Biaya Masuk Sekolah Dasar di Medan Tahun Ajaran Baru


Biaya Sekolah Dasar di Medan: Uang Pangkal dan SPP Bulanan Tahun Ajaran Baru 2024

Pada akhir tahun seperti ini, para orang tua mulai sibuk mencari sekolah untuk anak-anak mereka. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah tentang biaya sekolah dasar di Medan. Memang benar bahwa biaya sekolah cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, dalam tulisan ini akan disajikan daftar biaya uang pangkal dan biaya bulanan beberapa sekolah dasar di Medan.

1. SDIT Siti Hajar

SDIT Siti Hajar terletak di Jalan Letjen Jamin Ginting, Jl. Paya Bundung No.Km, Simpang Selayang, Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan. Untuk uang pangkal di sekolah ini, orang tua harus membayar sebesar Rp 7 juta. Sedangkan untuk biaya SPP bulanan, orang tua harus mengeluarkan uang sebesar Rp 900 ribu.

2. SD Jabal Rahmah Mulia

SD Jabal Rahmah Mulia berada di Jalan Balai Desa No. 24 H, Sunggal, Medan. Untuk uang pangkal di sekolah ini, orang tua harus membayar sebesar Rp 8,5 juta. Sementara itu, biaya SPP bulanan di sekolah ini sebesar Rp 520 ribu.

3. Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu

Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu terletak di Jl. Puri No.154/346, Kota Matsum II, Kec. Medan Area, Kota Medan. Untuk uang pangkal di sekolah ini, orang tua harus mengeluarkan uang sebesar Rp 7 juta. Sedangkan biaya SPP bulanan di sekolah ini sebesar Rp 575 ribu.

4. Shafiyyatul Amaliyyah

Shafiyyatul Amaliyyah terletak di Jl. Setia Budi No.191, Tj. Rejo, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan. Uang pangkal di sekolah ini cukup tinggi, yaitu sebesar Rp 14 juta. Sementara itu, biaya SPP bulanan di sekolah ini sebesar Rp 1,3 juta.

Baca Juga:  Bermain Cat untuk Membantu Perkembangan Otak

5. SD Al-Azhar

SD Al-Azhar berada di Jl. Pintu Air IV No.214, Kwala Bekala, Kec. Medan Johor, Kota Medan. Untuk uang pangkal di sekolah ini, orang tua harus membayar sebesar Rp 10 juta. Sedangkan biaya SPP bulanan di sekolah ini sebesar Rp 900 ribu.

6. Singapore International School

Singapore International School terletak di Jl. Jamin Ginting No.Km. 8.5, Mangga, Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan. Uang pangkal di sekolah ini cukup tinggi, yaitu sebesar Rp 28 juta. Sementara itu, biaya SPP tahunan di sekolah ini mencapai Rp 66 juta.

7. HighScope Indonesia

HighScope Indonesia berlokasi di Block B12, Kompleks Citra Garden, Jl. Citra Garden No.5, Titi Rantai, Kec. Medan Baru, Kota Medan. Uang pangkal di sekolah ini sebesar Rp 25 juta. Sementara itu, biaya SPP bulanan di sekolah ini mencapai Rp 3,3 juta. Selain itu, terdapat juga biaya tahunan sebesar Rp 5 juta.

8. Prime One School

Prime One School terletak di Jl. Jenderal Besar A.H. Nasution No.88A, Harjosari II, Kec. Medan Amplas, Kota Medan. Uang pangkal di sekolah ini sebesar Rp 15 juta. Sementara itu, biaya SPP bulanan di sekolah ini mencapai Rp 2,75 juta.

9. Chandra Kumala School

Chandra Kumala School berada di Jalan Letjen S Parman, Petisah Hulu, Medan Baru, Petisah Hulu, Kec. Medan Baru, Kota Medan. Untuk uang pangkal di sekolah ini, orang tua harus membayar sebesar Rp 7,5 juta. Sedangkan biaya SPP bulanan di sekolah ini sebesar Rp 2 juta.

Dari daftar di atas, terlihat bahwa biaya sekolah dasar di Medan bervariasi. Ada sekolah yang menetapkan biaya uang pangkal dan SPP bulanan yang cukup terjangkau, seperti SDIT Siti Hajar dan Perguruan Islam Al-Ulum Terpadu. Namun, ada juga sekolah yang menetapkan biaya yang lebih tinggi, seperti Shafiyyatul Amaliyyah dan Singapore International School.

Baca Juga:  5 Cara Agar si Kecil Dekat dengan Kakek-Nenek

Orang tua tentu perlu mempertimbangkan dengan matang mengenai biaya sekolah yang harus mereka keluarkan. Selain itu, mereka juga perlu memperhatikan kualitas pendidikan yang diberikan oleh sekolah tersebut. Meskipun biaya sekolah yang tinggi tidak menjamin kualitas pendidikan yang lebih baik, namun beberapa sekolah dengan biaya yang lebih tinggi mungkin menawarkan fasilitas dan program pendidikan yang lebih lengkap.

Selain itu, orang tua juga perlu memperhitungkan faktor jarak dan transportasi. Sekolah yang jauh dari tempat tinggal atau sulit dijangkau akan menambah biaya transportasi harian. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mempertimbangkan semua faktor tersebut dalam memilih sekolah yang sesuai untuk anak mereka.

Selain itu, perlu dicatat bahwa biaya sekolah yang disebutkan di atas adalah hanya sebagian dari total biaya yang harus dikeluarkan oleh orang tua. Masih terdapat biaya lain seperti seragam, buku-buku, dan kegiatan ekstrakurikuler yang mungkin juga perlu diperhitungkan.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai biaya masuk sekolah di Jakarta, Bandung, Tangerang, Bogor, Yogyakarta, Depok, orang tua dapat melakukan penelitian lebih lanjut atau menghubungi langsung sekolah-sekolah yang menjadi pilihan mereka.

Dalam memilih sekolah untuk anak-anak mereka, orang tua perlu mempertimbangkan dengan matang segala aspek yang terkait dengan biaya sekolah. Kualitas pendidikan yang diberikan oleh sekolah, fasilitas yang disediakan, dan faktor-faktor lain seperti jarak dan transportasi, semuanya perlu dipertimbangkan dengan seksama.

Pendidikan adalah investasi jangka panjang bagi masa depan anak-anak kita. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika orang tua meluangkan waktu dan tenaga untuk mencari sekolah yang terbaik bagi anak-anak mereka. Dengan mempertimbangkan semua faktor yang relevan, diharapkan orang tua dapat membuat keputusan yang tepat dan memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak mereka.

Baca Juga:  Mengenal Perbedaan Stres, Cemas, dan Depresi


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com