Resep Comfort Food Untuk Bumil dari Ayah

Resep Comfort Food Untuk Bumil dari Ayah

Ketika seorang ibu mengalami kehamilan, ada banyak perubahan yang terjadi dalam tubuhnya. Salah satunya adalah perubahan pada selera makan. Banyak ibu hamil yang mengalami mual dan muntah, sehingga sulit untuk menikmati makanan. Namun, sebagai seorang ayah, Anda bisa membantu ibu hamil dengan membuatkan comfort food yang lezat dan bergizi. Berikut ini adalah beberapa resep comfort food yang bisa Anda buat untuk ibu hamil.

1. Ayam Panggang Saus Buah Pear

Bahan-bahan:
– 3 buah pear ukuran sedang
– 750 gram dada ayam, dipotong panjang (seperti chicken nugget)
– 2 sendok makan pasta tomat
– 2 siung bawang merah, iris tipis
– 2 siung bawang putih, iris tipis
– 2 sendok makan cuka apel (bisa diganti dengan ½ sendok teh perasan lemon)
– 1 sendok makan gula coklat
– 1 sendok makan kecap inggris
– 1 sendok teh cabe bubuk (bisa dipakai bisa tidak)
– ½ sendok teh lada hitam, dibagi dua hingga menjadi masing-masing ¼
– ½ sendok teh garam, dibagi dua hingga menjadi masing-masing ¼
– 2 sendok teh minyak goreng

Cara membuat:
1. Potong dua tiap buah pear, sisihkan bijinya kemudian potong-potong kecil. Letakkan buah pear yang telah dipotong-potong, pasta tomat, bawang merah, bawang putih, cuka apel, gula coklat, kecap inggris, cabe bubuk, ¼ lada hitam dan ¼ garam serta 1 sendok makan air di dalam blender atau food processor, kemudian proses hingga menjadi saus. Bagi saus ke dalam 2 mangkuk.
2. Siapkan panggangan. Oles tiap ayam dengan minyak, sisa garam dan lada hitam, kemudian panggang hingga 3 menit per bagian. Jika warnanya telah berubah, mulai oleskan saus buah pear. Panggang tiap sisi selama 3-5 menit (tergantung ketebalan dada ayam).
3. Angkat ayam dari panggangan dan oleskan lagi saus yang tak terkena dada ayam mentah. Jika ibu suka, sausnya bisa dimakan lagi untuk cocolan ayam.

Baca Juga:  Bagaimana Caranya agar Anak Tak Dehidrasi Saat Latihan Puasa?

Ayam panggang saus buah pear adalah hidangan yang lezat dan kaya akan protein. Pear dalam saus ini memberikan rasa manis alami dan kelezatan pada hidangan. Ayam panggang ini bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk mengatasi mual dan memberikan asupan nutrisi yang baik bagi ibu hamil.

2. Sup Bihun Ayam Jagung Manis

Bahan-bahan:
– 2 wortel besar, iris-iris
– 2 daun bawang, iris tipis-tipis
– 2 buah jagung manis, disisir
– 2 buah bihun
– 1 ikat peterseli, potong kecil-kecil

Untuk kaldu:
– 2 bawang Bombay, potong empat
– 1 dain bawang, potong besar
– 2 wortel, iris besar
– 2 buah daun salam
– 6 buah lada hitam
– 1.3 kg ayam

Cara membuat:
1. Letakkan semua bahan kaldu dan ayam di dalam wadah besar, kemudian tuangkan air sebanyak 3 liter. Rebus, kecilkan api dan masak hingga 1 – 1 ½ jam, hingga ayamnya matang. Sisihkan lemak di atas kaldu setiap 20 menit. Ambil ayamnya dan dinginkan. Kemudian saring kaldunya dan sisihkan lemaknya.
2. Cuci wadah dan letakkan kaldu kembali, lalu panaskan dengan api suhu tinggi hingga air berkurang hingga 2 liter. Tambahkan wortel dan daun bawang, kemudian didihkan hingga 10 menit.
3. Sementara itu, potong-potong ayam, buang kulit dan dadanya. Masukkan ke dalam wadah bersama jagung manis. Tambahkan bihun dan masak hingga 7 menit sampai semuanya matang. Tuangkan ke dalam mangkuk, dan taburi dengan peterseli.

Sup bihun ayam jagung manis adalah hidangan yang lezat dan kaya akan serat. Sup ini memberikan rasa hangat dan kenyang, serta memberikan nutrisi yang penting bagi ibu hamil dan janin dalam kandungannya.

Dengan membuat resep comfort food ini, Anda tidak hanya membantu ibu hamil untuk mengatasi mual dan muntah, tetapi juga memberikan asupan nutrisi yang baik bagi ibu dan janin. Selain itu, dengan ikut terlibat dalam persiapan makanan, Anda juga bisa memberikan dukungan dan kasih sayang kepada ibu hamil. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep comfort food ini dan buat ibu hamil merasa nyaman dan bahagia selama masa kehamilan.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com