Selain Gratis, Ini 5 Alasan Orang Tua Menyekolahkan Anak Ke Sekolah Negeri


Tulisan ini akan membahas tentang alasan orang tua memilih menyekolahkan anak-anaknya di sekolah negeri. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak orang tua yang lebih memilih menyekolahkan anak-anaknya di sekolah swasta. Alasan utama yang sering dikemukakan adalah kualitas pendidikan yang lebih baik. Namun, ternyata masih ada juga orang tua yang memilih sekolah negeri untuk anak-anak mereka. Alasan-alasan ini mungkin tidak terlalu sering didengar, namun sangat masuk akal dan patut dipertimbangkan.

Salah satu alasan yang sering dikemukakan adalah bahwa kualitas sekolah negeri tidak kalah dengan sekolah swasta. Menurut beberapa orang tua yang menyekolahkan anaknya di sekolah negeri, kualitas pendidikannya tidak kalah dengan sekolah-sekolah swasta di wilayahnya. Dari segi bangunan, fasilitas, tenaga pengajar, metode belajar hingga ragam kegiatan ekstrakurikulernya pun sudah hampir setara dengan sekolah-sekolah swasta. Jadi, tak perlu bayar mahal untuk belajar di sekolah swasta jika di sekolah negeri pun bisa mendapatkan kualitas yang baik.

Selain itu, ada juga orang tua yang memilih menyekolahkan anaknya di sekolah negeri agar anak bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar yang multi status. Misalnya, saat memutuskan untuk menyekolahkan anaknya di salah satu SD negeri di bilangan Jakarta Selatan, seorang ibu bernama Nani memilih sekolah negeri dengan alasan untuk memperlihatkan realita bahwa dunia ini tidak selalu akan senyaman yang anak bayangkan. Anak harus belajar untuk menghadapi kondisi yang tidak selamanya akan selalu nyaman. Dengan menyekolahkan anak di sekolah negeri, diharapkan anak bisa belajar beradaptasi dengan keadaan sekitarnya yang datang dari beragam suku, agama, ras, hingga status sosial yang berbeda.

Selanjutnya, ada juga orang tua yang memilih menyekolahkan anak di sekolah negeri untuk menyiapkan dana yang lebih baik untuk kuliah. Sebagai contoh, ada pasangan suami istri yang awalnya berencana memiliki satu anak dan akan menyekolahkannya di sekolah swasta yang bagus. Namun, rencana mereka berubah ketika anak kedua hadir tanpa direncanakan. Mereka khawatir jika sang adik nantinya tidak bisa mendapatkan pendidikan sebaik sang kakak di sekolah swasta karena biayanya yang besar. Setelah melalui banyak pertimbangan, mereka akhirnya memutuskan untuk menyekolahkan sang kakak di SD negeri terdekat dan terbaik. Karena bebas biaya, dana yang ada bisa ditabung untuk pendidikan lanjutan anak-anaknya kelak.

Baca Juga:  6 Ide Kreatif Dekorasi Rumah dari Bahan Bekas

Tidak hanya itu, ada juga orang tua yang memilih menyekolahkan anak di sekolah negeri karena sekolah negeri dianggap lebih bergengsi. Terutama untuk tingkatan SMP dan SMA, sekolah negeri dianggap lebih bergengsi ketimbang sekolah swasta. Hal ini disebabkan karena untuk masuk ke sekolah negeri tidak mudah, harus berkompetisi dengan banyak siswa lain, bahkan yang berasal dari luar daerah. Ketika anak mereka berhasil lolos masuk ke sekolah negeri, terutama melalui jalur prestasi, kemampuan akademik anak tersebut terbukti bagus.

Selain itu, ada juga orang tua yang memilih menyekolahkan anak di sekolah negeri karena mereka berpikir bahwa peluang masuk universitas negeri akan lebih besar. Sebagai contoh, seorang ibu bernama Tina berencana untuk menyekolahkan putranya di SMA negeri yang pernah ia tempuh. Menurutnya, SMA negeri, terutama yang termasuk dalam kategori favorit, sangat mendukung siswa-siswinya untuk dapat masuk ke perguruan tinggi negeri. Dukungan ini dapat berupa program seleksi masuk seperti Program Mandiri Khusus (PMDK) atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Selain itu, sekolah juga memberikan pendalaman materi dan dukungan lainnya agar siswa-siswinya dapat lolos ujian masuk universitas negeri.

Dari kelima alasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa memilih menyekolahkan anak di sekolah negeri bukan hanya karena faktor biaya yang gratis. Ada banyak pertimbangan lain yang masuk akal dan penting untuk dipertimbangkan oleh orang tua. Kualitas sekolah negeri yang tidak kalah dengan sekolah swasta, kesempatan untuk anak belajar beradaptasi dengan lingkungan sekitar, kesempatan untuk menyiapkan dana pendidikan yang lebih baik, keberhasilan masuk ke sekolah negeri yang bergengsi, dan peluang masuk universitas negeri yang lebih besar, semua menjadi pertimbangan penting bagi orang tua dalam memilih sekolah untuk anak-anaknya.

Baca Juga:  5 Tanda Atasan Ingin Anda Segera Resign

Dalam mengambil keputusan, orang tua tentu saja harus mempertimbangkan berbagai faktor yang ada. Setiap anak memiliki karakteristik dan kebutuhan pendidikan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk melakukan penelitian dan mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk menyekolahkan anak di sekolah negeri atau swasta. Dalam hal ini, tidak ada pilihan yang benar atau salah, yang penting adalah memilih yang terbaik untuk anak-anak kita agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dalam lingkungan pendidikan yang sesuai dengan mereka.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com