Rekomendasi Olahan Otak Sapi untuk MPASI

Rekomendasi Olahan Otak Sapi untuk MPASI

Pernahkah Bunda memilih otak sapi untuk MPASI si Kecil? Jika belum pernah, sebaiknya Bunda coba simak informasi berikut untuk mempertimbangkan otak sapi masuk dalam menu MPASI. Jika sudah pernah mengolah otak sapi untuk MPASI, tidak ada salahnya untuk menyimak lagi supaya lebih memahami kandungan nutrisi dalam otak sapi.

Mungkin rasanya aneh ya memasukkan otak sapi untuk MPASI si Kecil. Tapi sebenarnya olahan otak sapi untuk MPASI bukan hal yang baru, apalagi untuk orang Indonesia ada beragam hidangan khas dengan bahan otak sapi. Salah satunya gulai otak yang sering sekali kita temukan di restoran masakan Padang. Otak sapi yang termasuk dalam golongan jeroan ini sering kali disarankan untuk tidak dimakan berlebihan atau terlalu sering oleh orang dewasa, sebab ada kandungan kolesterol di dalamnya yang cukup tinggi.

Tapi jika memahami lebih lanjut, otak sapi untuk MPASI baik untuk si Kecil karena memiliki nutrisi yang tinggi dibandingkan organ-organ sapi yang lain. Nah, nutrisi apa sajakah yang terkandung di dalam otak sapi? 

Kandungan Gizi Otak Sapi

Mempertimbangkan otak sapi untuk MPASI perlu dilakukan karena di dalam organ ini terdapat kandungan nutrisi yang sehat seperti beragam vitamin, protein dan lemak yang sehat. Tentu dalam mengolah otak sapi untuk MPASI perlu teknik khusus agar nutrisinya tetap terjaga.

Otak sapi untuk MPASI bisa menjadi sumber yang baik untuk selenium dan tembaga. Selenium dapat menjaga jaringan tubuh si Kecil tetap sehat dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Tembaga di dalam otak sapi, dapat mengoptimalkan daya tahan tubuh si Kecil.

Kemudian otak sapi untuk MPASI juga bisa jadi sumber vitamin penting seperti vitamin B5 dan B12. Vitamin B5 bisa membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi dan berperan juga dalam produksi hormon. Vitamin B12 dapat menjaga kesehatan sistem saraf dan mendukung perkembangan sel darah merah baru.

Baca Juga:  Resep Es Teler kesayangan si Kecil

Selain itu mengolah otak sapi untuk MPASI dapat memenuhi kebutuhan protein dan lemak yang sehat untuk si Kecil. Setiap 4 ons otak sapi terdapat 12,3 gram protein. Kandungan ini dapat memenuhi kebutuhan protein bayi usia 0-12 bulan yang membutuhkan 12-18 gram protein setiap hari, menurut Angka Kecukupan Gizi dari Kemenkes RI. Menurut penelitian, makanan dengan tinggi protein dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otot si Kecil.

Selain itu, otak sapi untuk MPASI juga mengandung DHA, yaitu salah satu jenis asam lemak omega-3. Dan, otak sapi termasuk jenis sumber protein hewani yang mengandung 9 asam amino esensial yang lengkap. Nutrisi yang terkandung dalam otak sapi untuk MPASI ini berfungsi penting untuk mendorong fungsi otak si Kecil yang lebih sehat dan optimal. 

Pemenuhan nutrisi DHA ini perlu diimbangi dengan asupan nutrisi pendukung yang Busui konsumsi yaitu mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap. Sebab jika diibaratkan, 9AAE adalah sebuah mobil, sedangkan DHA dari otak sapi merupakan penumpangnya. Jadi, jika si Kecil kekurangan 9AAE, maka DHA dan nutrisi lainnya tidak bisa diantarkan ke tujuan masing-masing, yaitu ke dalam sel-sel tubuh. Maka dari itu, asupan 9AAE dan DHA harus saling melengkapi untuk meningkatkan perkembangan otak si Kecil agar lebih kreatif. 

