Rekomendasi Pesantren Kilat untuk Anak SD, SMP dan SMA. Ada di Jakarta, Bandung, hingga Malang



Pesantren kilat atau sanlat telah menjadi salah satu kegiatan yang hanya ada di bulan Ramadan. Kegiatan ini biasanya menjadi wadah bagi mereka yang ingin menambah pengetahuan dan ilmu agama. Pesantren kilat juga memberikan banyak manfaat bagi anak-anak yang mengikutinya. Selain dapat menambah teman, pesantren kilat juga dapat menumbuhkan kemandirian serta membantu anak-anak menjadi semakin fasih dalam membaca Al-Quran.

Bagi para orangtua yang ingin memasukkan anak-anak mereka ke pesantren kilat, biasanya sekolah tempat anak-anak belajar dan masjid-masjid besar di sekitar lingkungan tempat tinggal menyediakan dan menyelenggarakannya. Biasanya, kegiatan sanlat dilakukan selama 2 hari saat akhir pekan, tetapi ada juga pesantren kilat yang berlangsung lebih dari 7 hari.

Namun, jika Anda ingin memberikan pengalaman dan lingkungan baru kepada anak-anak Anda dengan mengikuti pesantren kilat di tempat lain, berikut ini adalah beberapa rekomendasi pesantren kilat yang bisa Anda coba untuk anak-anak SD, SMP, dan SMA.

1. Pesantren Kilat Ramadan di Pondok Pesantren Darunnajah
Pondok Pesantren Darunnajah menyelenggarakan Pesantren Kilat Ramadan (PESILAT) 1444 H yang ditujukan untuk anak-anak SD dan SMP. Di pesantren kilat ini, anak-anak akan dibimbing langsung oleh kakak-kakak mahasiswa Universitas Darunnajah. Terdapat banyak rangkaian acara yang sudah disiapkan, dan akan ada juga guest star hebat yang akan hadir dalam kegiatan sanlat ini.

Pelaksanaan: Jumat-Minggu, 7-9 April 2023
Alamat: Jl. Ciledug Raya No. 01, RT.1/RW.3, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan 12250
Biaya: Rp250.000/orang. Diskon 50% bagi yang mendaftar pada 10-23 Maret 2023.
Website: https://www.darunnajah.ac.id/pesantren-kilat-ramadhan-2023/

2. Pesantren Kilat Ramadan di Ponpes Al Khoirot
Program pesantren Ramadan di Ponpes Al Khoirot memiliki dua jenis kegiatan, yaitu khusus untuk santri kilat yang wawasan dasar agamanya masih minim bahkan nol, dan santri kilat yang sudah memiliki pengetahuan agama yang baik. Tidak ada batasan usia untuk mengikuti pesantren kilat Ramadan di sini, karena kegiatan ini bisa diikuti oleh semua umur mulai dari 12 tahun hingga 80 tahun.

Baca Juga:  Menyiapkan Kehamilan dengan Detoksifikasi Sehat

Anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun juga dapat mengikuti kegiatan pesantren kilat dengan syarat harus ditemani oleh walinya (orangtua atau kerabat) atau memiliki kenalan santri yang sedang mondok.

Alamat: Jl. KH Syuhud Zayyadi No.01, Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Pagelaran, Malang Regency, Jawa Timur 65174
Biaya: Rp392.000
Website: https://alkhoirot.com/pondok-pesantren-ramadhan/

3. Pesantren Kilat Islamic Science Camp di Planet Sains
Planet Sains menyelenggarakan pesantren kilat dengan program bebas pilih yang disukai anak-anak. Salah satu program yang mereka tawarkan adalah Islamic Science Camp, yang diselenggarakan selama 2 hari untuk anak-anak usia 7-15 tahun.

Pelaksanaan: Sabtu-Minggu, 15-16 April 2023
Meeting point: Taman Ganesha ITB Bandung
Biaya: Rp880.000/anak, untuk 2 hari 1 malam.
Website: https://planetsains.com/28/12/2022/pesantren-kilat-1444-h-islamic-science-camp/

Dengan mengikuti pesantren kilat, anak-anak dapat belajar lebih banyak tentang agama, meningkatkan kemandirian, serta memperdalam pemahaman mereka dalam membaca Al-Quran. Pesantren kilat juga menjadi kesempatan bagi mereka untuk bertemu dengan teman-teman baru dan menjalin silaturahmi dengan sesama muslim.

Pesantren kilat merupakan kegiatan yang tidak hanya bermanfaat bagi anak-anak, tetapi juga bagi orang dewasa. Dalam pesantren kilat, orang dewasa dapat memperdalam pengetahuan dan pemahaman mereka tentang agama, serta berbagi pengalaman dan cerita dengan peserta lainnya.

Mengikuti pesantren kilat juga dapat memberikan pengalaman dan lingkungan baru bagi anak-anak. Mereka dapat belajar tentang keberagaman budaya dan kehidupan di tempat-tempat yang berbeda. Hal ini dapat membantu mereka menjadi lebih terbuka dan toleran terhadap perbedaan dan memperluas wawasan mereka.

Pesantren kilat juga memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mendapatkan pengalaman yang berharga dalam menghadapi tantangan dan mengembangkan keterampilan sosial mereka. Mereka akan belajar bekerja sama dalam tim, menghormati otoritas, dan menghargai perbedaan pendapat.

Baca Juga:  Kenapa Bunda Harus Rajin Berbicara dengan Janin!?

Selain itu, pesantren kilat juga dapat membantu anak-anak mengembangkan kemandirian. Mereka akan belajar untuk mandiri dalam mengatur waktu, merawat diri sendiri, dan mengatasi masalah yang mungkin muncul selama kegiatan pesantren.

Pesantren kilat juga penting dalam membantu anak-anak menjadi semakin fasih dalam membaca Al-Quran. Dalam pesantren kilat, mereka akan mendapatkan bimbingan dan latihan yang intensif dalam membaca Al-Quran sehingga mereka dapat memperbaiki kemampuan membaca mereka dengan baik.

Bagi orangtua yang ingin memasukkan anak-anak mereka ke pesantren kilat, penting untuk mencari informasi tentang pesantren kilat yang akan diikuti. Perhatikan jadwal, biaya, dan program kegiatan yang disediakan oleh pesantren kilat tersebut. Pastikan juga bahwa pesantren kilat tersebut terpercaya dan memiliki fasilitas yang memadai untuk menjaga keamanan dan kenyamanan anak-anak.

Pesantren kilat merupakan kesempatan yang baik bagi anak-anak untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru dalam agama. Dengan mengikuti pesantren kilat, anak-anak dapat memperdalam pemahaman mereka tentang agama, mengembangkan kemandirian, serta menjalin silaturahmi dengan sesama muslim.

Dalam pesantren kilat, anak-anak akan mendapatkan pengalaman berharga dalam menghadapi tantangan, bekerja sama dalam tim, dan menghormati otoritas. Mereka juga akan belajar untuk menghargai perbedaan pendapat dan memperluas wawasan mereka tentang keberagaman budaya.

Jadi, bagi para orangtua yang ingin memberikan pengalaman berharga kepada anak-anak mereka di bulan Ramadan, pesantren kilat adalah pilihan yang tepat. Tidak hanya memberikan manfaat dalam bidang agama, pesantren kilat juga dapat membantu anak-anak mengembangkan kemandirian, memperluas wawasan, serta mengembangkan keterampilan sosial mereka.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com