Trimester ke-3, Menjelang Kelahiran

Trimester ke-3, Menjelang Kelahiran

Kini kehamilan Bunda sudah memasuki trimester ke-3 dan sudah tidak sabar untuk segera menimang bayi mungil yang tengah tumbuh di dalam rahimnya. Pertumbuhan si Kecil di trimester akhir ini sangat penting karena ia akan semakin matang dan siap untuk lahir ke dunia. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail mengenai pertumbuhan si Kecil dalam rahim dan perubahan yang terjadi pada tubuh Bunda selama trimester ke-3.

Pertumbuhan si Kecil dalam rahim

Usia kehamilan minggu ke-28-32:
Pada usia kehamilan ini, ukuran panjang si Kecil sudah mencapai kisaran 35-38 cm dengan berat sekitar 1200 gram. Tubuhnya sudah dilapisi rambut halus (lanugo) dan mulai terbentuk akumulasi jaringan lemak. Sidik jari juga sudah terbentuk dan si Kecil sudah dapat menendang dan mengisap ibu jarinya. Sistem saraf dan otaknya juga hampir matang.

Usia kehamilan minggu ke-33-36:
Pada usia kehamilan ini, panjang si Kecil mencapai 38-43 cm dan berat sekitar 1600 gram. Bagian otak yang mengatur pendengaran dan penglihatan juga sudah mulai berfungsi. Semua organ tubuhnya sudah matang kecuali paru-paru. Pada akhir minggu ke-36, panjang si Kecil akan mencapai 42-48 cm dan beratnya bisa mencapai 1800-2700 gram.

Usia kehamilan minggu ke-37-42:
Pada usia kehamilan ini, si Kecil sudah siap untuk dilahirkan. Panjangnya mencapai 48-52 cm dengan berat sekitar 3000 gram. Kulitnya dikelilingi lapisan lemak berwarna putih yang disebut verniks kaseosa. Lanugo, yaitu rambut halus yang tumbuh di tubuhnya, akan ada di bagian pundak dan punggung atas bayi. Ukuran otaknya juga sudah mencapai setengah dari ukuran otak orang dewasa. Posisi si Kecil juga sudah masuk ke dalam pintu panggul dengan posisi kepala di bawah dan mengarah jalan lahir.

Baca Juga:  Pelajaran Hidup dari Serial Kotaro Lives Alone

Perubahan tubuh Bunda

Selain pertumbuhan si Kecil, Bunda juga akan mengalami perubahan pada tubuhnya selama trimester ke-3. Salah satu perubahan yang paling terasa adalah seringnya merasakan gerakan bayi, seperti tendangan dan menggeliat. Gerakan bayi ini merupakan tanda bahwa si Kecil sedang aktif dan sehat di dalam rahim.

Kenaikan berat badan juga menjadi perubahan yang umum dialami oleh Bunda selama kehamilan. Kenaikan berat badan ini berasal dari beberapa faktor, seperti jaringan payudara yang berkembang sebagai persiapan menyusui, volume darah yang meningkat, plasenta, bayi, air ketuban, dan rahim yang membesar.

Perawatan yang perlu dilakukan

Selama trimester ke-3 ini, Bunda perlu melakukan perawatan khusus untuk menjaga kesehatan si Kecil dan dirinya sendiri. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:

1. Makan makanan bergizi: Pastikan Bunda mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, protein, dan karbohidrat. Hindari makanan yang tidak sehat, seperti makanan cepat saji dan makanan yang mengandung banyak gula.

2. Istirahat yang cukup: Selama trimester ke-3, Bunda mungkin akan merasa lebih lelah karena beban tubuh yang semakin besar. Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan istirahat yang cukup agar tubuh dapat pulih dan siap untuk persalinan.

3. Rutin kontrol ke dokter: Bunda perlu rutin melakukan kontrol ke dokter untuk memantau perkembangan si Kecil dan kesehatan Bunda. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan memberikan saran atau pengobatan yang diperlukan.

4. Lakukan senam hamil: Senam hamil dapat membantu menjaga kebugaran tubuh Bunda dan mempersiapkan tubuh untuk persalinan. Konsultasikan dengan dokter atau instruktur senam hamil untuk mengetahui jenis senam yang aman dilakukan selama trimester ke-3.

Baca Juga:  Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki Bagi si Kecil

5. Perhatikan tanda-tanda persalinan: Bunda perlu memahami tanda-tanda persalinan agar dapat segera menghubungi dokter atau pergi ke rumah sakit saat persalinan sudah dekat. Beberapa tanda persalinan yang umum adalah kontraksi yang teratur, pecahnya ketuban, dan peningkatan lendir atau darah yang keluar dari vagina.

Dalam menjalani trimester ke-3 ini, penting bagi Bunda untuk tetap tenang dan menjaga kesehatan serta kebugaran tubuhnya. Selalu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan informasi dan saran yang tepat mengenai perawatan selama kehamilan. Semoga proses persalinan berjalan lancar dan si Kecil dapat tumbuh sehat dan bahagia di dunia ini.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com