6 Tips Mencegah dan Mengatasi Gondongan pada si Kecil

6 Tips Mencegah dan Mengatasi Gondongan pada si Kecil

Daya tahan tubuh yang baik serta aktivitas harian dengan gerak tubuh intens menjadi kunci utama kesehatan pada si Kecil. Untuk membantu membentuk daya tahan tubuh, Bunda tentu harus memperhatikan asupan nutrisi yang diberikan pada si Kecil. Setiap nutrisi yang diperlukan sebaiknya tercukupi jumlahnya, sehingga tubuh si Kecil bisa tumbuh dengan baik.

Daya tahan tubuh sangat berguna untuk melawan infeksi virus yang senantiasa mengancam si Kecil. Baik ketika bermain, berinteraksi dengan teman sebaya, atau sedang berada di rumah sekalipun, si Kecil selalu memiliki resiko terjangkit virus. Salah satu virus yang sering menjangkiti si Kecil adalah Paramyxovirus. Virus ini penyebab utama penyakit gondongan.

Gondongan sendiri mengakibatkan pembengkakan kelenjar parotis pada si Kecil, yang terletak pada bagian sisi wajah. Kelenjar parotis ini memiliki fungsi utama untuk memproduksi air liur, yang berguna untuk membantu pencernaan makanan. Ketika si Kecil terkena gondongan, maka sisi wajahnya akan mengalami pembengkakan.

Pencegahan Gondongan

Penyakit ini bisa dicegah agar tidak menjangkiti si Kecil. Caranya adalah dengan memberikan imunisasi MMR. Imunisasi ini diberikan pada saat si Kecil berusia satu tahun, dan diberikan lagi ketika si Kecil berumur lima tahun. Cara lain untuk mencegah tertular penyakit gondongan adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan dan berbagai peralatan yang digunakan si Kecil. Jika ada anggota keluarga yang sudah tertular, maka upayakan untuk memisahkan peralatan makan dan mandi, serta kontak terhadap cairan tubuh dalam bentuk apapun pada si penderita.

Biasakan si Kecil untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dengan rutinitas mandi dua kali sehari. Ini akan menjaga kebersihan tubuh si Kecil setelah si Kecil beraktivitas. Selain itu, biasakan pula untuk selalu mencuci tangan setelah beraktivitas dan sebelum makan atau tidur. Bakteri dan virus jahat biasanya banyak bersarang pada bagian tangan yang digunakan untuk memegang berbagai benda.

Baca Juga:  Rekomendasi Tempat Rekreasi Edukatif di Bandung

Pengobatan pada Penyakit Gondongan

Setidaknya untuk mengatasi penyakit gondongan yang terjadi pada si Kecil, Bunda bisa menerapkan enam tips berikut ini.

Istirahat yang Cukup

Ketika terasa ada gejala penyakit gondongan, maka akan lebih baik jika si Kecil tinggal di rumah dan beristirahat dahulu. Istirahat yang cukup akan membantu sistem kekebalan tubuh si Kecil untuk melawan virus dan meredakan gejalanya. Upayakan si Kecil mendapat istirahat yang optimal setiap harinya. Untuk aktivitas sendiri, disarankan untuk mengurangi secara signifikan. Jika si Kecil menderita gondongan, Bunda bisa mengurus izin sekolah untuk beberapa saat, agar si Kecil tidak bertemu banyak orang. Ini membantu si Kecil mendapatkan istirahat yang dibutuhkan dan mengurangi resiko penularan.

Jaga Cairan Tubuh dan Minum Elektrolit

Selalu sediakan air mineral untuk si Kecil agar tidak terjadi dehidrasi. Memang gondongan akan mempengaruhi nafsu makannya, namun kadar cairan dalam tubuh si Kecil harus tetap terjaga. Selain itu, berikan tambahan elektrolit agar gejala yang muncul tidak bertambah parah.

Bersihkan Rumah

Untuk mencegah virus menyebar, bersihkan rumah secara menyeluruh. Menjaga kebersihan dan higienitas lingkungan rumah bisa membantu si Kecil terhindar dari virus lain yang mungkin mengancam. Bunda harus senantiasa memastikan lingkungan rumah dalam keadaan bersih.

Pengendalian Rasa Sakit

Ketika terjadi nyeri pada si kecil, sebaiknya Bunda meredakan dengan cara alami. Misalnya dengan mengolesi dengan minyak pereda nyeri, atau dikompres. Pengompresan dengan cool pack atau es batu bisa mengurangi pembengkakan yang terjadi pada si Kecil. Jika tidak membaik, Bunda bisa menggunakan obat seperti Bundaprofen atau obat lain yang disarankan oleh dokter.

Tanaman Antivirus

Tanaman alami antivirus bisa membantu meredakan gejala dan gondongan yang dialami oleh si Kecil. Tidak seperti antibiotik yang memiliki efek samping, tanaman ini sangat minim efek samping karena bersifat alami. Bahan alami yang bisa digunakan antara lain minyak oregano, bawang putih, ekstrak daun zaitun dan sejenisnya.

Baca Juga:  Biaya Masuk Sekolah Dasar Tahun Ini di Jakarta Timur

Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi

Memang konsumsi makanan bergizi tidak harus menunggu tertular virus tertentu. Makanan kaya nutrisi yang dikonsumsi si Kecil bisa membantunya untuk melawan virus gondongan yang dialami. Selain itu, makanan sehat ini juga bisa membantu menekan resiko terjadinya komplikasi penyakit lain, seperti infeksi pada telinga. Contoh makanan yang baik untuk melawan virus ini adalah buah beri, alpukat, kentang manis, apel, wortel, selai kacang dan bawang putih.

Dengan menerapkan keenam tips di atas, Bunda bisa membantu mencegah dan mengatasi gondongan pada si Kecil. Tetaplah menjaga kebersihan dan memberikan asupan nutrisi yang baik pada si Kecil. Jika gejala tidak membaik atau semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Keselamatan dan kesehatan si Kecil adalah prioritas utama, jadi jangan ragu untuk mengambil tindakan yang diperlukan.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com