Namun, jika kondisinya ASI dirasa tidak cukup, ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan ibu bertanya susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh kembang bayi ya Bu.

Rekomendasi Resep Otak Sapi untuk MPASI

Setelah memahami sejumlah kandungan nutrisi di dalam otak sapi yang baik untuk si Kecil, sekarang mari praktekkan bersama beberapa rekomendasi resep otak sapi untuk MPASI yang bisa jadi pilihan menu untuk si Kecil:

Baca Juga:  Agar Si Kecil Mau Makan Ikan

Bubur Otak Sapi untuk MPASI dengan Sayuran

Bahan-bahan:
1 cangkir beras
Bayam secukupnya
Labu siam secukupnya
Tahu secukupnya
4 ons otak sapi
1 siung bawang putih
1 siung bawang merah
Kunci (digeprek)
ASI atau air mineral sekitar 200 ml

Cara Membuat:
Untuk mengolah otak sapi untuk MPASI, sebelumnya perlu mencuci bersih otak sapi, lalu rebus selama kurang lebih 15 menit bersama 1 siung bawang putih yang sudah digeprek.
Masukkan semua bahan, termasuk otak sapi yang sudah direbus dalam slow cooker. Masak selama kurang lebih 2 jam.
Jika sudah selesai, aduk semuanya sampai rata. Buang juga bumbu yang digeprek agar tidak ikut termakan.
Blender atau saring jika diperlukan untuk mendapatkan tekstur yang sesuai untuk si Kecil.
Bubur otak sapi dengan sayuran siap disajikan untuk si Kecil.

Gulai Otak Sapi untuk MPASI

Bahan-bahan: 
250 gram otak sapi
3 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
1 batang sereh
Sejumput garam (optional)
Sejumput gula (optional)
5 sendok makan santan
500 ml ASI atau air

Bumbu halus:
3 buah kemiri
1 sendok teh ketumbar
9 siung bawang merah
3 siung bawang putih
10 gram kunyit
5 gram jahe
10 gram lengkuas
2 sendok makan minyak

Cara Membuat:
Untuk mengolah otak sapi untuk MPASI, otak perlu dikukus hingga matang kurang lebih selama 30 menit.
Haluskan semua bahan bumbu halus.
Tumis bumbu halus dengan daun jeruk, daun salam, dan sereh sampai matang.
Tambahkan ASI atau air dan masak hingga mendidih.
Tambahkan otak sapi yang sudah dikukus dan masak selama 15 menit.
Masukkan gula garam (optional) dan santan, masak hingga matang.
Gulai otak siap dimakan dengan bubur atau nasi.

Itulah sejumlah informasi mengenai otak sapi untuk MPASI si Kecil yang penting untuk Bunda ketahui. Beberapa pilihan olahan otak sapi untuk MPASI di atas juga bisa Bunda jadikan pilihan saat menentukan menu makanan untuk si Kecil.

Baca Juga:  4 Cara Menjaga Kesehatan Payudara Ketika Menyapih

Jangan lupa juga Bu, mengenalkan MPASI apapun pada si Kecil harus hati-hati dan bertahap. Jangan langsung mengenalkan aneka makanan, tapi sedikit-sedikit dulu. MPASI diharapkan dapat melatih pencernaan bayi untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan-makanan yang belum pernah dia makan sebelumnya di samping pemberian ASI yang masih menjadi sumber nutrisi pula baginya.

Yang tidak kalah penting; Bunda juga perlu mengetahui kebutuhan gizi harian si Kecil lebih terperinci. Untungnya Bunda bisa memanfaatkan fitur Kalkulator Gizi.

Dengan mengikuti rekomendasi olahan otak sapi untuk MPASI di atas, Bunda dapat memberikan makanan yang kaya nutrisi bagi si Kecil. Nutrisi dari otak sapi sangat penting untuk tumbuh kembang anak, terutama perkembangan otaknya. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep-resep di atas dan buat menu makanan yang lezat dan bergizi untuk si Kecil.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com