[8 Kiat] Menjaga Kesehatan Si Kecil di Era New Normal

[Heading 2: Memakai Masker Saat Bepergian]

Di era new normal ini, salah satu langkah yang sangat penting untuk menjaga kesehatan si Kecil adalah dengan memakai masker saat bepergian. Masker merupakan bentuk perlindungan diri yang efektif untuk menangkal masuknya mikroorganisme dari luar, termasuk virus dan bakteri penyebab penyakit.

Penting bagi Bunda untuk memilih masker yang tepat untuk si Kecil. Pastikan masker tersebut pas di kepala si Kecil dan tidak membuatnya sulit bernapas. Masker medis sebaiknya digunakan hanya sekali pakai, sedangkan masker kain bisa dicuci untuk digunakan kembali. Dengan memakai masker, risiko tertular penyakit dapat dikurangi secara signifikan.

[Heading 2: Hidangkan Makanan Bernutrisi Setiap Hari]

Kesehatan si Kecil juga sangat bergantung pada asupan makanannya. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk menyajikan makanan bernutrisi setiap hari. Makanan bernutrisi adalah makanan yang mengandung gizi penting seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

Protein diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan otot si Kecil. Sumber protein yang baik untuk anak-anak antara lain daging, ikan, telur, dan produk susu. Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh, dan dapat ditemukan dalam nasi, roti, dan pasta. Lemak juga penting untuk perkembangan otak si Kecil, dan dapat ditemukan dalam minyak ikan, alpukat, dan kacang-kacangan.

Selain itu, pastikan si Kecil mendapatkan cukup vitamin dan mineral melalui konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Susu juga merupakan sumber kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat.

[Heading 2: Tambahkan Suplemen]

Selain makanan, si Kecil juga membutuhkan tambahan suplemen untuk memperkuat sistem imunnya. Vitamin C dan zinc adalah dua jenis suplemen yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Kedua nutrisi ini dapat ditemukan dalam buah dan sayuran, namun jika diperlukan, Bunda bisa memberikan suplemen dalam bentuk tablet atau sirup.

Baca Juga:  MD Review Head to Head: Menstrual Cup Organicup VS Perfecup

Sebelum memberikan suplemen kepada si Kecil, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dokter akan memberikan rekomendasi dosis yang tepat sesuai dengan kebutuhan si Kecil. Penting untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan suplemen dan tidak memberikan dosis yang lebih tinggi dari yang dianjurkan.

[Heading 2: Melakukan Kegiatan Fisik atau Berolahraga]

Selain menjaga pola makan yang sehat, penting juga bagi si Kecil untuk melakukan kegiatan fisik atau berolahraga secara rutin. Berolahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat otot dan tulang, serta mengurangi risiko obesitas.

Bunda tidak perlu mengajak si Kecil keluar rumah untuk berolahraga. Berolahraga di dalam rumah juga bisa dilakukan dengan senam sehat, yoga, atau bermain lompat tali. Pastikan si Kecil berolahraga setidaknya tiga kali dalam seminggu selama 15-30 menit.

[Heading 2: Biasakan Hidup Bersih dan Sehat]

Mengajarkan si Kecil untuk hidup bersih dan sehat adalah langkah penting dalam menjaga kesehatannya. Mulailah dengan mengajarkan kebiasaan mencuci tangan secara rutin menggunakan sabun dan air mengalir. Cuci tangan sebelum makan, setelah makan, setelah buang air, setelah berpergian, dan setelah menyentuh benda di tempat umum.

Memastikan kebersihan rumah juga penting untuk mencegah penyebaran kuman dan virus. Selalu membersihkan permukaan yang sering disentuh, seperti meja, gagang pintu, dan remote TV. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan diri si Kecil dengan mengajarkan kebiasaan mandi dan mengganti pakaian secara teratur.

[Heading 2: Tidur Cukup]

Tidur yang cukup juga sangat penting bagi kesehatan si Kecil. Saat tidur, tubuh akan beristirahat dan memperbaiki diri. Tidur yang cukup juga membantu memperkuat sistem imun si Kecil, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, serta memperbaiki mood.

Baca Juga:  Ini Pentingnya Pemeriksaan saat Persalinan

Waktu tidur yang disarankan untuk si Kecil adalah 12-14 jam untuk usia 1-3 tahun, 10-12 jam untuk usia 3-6 tahun, dan 10-11 jam untuk usia 7-12 tahun. Pastikan si Kecil memiliki rutinitas tidur yang teratur dan nyaman, dengan menjaga kualitas tidurnya dan menciptakan lingkungan yang tenang dan gelap.

[Heading 2: Berikan Vaksin Sesuai Jadwal]

Vaksinasi adalah salah satu cara paling efektif untuk melindungi si Kecil dari berbagai penyakit. Dokter akan menentukan jadwal vaksinasi yang harus diikuti oleh si Kecil. Meskipun vaksin tidak memberikan perlindungan 100%, namun tetap sangat penting untuk mengurangi risiko penyakit yang serius.

Jangan lewatkan jadwal vaksinasi yang telah ditentukan oleh dokter. Vaksinasi tidak hanya melindungi si Kecil, tetapi juga membantu menciptakan kekebalan kelompok di masyarakat. Dengan menjaga kekebalan kelompok, risiko penyebaran penyakit dapat dikurangi secara signifikan.

[Heading 2: Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi]

Berjemur di bawah sinar matahari pagi juga memiliki manfaat penting bagi kesehatan si Kecil. Sinar matahari pagi mengandung vitamin D, yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit, seperti osteoporosis dan penyakit jantung.

Namun, perlu diingat bahwa berjemur di bawah sinar matahari harus dilakukan dengan hati-hati. Hindari sinar matahari pada pukul 10 pagi hingga 4 sore, karena pada rentang waktu tersebut sinar matahari lebih kuat dan dapat menyebabkan kulit terbakar. Berjemur selama 10-15 menit pada pagi hari sudah cukup untuk mendapatkan manfaat vitamin D.

[Heading 2: Kesimpulan]

Dalam menjaga kesehatan si Kecil di era new normal, Bunda perlu melakukan beberapa langkah penting. Memakai masker saat bepergian, menyajikan makanan bernutrisi, memberikan suplemen yang tepat, mengajak si Kecil berolahraga, mengajarkan kebiasaan hidup bersih dan sehat, memastikan tidur yang cukup, mengikuti jadwal vaksinasi, dan berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Baca Juga:  Rekomendasi Mainan Bayi 4 Bulan yang Menyenangkan

Dengan melakukan langkah-langkah ini, Bunda dapat membantu menjaga kesehatan si Kecil dan mengurangi risiko penyakit. Tetaplah waspada dan berhati-hati dalam menjalani kehidupan sehari-hari, serta tetap ikuti anjuran dari otoritas kesehatan untuk melindungi diri sendiri dan keluarga. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Bunda dalam menjaga kesehatan si Kecil di era new normal.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com