Tips Menggunakan Ruang Menyusui

Tips Menggunakan Ruang Menyusui dengan Etika yang Baik

Ruang menyusui merupakan fasilitas yang sangat penting bagi ibu-ibu yang sedang menyusui bayi mereka. Ruang ini memberikan privasi dan kenyamanan bagi ibu untuk memberikan ASI kepada bayi mereka di tempat umum. Namun, seperti halnya fasilitas umum lainnya, penggunaan ruang menyusui juga memiliki etikanya sendiri. Dalam tulisan ini, kami akan memberikan tips tentang penggunaan ruang menyusui dengan etika yang baik.

1. Membawa peralatan sendiri
Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI Tahun 2013, ruang menyusui umumnya dilengkapi dengan peralatan menyimpan ASI dan peralatan pendukung lainnya seperti lemari pendingin, kursi atau sofa, cairan antiseptik, dan sebagainya. Namun, sebelum menggunakan peralatan tersebut, sebaiknya ibu membersihkannya terlebih dahulu. Peralatan yang kotor dapat berpotensi menyebabkan infeksi pada bayi. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan peralatan sebelum digunakan.

2. Mengunci pintu bilik
Jika ruang menyusui dilengkapi dengan bilik berpintu, penting untuk mengunci pintu tersebut seperti saat menggunakan toilet umum. Mengunci pintu bilik akan memberikan privasi dan mencegah gangguan saat ibu sedang memberikan ASI atau memompa ASI. Pastikan untuk mengunci pintu bilik agar ibu dan bayi dapat menikmati waktu menyusui dengan nyaman.

3. Menjaga kebersihan ruangan
Ruang menyusui adalah tempat yang digunakan bersama-sama oleh banyak ibu. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan ruangan. Setelah menggunakan ruang menyusui, pastikan untuk membersihkan tempat dan alat yang telah digunakan. Bersihkan cipratan ASI yang mungkin ada di meja, lantai, dan sekitarnya. Kebersihan ruangan ini penting untuk kenyamanan pengguna ruang menyusui lainnya dan untuk mencegah penyebaran penyakit.

4. Gunakan waktu seefisien mungkin
Jika ruang menyusui memiliki ukuran yang terbatas, penting untuk menggunakan waktu seefisien mungkin. Usahakan untuk menyelesaikan menyusui atau memompa ASI dalam waktu sekitar 30 menit. Hal ini akan memungkinkan ibu lain yang ingin menggunakan ruang menyusui dapat menggunakannya dengan nyaman. Jangan lupa, waktu adalah hal yang berharga bagi ibu-ibu yang sedang sibuk merawat bayi mereka.

Baca Juga:  6 Cara Diet yang Pernah Dilakukan Jessica Mila, Intip Yuk!

5. Kurangi aktivitas yang tak perlu
Ketika menggunakan ruang menyusui, penting untuk fokus pada tujuan utama, yaitu memberikan ASI atau memompa ASI. Hindari melakukan aktivitas yang tidak perlu seperti mengobrol atau berlama-lama di ruang menyusui. Aktivitas yang tidak perlu ini dapat mengganggu ibu-ibu lain yang ingin menggunakan ruang menyusui. Jadi, pastikan untuk tetap menjaga konsentrasi saat menggunakan ruang menyusui.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, ibu dapat menggunakan ruang menyusui dengan nyaman dan etika yang baik. Ruang menyusui adalah fasilitas yang penting bagi ibu-ibu yang sedang menyusui bayi mereka. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan ruang menyusui agar dapat digunakan dengan lancar oleh ibu-ibu yang membutuhkannya. Jadi, mari kita gunakan ruang menyusui dengan bijak dan hormati hak ibu-ibu lainnya.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com