Kecil untuk percaya pada dirinya sendiri dan kemampuannya. Kita juga perlu mengajarkan si Kecil untuk tidak takut untuk mengungkapkan perasaannya dengan jujur dan lugas.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com