13 Tanda Mertua Bukan Penggemar Berat Anda dan Cara Mengatasinya!


Yuk, Kenali Tanda-Tanda Mertua Tidak Terlalu Menyukai Anda sebagai Sosok Menantu. Plus Cari Tahu Cara Mengatasi Masalah Ini!

Mertua. Beberapa menantu beruntung bisa memiliki mertua yang cintanya tidak kalah dengan orang tua kandung. Namun bagi kebanyakan orang, nasibnya tidak sebaik itu. Boro-boro diajak ikut foto keluarga besar, ingat nama saja sudah bagus.

Saya termasuk yang beruntung memiliki mertua (khususnya ibu mertua) dan kakak-kakak ipar yang baik banget. Muncul pertanyaan: wajar tidak, sih, jika kita sangat ingin disukai oleh mertua? Jawabannya, wajar. Mengapa? Karena sudah menjadi sifat manusia ingin orang lain menyukai kita, terutama mereka yang menjadi orang tua belahan jiwa kita.

BACA JUGA: Agar Rukun dan Bebas Drama, Ini 9 Tips Tinggal Bersama Mertua yang Wajib Dicoba!

Tanda Mertua Tidak Menyukai Menantu

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tidak semua orang beruntung bisa disukai oleh mertua mereka. Lalu, apa saja tanda-tanda mertua yang tidak ramah terhadap menantu?

1. Bersikap Tidak Baik kepada Anda

Hal yang mungkin terjadi adalah mertua bersikap jahat kepada Anda. Mereka berpura-pura menyukai Anda saat kalian berada di depan umum, tetapi saat hanya bersamanya, mereka mungkin mengejek atau menghina Anda.

Kemungkinannya, ini karena mereka khawatir anaknya menikah dengan orang yang salah, sehingga tidak menyetujui atau terpaksa menyetujui pernikahan kalian.

2. Anda Dijadikan Bahan Gosipan

Ada kemungkinan mertua akan bergosip serta bicara hal-hal yang tidak benar tentang Anda kepada anggota keluarga lain atau teman-temannya. Ini memang mengesalkan, tetapi pikirkan ini: orang-orang yang mengenal Anda dengan baik tidak akan memercayai gosip itu. Dan Anda juga tidak perlu memikirkan pendapat orang-orang yang tidak dikenal, yang termakan gosip itu.

Baca Juga:  6 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Wajib Dihindari!

3. Mengatur Hidup Anda

Mereka menentukan bukan hanya kemana Anda berlibur tapi juga transportasi, akomodasi, dan berapa lamanya. Mereka mengatur cara Anda mengurus keuangan, mendidik anak, hingga mengatur pekerjaan ART.

Anda tidak harus mengikuti nasihat mertua. Mereka mungkin marah, tetapi selalu hadapi dengan tenang, bersikap tegas, dan dibarengi dengan kesantunan.

4. Anda Tidak Dimasukkan dalam Rencana Keluarga

Tidak mengikutsertakan Anda dalam acara keluarga merupakan tanda halus bahwa Anda tidak memenuhi kriteria keluarga mereka. Tidak usah marah. Bicaralah dengan pasangan secara baik-baik. Siapa tahu ia bisa mengubah keputusan orangtuanya.

5. Sulit Menyenangkan Mereka

Ketika mertua Anda membenci Anda, tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk membuat mereka bahagia. Mereka selalu menemukan kesalahan pada semua yang Anda lakukan, katakan, kenakan, atau bahkan hal-hal positif yang Anda capai.

Bunda, Anda tidak membutuhkan validasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang seharusnya Anda lakukan sebagai pasangan dan orang tua.

6. Anda Selalu Salah

Selain tidak senang dengan semua yang Anda lakukan, mertua akan menyalahkan Anda, bahkan untuk hal-hal yang tidak Anda lakukan atau tidak ada hubungannya dengan Anda. Misalnya, mereka mungkin mengatakan bahwa Anda adalah alasan mengapa anaknya gagal mendapatkan promosi di kantor.

