7 Tanaman Hias dengan Daun-daun Berwarna Cantik


Tanaman Keladi Merah

Tanaman keladi merah, juga dikenal dengan nama Genus Caladium dan Alocasia, merupakan salah satu pilihan tanaman hias yang sering digunakan untuk menghias rumah. Tanaman keladi merah memiliki daun yang cantik dengan bercak-bercak seperti bintang berwarna merah cerah. Warna merah pada daunnya membuat tanaman ini sangat cocok sebagai penghias ruang tamu.

Untuk merawat tanaman keladi merah ini, perlu diperhatikan bahwa tanaman ini sebenarnya hidup di habitat yang basah. Oleh karena itu, penting untuk menyiram tanaman ini satu kali sehari selama musim kering. Namun, saat musim penghujan, penyiraman cukup dilakukan 2 hari sekali agar tanaman tidak cepat busuk.

Selain itu, penting juga untuk memberikan sinar matahari yang cukup pada tanaman keladi merah ini. Meskipun tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan, tetapi sinar matahari langsung akan membuat warna daunnya menjadi lebih cerah dan cantik. Oleh karena itu, tempatkan tanaman keladi merah ini di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Tanaman Hias Andong Merah atau Hanjuang

Tanaman hias andong merah atau hanjuang, termasuk dalam kategori tanaman hias daun dari genus Cordyline. Tanaman ini memiliki daun yang unik karena dapat berubah menjadi merah saat terkena sinar matahari langsung. Namun, jika ditempatkan di dalam ruangan yang jarang terkena sinar matahari, daunnya akan berwarna hijau gelap.

Karena itu, lebih baik jika tanaman ini ditanam di taman atau tempat yang terkena sinar matahari langsung agar tampilannya tetap cantik. Tanaman andong merah juga tidak terlalu cocok sebagai penghias di dalam ruangan karena membutuhkan sinar matahari yang cukup.

Tanaman Aglonema Super White

Tanaman aglonema super white memiliki daun yang berwarna putih. Meskipun demikian, perawatan untuk tanaman ini hampir sama dengan jenis aglonema yang lain. Hal yang paling penting dalam merawat tanaman ini adalah memperhatikan asupan sinar matahari dan sirkulasi udara yang cukup.

Baca Juga:  Bayi Susah Tidur Siang? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dalam menjaga kesehatan tanaman aglonema super white, sebaiknya tanaman ini mendapatkan sinar matahari pada rentang waktu antara jam 10.00 hingga 15.00. Namun, jika tidak memungkinkan untuk mendapatkan sinar matahari langsung, tidak masalah karena tanaman ini juga dapat tumbuh dengan baik tanpa sinar matahari langsung.

Tanaman Hias Calathea White

Tanaman calathea white adalah salah satu tanaman hias yang tidak sulit untuk ditanam. Hal yang penting dalam merawat tanaman ini adalah menjaga kelembaban tanah agar tidak terlalu kering. Namun, juga tidak terlalu basah agar tanaman ini tidak cepat membusuk.

Selain itu, perlu dihindari agar air tidak tergenang di permukaan tanah tempat tanaman calathea white ditanam. Hal ini dapat menyebabkan akar tanaman menjadi busuk dan tanaman menjadi tidak sehat. Oleh karena itu, pastikan penyiraman dilakukan dengan jumlah air yang cukup dan tanah tidak terlalu basah.

Tanaman Puring

Tanaman puring merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki daun berwarna unik. Pada satu pohon tanaman puring saja, daunnya bisa memiliki berbagai macam warna, seperti kuning, hijau, merah, jingga, dan bahkan ada yang memiliki campuran dari beberapa warna sekaligus. Keunikan daun tanaman ini membuatnya menjadi pilihan yang menarik untuk dijadikan tanaman hias.

Merawat tanaman puring tidak terlalu sulit karena tanaman ini dapat bertahan beberapa hari tanpa disiram. Namun, saat cuaca sedang kering atau panas, sebaiknya tanaman ini disiram secara berkala agar tetap segar dan sehat.

Tanaman Sirih Gading

Tanaman sirih gading merupakan salah satu tanaman hias yang cukup populer di kalangan pecinta tanaman pemula. Tanaman ini termasuk dalam jenis tanaman merambat dan memiliki warna daun yang unik. Daun tanaman sirih gading ini berwarna hijau di dasarnya, namun terdapat bercak-bercak putih seperti cat yang membuatnya semakin cantik.

Baca Juga:  6 Aktivitas Menyenangkan Bersama si Kecil Saat Hujan

Selain ditanam di dalam pot, tanaman sirih gading juga dapat tumbuh di dalam air. Oleh karena itu, tanaman ini juga cocok untuk dijadikan tanaman hias aquascape. Perawatan tanaman sirih gading juga tidak terlalu sulit karena tanaman ini memiliki umur yang panjang dan tahan terhadap berbagai cuaca.

Tanaman Black Lipstick

Tanaman black lipstick merupakan salah satu primadona tanaman hias belakangan ini. Tanaman ini merupakan jenis dari calathea dan memiliki daun yang berwarna gelap dengan garis merah yang mengikuti alur daunnya. Kombinasi warna gelap dan garis merah pada daunnya membuat tanaman ini terlihat sangat cantik.

Perawatan untuk tanaman black lipstick ini juga tidak terlalu sulit. Penyiraman dilakukan seperlunya saja, ketika tanah sudah terlihat cukup kering. Selain itu, sebaiknya dilakukan penyiangan dan pemupukan setiap 1 bulan sekali agar tanaman tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Dengan memilih salah satu atau beberapa tanaman hias di atas, Anda dapat menghias rumah dengan tanaman yang memiliki daun berwarna cantik. Selain memberikan nuansa segar dan indah pada rumah, tanaman hias juga memiliki manfaat lain seperti meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba menanam tanaman hias dengan daun berwarna cantik ini.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com