Review: Medela SpecialNeeds Feeder


Medela SpecialNeeds Feeder merupakan botol susu khusus yang dirancang untuk membantu proses feeding bayi yang memiliki masalah minum. Botol ini tidak hanya diperuntukkan bagi bayi dengan kelainan seperti Zizy yang memiliki celah bibir dan langit-langit, tetapi juga dapat digunakan oleh bayi prematur yang lemah hisapannya. Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih detail tentang kelebihan dan kekurangan dari Medela SpecialNeeds Feeder serta manfaatnya bagi bayi yang mengalami kesulitan dalam proses menyusui.

Kelebihan dari Medela SpecialNeeds Feeder sangatlah banyak. Pertama, botol ini sangat sensitif terhadap hisapan yang lemah sekalipun. Dengan adanya katup satu arah, udara tidak dapat memasuki dot dari luar, sehingga hisapan bayi yang lemah sekalipun akan menciptakan tekanan pada dot dan memungkinkan susu mengalir. Selain itu, aliran susu juga dapat diatur sesuai dengan kemampuan bayi, dengan tiga kecepatan yang berbeda. Hal ini memungkinkan bayi untuk mengatur sendiri kecepatan dan jumlah susu yang ingin diminum.

Salah satu kelebihan lainnya adalah kemampuan bagi orang tua untuk membantu mengalirkan susu. Dengan menekan dot, susu dapat lebih mudah mengalir dan membantu bayi dalam proses minum. Namun, jika bayi berhenti menghisap atau dot tidak ditekan, aliran susu akan berhenti secara otomatis. Hal ini sangat penting untuk mencegah bayi tersedak dan terjadi aspirasi, terutama bagi bayi dengan celah langit-langit seperti Zizy yang memiliki risiko tinggi aspirasi.

Selain itu, semua bagian dari Medela SpecialNeeds Feeder dapat dicuci dan disterilkan, sehingga botol ini dapat digunakan berulang kali dengan aman dan higienis. Ukuran botolnya juga sama dengan ukuran botol standar, sehingga botol pengganti dapat dengan mudah didapatkan. Namun, ada kekurangan dari botol ini. Bagian katup mungkin sulit untuk dicuci karena harus teliti dalam membersihkannya. Selain itu, komponen pengganti botol ini juga sulit untuk dicari dan harga botol ini relatif mahal.

Baca Juga:  Pemeriksaan Penyaring Pasutri

Meskipun memiliki kekurangan, Medela SpecialNeeds Feeder tetap menjadi pilihan yang baik bagi orang tua yang memiliki bayi dengan masalah minum. Botol ini sangat membantu dalam proses feeding bayi yang memiliki celah bibir dan langit-langit atau bayi prematur dengan hisapan yang lemah. Dengan menggunakan botol ini, bayi dapat belajar menghisap dengan lebih baik dan otot rahangnya juga terlatih seperti bayi normal yang dapat menyusu langsung.

Bagi saya pribadi, Medela SpecialNeeds Feeder sangat membantu dalam proses feeding Zizy. Sebelumnya, Zizy minum menggunakan pipet yang cukup merepotkan dan berisiko tumpah. Dengan menggunakan botol ini, Zizy dapat “menentukan sendiri” kapan ia menghisap dan otot rahangnya terlatih seperti bayi normal. Saya juga merasa lebih tenang karena adanya katup satu arah yang mencegah aspirasi dan tersedak.

Selain itu, Medela SpecialNeeds Feeder juga dapat digunakan oleh bayi prematur yang cenderung memiliki hisapan yang lemah. Bayi prematur sering mengalami kesulitan dalam proses menyusui karena belum memiliki kemampuan hisap yang kuat. Dengan menggunakan botol ini, bayi prematur dapat belajar menghisap secara perlahan dan memperkuat otot-otot rahangnya.

Namun, sebelum menggunakan Medela SpecialNeeds Feeder, kita perlu mempertimbangkan harga botol ini. Harganya berkisar antara Rp. 495.000 hingga 650.000, yang mungkin tergolong mahal bagi sebagian orang. Namun, jika kita mempertimbangkan manfaat yang dapat diberikan oleh botol ini, harga tersebut mungkin sebanding.

Untuk mendapatkan Medela SpecialNeeds Feeder, kita dapat mencarinya di rumah sakit atau melalui toko online. Saat ini, botol ini sudah tersedia secara online, sehingga kita dapat dengan mudah mencari harga terbaik dan membelinya secara praktis. Namun, kita perlu ingat bahwa komponen pengganti botol ini sulit untuk dicari, sehingga kita harus lebih teliti dalam menggunakan dan merawat botol ini agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Baca Juga:  8 Rekomendasi Sayuran Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Secara keseluruhan, Medela SpecialNeeds Feeder merupakan solusi yang baik bagi bayi yang mengalami masalah dalam proses menyusui. Botol ini sangat sensitif terhadap hisapan lemah, dapat diatur aliran susunya, dan dapat membantu bayi dalam mengalirkan susu. Selain itu, botol ini juga dapat digunakan oleh bayi prematur yang memiliki hisapan yang lemah. Meskipun memiliki kekurangan dalam hal perawatan dan harga, manfaat yang diberikan oleh botol ini sangat berarti bagi bayi yang membutuhkannya.

Dalam pengalaman saya sebagai ibu yang memiliki bayi dengan masalah minum, Medela SpecialNeeds Feeder memang menjadi pilihan yang tepat. Botol ini membantu Zizy dalam proses feeding dan membuatnya lebih nyaman dalam menghisap. Saya sangat terbantu dengan adanya botol khusus ini dan saya sangat merekomendasikannya bagi orang tua yang memiliki bayi dengan masalah minum.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com