Tips Siapkan Anak Kembali Masuk Sekolah setelah Liburan

TIPS SIAPKAN ANAK KEMBALI MASUK SEKOLAH SETELAH LIBURAN

Hai, Bu. Tak terasa ya, libur panjang Lebaran sebentar lagi berakhir. Itu artinya, si Kecil sesaat lagi harus kembali bersekolah. Akan tetapi, mengingat liburan kali ini terbilang agak lama, mungkin si Kecil akan cukup kesulitan untuk lepas dari suasana liburan, Bu. Alhasil, ia pun cenderung malas berangkat ke sekolah. Tentu ini jadi tantangan tersendiri ya buat para orang tua? Saya juga sempat mengalaminya, Bu, tepatnya setahun yang lalu, saat si Kecil masih sekolah di tingkat PAUD.

Tak ingin hal ini terus berulang tiap sehabis liburan sekolah, saya pun mencoba melakukan konsultasi anak dengan seorang psikolog di sebuah forum konsultasi anak. Dari situ, saya mendapatkan beberapa tips mudah mempersiapkan mental si Kecil untuk kembali bersekolah pascaliburan, antara lain:

1. Ajak Ia Berbincang Mengenai Serunya Sekolah
Biasanya, bangun pagi dan kembali belajar menjadi dua alasan utama mengapa si Kecil berat kembali ke sekolah setelah liburan. Supaya ia lebih bersemangat, Bunda bisa mengajak si Kecil berbincang seputar hal-hal seru yang bisa ia lakukan di sekolah, tiga hari sebelum hari pertama sekolah dimulai. Bunda bisa mengatakan padanya, “Di sekolah nanti, Adik bisa bertemu kembali dengan teman-teman yang pasti sudah merindukan Adik karena lama tak bertemu selama liburan.” Di samping itu, bila si Kecil punya pelajaran atau aktivitas favorit di sekolah, beritahu ia bahwa dengan kembali bersekolah, ia bisa melakukan aktivitas itu lagi.

2. Libatkan si Kecil saat Bunda Menyiapkan Perlengkapan Sekolahnya
Supaya si Kecil makin semangat, ajak ia terlibat saat Bunda menyiapkan perlengkapan sekolah untuknya, Bu. Menurut psikolog di forum konsultasi anak tempat saya berkonsultasi, hal ini termasuk salah satu cara ampuh untuk menyemangati si Kecil kembali ke sekolah. Sebab, dengan membantu Bunda menyiapkan alat-alat yang biasa ia gunakan di sekolah, ia akan teringat kembali hal-hal seru dan mengasyikkan yang biasa ia lalui bersama guru dan teman-temannya. Bila memungkinkan, Bunda juga bisa membelikan si Kecil beberapa perlengkapan sekolah baru seperti tas atau sampul buku yang memuat gambar tokoh animasi kesukaannya. Begitu melihat tokoh kesukaannya terpampang di tas dan sampul bukunya, si Kecil tentu dapat lebih antusias dan tak sabar segera bersekolah lagi.

Baca Juga:  Mengasah Kemampuan Bicara Si Kecil Saat Makan Malam

3. Membawa Bekal Spesial
Selain peralatan dan perlengkapan sekolah si Kecil, Bunda juga bisa memanfaatkan bekal sekolahnya untuk membuat ia kembali bersemangat ke sekolah pasca liburan. Di pagi hari, setelah membantu si Kecil bersiap, buatkan si Kecil menu makanan kesukaannya untuk ia bawa sebagai bekal ke sekolah hari itu. Agar terlihat makin spesial, Bunda bisa menyajikannya dalam tampilan yang lucu dan menggemaskan. Misalnya nasi bento yang dibentuk menyerupai hewan atau karakter kartun yang disukai si Kecil. Yang tidak boleh luput dari perhatian Bunda, pastikan makanan tersebut bernutrisi sehingga mampu memenuhi kebutuhan gizi seimbang pada balita.

Di samping melakukan beberapa cara di atas, ada baiknya jika Bunda juga mendengarkan apa yang diinginkan si Kecil terkait hari pertamanya kembali bersekolah. Bisa jadi, si Kecil punya cara tersendiri yang membuatnya semangat kembali ke sekolah, misalnya meminta untuk dibangunkan pagi harinya, diantar sekolah, atau dijemput sepulang sekolah. Sebagai bentuk dukungan, coba turuti keinginannya ini bila masih terbilang wajar ya, Bu!

