7 Film Indonesia Tentang Sekolah yang Bisa Menginspirasi Anak-anak


Film Indonesia tentang sekolah bisa menjadi tontonan yang menginspirasi anak-anak untuk terus bersemangat dalam mengenyam pendidikan. Dalam film-film ini, terdapat pelajaran berharga yang dapat dipetik dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari anak-anak. Meskipun mungkin Anda sudah menonton beberapa film ini sebelumnya, tidak ada salahnya untuk menontonnya lagi bersama anak-anak Anda.

Memberikan tontonan film tentang sekolah kepada anak-anak adalah langkah yang bagus dalam mendidik mereka. Namun, lebih bagus lagi jika Anda hadir untuk mendampingi mereka. Dengan hadirnya Anda, Anda dapat membantu menjelaskan alur cerita atau pesan yang disampaikan dalam film agar sampai ke anak-anak dengan baik.

Berikut ini adalah daftar film Indonesia tentang sekolah yang dapat menjadi tontonan yang mendidik bagi anak-anak:

1. Denias, Senandung di Atas Awan (2006)
Film ini mengangkat tema tentang keinginan kuat untuk sekolah meskipun tidak didukung dengan kondisi sekolah yang memadai. Cerita ini berpusat pada Denias, seorang anak yang tinggal di kaki pegunungan Jayawijaya. Ketika guru favoritnya harus kembali ke Jawa, Denias harus mencari sekolah baru dengan banyak rintangan. Meskipun menghadapi berbagai kesulitan, semangat Denias dalam mendapatkan pendidikan yang layak tidak pernah pudar.

2. Laskar Pelangi (2008)
Film ini pernah menjadi viral pada masanya dan hingga kini tetap menarik untuk ditonton. Cerita ini mengisahkan perjuangan Ikal dan teman-temannya dalam mempertahankan sekolah mereka agar tidak ditutup. Kehidupan sehari-hari geng Laskar Pelangi yang saling mendukung dalam menjalani pendidikan dijamin akan membuat semangat belajar anak-anak Anda membara setelah menontonnya.

3. Serdadu Kumbang (2011)
Film ini mengisahkan tentang Amek, seorang siswa SD yang tidak lulus ujian. Dengan bantuan sang kakak yang pintar, Amek terus belajar dan menemukan kelebihan di bidang berkuda. Meskipun mengalami rasa tidak percaya diri karena kondisi bibir sumbingnya, Amek membuktikan bahwa keterbatasan fisik bukanlah halangan untuk mengejar mimpinya. Film ini akan mengajarkan kepada anak-anak bahwa mereka dapat mengatasi setiap hambatan yang menghalangi mereka untuk meraih pendidikan yang layak.

Baca Juga:  ART: Pulang Pergi Atau Menginap?

4. 5 Elang (2011)
Film dengan sentuhan tema petualangan ini tidak hanya mengajak anak-anak bergabung bersama Baron dan teman-temannya dalam mencari teman-teman mereka yang diculik saat perkemahan pramuka, tetapi juga mengenalkan mereka pada kegiatan pramuka dan cara beradaptasi saat harus pindah ke lingkungan baru. Baron, tokoh utama dalam film ini, akan mengajarkan nilai-nilai kebersamaan dan keberanian kepada anak-anak Anda.

5. Di Timur Matahari (2012)
Film ini mengangkat kisah tentang keterbatasan sumber daya manusia dalam pendidikan di daerah Indonesia Timur. Ketika anak-anak semangat belajar, tidak ada guru yang datang ke sekolah mereka. Para siswa pun mencari pelajaran dari lingkungan sekitar mereka. Film ini akan mengajarkan kepada anak-anak tentang pentingnya semangat belajar dan kerja sama dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapi dalam pendidikan.

6. Sokola Rimba (2013)
Film ini mengisahkan tentang seorang anak yang bertekad untuk belajar membaca demi menyelamatkan desanya. Ia harus menempuh perjalanan selama tujuh jam setiap harinya untuk bisa bersekolah langsung dari seorang guru yang mengajarkan baca tulis kepada anak-anak masyarakat suku dalam atau Orang Rimba. Namun, ia menghadapi masalah ketika keinginannya untuk mendidik bertentangan dengan adat istiadat daerah. Film ini akan mengajarkan kepada anak-anak tentang pentingnya pendidikan dan keberanian dalam menghadapi hambatan-hambatan yang mungkin muncul.

7. Jembatan Pensil (2017)
Film ini mengisahkan tentang perjalanan seorang anak bernama Ondeng dan teman-temannya yang harus melewati perjalanan yang sulit demi bisa sampai ke sekolah yang gratis. Mereka harus melintasi jembatan yang rapuh dan berjuang untuk membangun jembatan yang lebih layak agar teman-teman mereka bisa pergi ke sekolah dengan nyaman. Film ini akan mengajarkan kepada anak-anak tentang pentingnya keyakinan, keberanian, dan kerja keras dalam meraih pendidikan yang layak.

Baca Juga:  7 Tips Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia 3-6 Tahun

Film-film di atas memiliki pesan-pesan yang kuat dan dapat memberikan inspirasi kepada anak-anak untuk terus semangat dalam belajar. Selain itu, film-film ini juga mengajarkan nilai-nilai seperti keberanian, kebersamaan, dan kerja keras. Dalam menonton film-film ini bersama anak-anak, Anda dapat menjelaskan alur cerita dan pesan-pesan yang terkandung dalam film agar anak-anak dapat memahaminya dengan baik.

Setelah menonton film-film ini, penting bagi Anda untuk mendiskusikan apa yang telah mereka lihat dan pelajari dari film tersebut. Anda dapat bertanya kepada mereka tentang hal-hal yang mereka pahami atau nilai-nilai apa yang dapat mereka ambil dari cerita yang disampaikan dalam film. Diskusi ini dapat membantu memperkuat pemahaman anak-anak tentang pentingnya pendidikan dan nilai-nilai positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Selain itu, Anda juga dapat mengajak anak-anak untuk menggambar atau menulis cerita pendek tentang pengalaman mereka di sekolah atau tentang hal-hal yang mereka pelajari dari film-film ini. Hal ini dapat membantu mereka dalam mengungkapkan pemikiran dan perasaan mereka serta mengembangkan kreativitas mereka.

Dalam kesimpulan, film-film Indonesia tentang sekolah dapat menjadi tontonan yang menginspirasi dan mendidik bagi anak-anak. Film-film ini mengajarkan nilai-nilai positif seperti semangat belajar, keberanian, kebersamaan, dan kerja keras. Dengan mendampingi anak-anak Anda dalam menonton film-film ini dan mendiskusikan apa yang mereka lihat dan pelajari, Anda dapat membantu memperkuat pemahaman mereka tentang pentingnya pendidikan dan nilai-nilai positif dalam kehidupan sehari-hari.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com