7. Pura-Pura Cinta Sama Anda

Merasa mertua pura-pura mencintai Anda? Mungkin mereka sering bilang di depan orang-orang, termasuk di hadapan anaknya, bahwa mereka menyayangi Anda, tetapi di belakang, mereka bahkan tidak pernah berkunjung ke rumah kecuali sedang butuh sesuatu. Kemungkinan besar mereka pura-pura menyukai Anda, agar anaknya tidak marah dan jatah bulanan aman.

8. Serangan Pasif-Agresif

Sikap ini sering membuat bingung dan bertanya-tanya. Misalnya, saat mereka memuji masakan Anda, itu pujian tulus atau sindiran halus? Tanda-tanda perilaku pasif-agresif termasuk menyindir, mendiamkan, sinis, dan menganggap Anda sebagai orang yang ada dan tidak ada.

Baca Juga:  Ultah Gabungan: Yay or Nay?

9. Tidak Pernah Memberi Anda Hadiah

Jika Anda satu-satunya yang tidak pernah mendapatkan hadiah apa pun, kemungkinan besar ini pesan yang disengaja untuk menunjukkan bahwa mereka tidak suka dengan Anda.

10. Selalu ‘Keliru’ Menyebut Nama Anda

Not cool. Simpel dan jahat. Ini menunjukkan bahwa mereka tidak tertarik untuk mengenal Anda atau bahkan untuk sekadar mencoba bersikap sopan.

11. Mengabaikan Anda saat Ngobrol

Mertua tidak merespon ucapan Anda di tengah-tengah percakapan atau mengalihkan topik yang Anda bahas seolah itu tidak penting adalah sikap tidak menghargai. Sengaja mereka tunjukkan untuk merendahkan Anda.

12. Mereka Tidak Tertarik dengan Pekerjaan Anda

Meskipun pekerjaan yang dilakukan tidak mendefinisikan diri kita, pekerjaan mengungkapkan banyak hal tentang siapa kita. Ketika keluarga pasangan Anda tidak tertarik untuk mengetahui bagaimana Anda mencari nafkah, itu tanda bahwa mereka tidak menyukai Anda.

13. Tidak Berminat Berhubungan Baik dengan Keluarga Anda

Mertua lupa total nama ibu Anda tapi ingat kemana terakhir kali tetangga sebelah pergi liburan. Amnesia? Tentu bukan. Jika mertua tidak dapat mengingat nama ibu Anda atau hal apa pun tentang dia, itu pertanda bahwa dia kurang menghargai Anda.

Cara Mengatasi Mertua yang Tidak Bersahabat

Ketika berurusan dengan mertua yang tidak menyukai menantu mereka, ingat-ingat prinsip-prinsip di bawah ini:

1. Ketika hubungan Anda dan pasangan solid dan kuat untuk tidak membiarkan siapa pun merusaknya, termasuk orang tua atau mertua, tak perlu dipersoalkan apa yang dipikirkan mertua tentang Anda.

2. Cobalah yang terbaik untuk menghormati orang tua pasangan, bahkan ketika mereka bersikap buruk.

3. Belajarlah untuk mendukung pasangan tanpa terpancing untuk memihak.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Skincare dengan Kandungan Ceramide beserta Manfaatnya

4. Dukung pasangan untuk selalu terbuka kepada Anda.

5. Ini penting. Jangan kehilangan selera humor Anda.

6. Tunjukkan kepada pasangan bahwa dia nomor satu di mata Anda.

7. Jangan terlalu sensitif.

8. Ingat, membangun hubungan baik itu membutuhkan waktu.

9. Maafkan, maafkan, dan maafkan.

10. Salah satu cara mencintai pasangan Anda adalah dengan menghormati orang tuanya.

BACA JUGA: Menurut Psikolog, Ini 7 Cara Mudah Menghadapi Mertua yang Menyebalkan!

Cover: Freepik

MertuamenantuShare ArticleFannya Gita Alamanda


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com