Nah, selamat mempersiapkan mental si Kecil untuk kembali bersekolah setelah liburan!

TIPS LAINNYA UNTUK MENGATASI MASALAH SETELAH LIBURAN

Selain tips di atas, ada beberapa hal lain yang bisa Bunda lakukan untuk membantu si Kecil menyesuaikan diri kembali setelah liburan. Berikut ini adalah tips tambahan yang bisa Bunda terapkan:

1. Perkenalkan Rutinitas Harian
Setelah liburan yang lepas dari rutinitas, penting bagi si Kecil untuk kembali ke rutinitas harian. Mulailah dengan mengatur jadwal bangun tidur, makan, dan belajar yang teratur. Dengan adanya rutinitas harian yang teratur, si Kecil akan lebih mudah beradaptasi dan kembali bersemangat ke sekolah.

Baca Juga:  Komunikasi Anda dan Pasangan Sehat, Nggak? Cek di Sini!

2. Jaga Pola Makan yang Sehat
Pola makan yang sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan dan energi si Kecil. Pastikan ia mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, termasuk dalam bekal sekolahnya. Sediakan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, serta serat agar si Kecil mendapatkan asupan gizi yang cukup. Selain itu, pastikan juga ia minum air putih yang cukup untuk menjaga kecukupan hidrasi tubuhnya.

3. Berikan Pujian dan Dorongan
Memberikan pujian dan dorongan kepada si Kecil akan membantu meningkatkan motivasi dan kepercayaan dirinya. Berikan pujian ketika ia berhasil menyelesaikan tugas sekolah atau mencapai prestasi di sekolah. Berikan juga dorongan ketika ia menghadapi kesulitan atau tantangan di sekolah. Dengan adanya pujian dan dorongan, si Kecil akan merasa dihargai dan termotivasi untuk terus belajar dan berprestasi.

4. Libatkan si Kecil dalam Aktivitas Sekolah
Selain menjadi pendukung dan motivator, Bunda juga bisa melibatkan si Kecil dalam aktivitas sekolah. Ajak ia berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, seperti klub olahraga atau kelompok musik di sekolah. Dengan terlibat dalam aktivitas sekolah yang disukainya, si Kecil akan merasa lebih terikat dengan sekolah dan lebih bersemangat untuk berangkat ke sekolah setiap harinya.

5. Komunikasi dengan Guru dan Teman Sekolah
Jalin komunikasi yang baik dengan guru dan teman-teman si Kecil. Libatkan diri dalam kegiatan sekolah, seperti pertemuan orang tua guru atau kegiatan sosial di sekolah. Dengan berkomunikasi secara aktif, Bunda akan mendapatkan informasi terkini mengenai perkembangan si Kecil di sekolah. Selain itu, si Kecil juga akan merasa didukung dan diperhatikan oleh orang tua dan teman-temannya.

6. Ciptakan Lingkungan Belajar yang Nyaman
Bantu si Kecil menciptakan lingkungan belajar yang nyaman di rumah. Sediakan meja belajar yang rapi dan cukup pencahayaan yang baik. Hilangkan gangguan, seperti televisi atau gadget yang bisa mengalihkan perhatiannya. Dengan adanya lingkungan belajar yang nyaman, si Kecil akan lebih fokus dan termotivasi untuk belajar.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Mesin Cuci Mini untuk Isolasi Mandiri

7. Tetap Pantau dan Berikan Dukungan
Pantau perkembangan si Kecil di sekolah secara teratur. Tanyakan mengenai kegiatan di sekolah, teman-teman baru, atau hal-hal yang ia pelajari. Berikan dukungan dan bantuan jika ia mengalami kesulitan dalam belajar atau beradaptasi di sekolah. Dengan adanya dukungan dari Bunda, si Kecil akan merasa lebih aman dan percaya diri dalam menghadapi tantangan di sekolah.

Itulah beberapa tips yang bisa Bunda terapkan untuk membantu si Kecil kembali bersemangat ke sekolah setelah liburan. Ingat, setiap anak memiliki kebutuhan dan cara yang berbeda dalam menghadapi perubahan. Jadi, Bunda perlu mengenal dan memahami anak dengan baik agar bisa memberikan dukungan yang tepat. Semoga tips ini bermanfaat dan si Kecil dapat kembali bersemangat dalam belajar di sekolah. Selamat mencoba, Bu!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com