Ketahui Penyebab dan Cara Mencegah Lidah Putih pada Si Kecil

Ketahui Penyebab dan Cara Mencegah Lidah Putih pada Si Kecil

Lidah putih merupakan kondisi yang sering ditemukan pada si Kecil, terutama pada awal kelahirannya. Lidah putih yang terlihat pada si Kecil umumnya merupakan pertanda adanya infeksi jamur pada lidah. Infeksi jamur ini biasanya disebabkan oleh jamur candida, yang berkembang biak secara berlebihan dan menyebabkan lidah tampak putih. Lidah putih pada si Kecil juga berisiko menyebabkan sariawan.

Infeksi jamur candida pada lidah si Kecil dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan lidah putih adalah sistem imun yang belum berkembang sempurna pada bayi. Sistem imun yang belum matang membuat bayi lebih rentan terhadap infeksi, termasuk infeksi jamur.

Selain itu, penggunaan antibiotik juga dapat menjadi penyebab lidah putih pada si Kecil. Antibiotik bekerja dengan cara menghancurkan bakteri, termasuk bakteri baik yang membantu mengatur pertumbuhan jamur di mulut. Jika bakteri baik tersebut berkurang akibat penggunaan antibiotik, pertumbuhan jamur candida dapat tidak terkontrol dan menyebabkan infeksi pada lidah.

Selain infeksi jamur, lidah putih pada si Kecil juga bisa disebabkan oleh endapan ASI pada lidah. Namun, kondisi ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya dan tidak memerlukan pengobatan khusus.

Infeksi jamur pada lidah si Kecil dapat menyebar ke bagian lain mulut, seperti langit-langit, gusi, bibir, dan amandel. Infeksi jamur juga dapat menyebabkan si Kecil kehilangan nafsu makan dan merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk memberikan perhatian serius terhadap lidah putih pada si Kecil dan melakukan tindakan pencegahan yang tepat.

Untuk mencegah lidah putih pada si Kecil, Bunda dapat melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

Baca Juga:  We Are DINK Family!

1. Menjaga kebersihan mulut si Kecil
– Selalu cuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah mengurus si Kecil.
– Bersihkan mulut si Kecil setelah makan dengan menggunakan kain lembut yang dibasahi air hangat.
– Jaga kebersihan botol susu dan dot dengan mencuci dan mengeringkannya dengan baik setelah digunakan.
– Pastikan mainan si Kecil juga tetap bersih dengan rutin membersihkannya.

2. Mengonsumsi makanan sehat
– Bunda perlu mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi untuk membantu menjaga kekebalan tubuh si Kecil.
– Konsumsi makanan yang mengandung prebiotik, seperti bawang putih, untuk membantu mencegah pertumbuhan jamur candida.

3. Hindari penggunaan antibiotik yang tidak perlu
– Jika si Kecil memang membutuhkan antibiotik, pastikan penggunaannya sesuai dengan anjuran dokter.
– Jangan memberikan antibiotik pada si Kecil tanpa rekomendasi dokter.

4. Perhatikan kebersihan area payudara
– Jika Bunda sedang menyusui, pastikan area payudara tetap bersih dan kering.
– Jaga kebersihan puting payudara dengan rutin membersihkannya sebelum dan setelah menyusui.

5. Konsultasikan dengan dokter
– Jika lidah putih pada si Kecil tidak kunjung sembuh atau semakin parah, segera konsultasikan ke dokter.
– Dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai untuk mengatasi infeksi jamur pada lidah si Kecil.

Selain melakukan tindakan pencegahan di atas, Bunda juga perlu memperhatikan tanda-tanda lidah putih yang lebih serius pada si Kecil. Jika si Kecil mengalami kesulitan dalam membersihkan bercak putih pada lidahnya, terdapat lapisan putih di bagian bibir, menolak menyusu, dan mengalami gas berlebih di perut, segera bawa si Kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dalam mengobati lidah putih pada si Kecil, dokter biasanya akan meresepkan obat antijamur seperti Miconazole atau Nistatin. Obat-obatan ini dapat digunakan untuk mengobati infeksi jamur pada lidah si Kecil. Selain memberikan obat, dokter juga dapat memberikan petunjuk dan saran mengenai cara membersihkan lidah si Kecil untuk mencegah infeksi jamur kembali.

Baca Juga:  Manfaat Pemberian ASI Eksklusif dalam Kecerdasan si Kecil

Penting bagi Bunda untuk mengetahui penyebab dan cara mencegah lidah putih pada si Kecil. Jika lidah putih pada si Kecil tidak kunjung sembuh setelah diberikan pengobatan dan perawatan pembersihan lidah, segera hubungi dan konsultasikan ke dokter. Dokter akan memberikan penanganan yang sesuai untuk mengatasi masalah ini.

Dengan melakukan tindakan pencegahan yang tepat dan memberikan perhatian yang serius terhadap lidah putih pada si Kecil, Bunda dapat membantu menjaga kesehatan dan kenyamanan si Kecil. Selalu perhatikan tanda-tanda perubahan pada lidah dan mulut si Kecil, serta jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika terjadi masalah.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com