Rekomendasi Mainan Bayi 4 Bulan yang Menyenangkan

Rekomendasi Mainan Bayi 4 Bulan yang Menyenangkan

Seperti apa mainan bayi 4 bulan yang aman dan menyenangkan? Apa saja tips yang harus diperhatikan sebelum memilih mainan untuk si Kecil?

Memilih mainan yang tepat untuk si Kecil terkadang bisa membingungkan ya, Bu? Mainan sebaiknya tidak hanya membuat bayi terhibur tapi juga merangsang pertumbuhannya. Agar Bunda lebih mudah menentukan mainan apa yang tepat, yuk cari tahu rekomendasi mainan bayi 4 bulan di sini.

Rekomendasi Mainan Bayi 4 Bulan

Berikut ini beberapa rekomendasi mainan bayi 4 bulan yang bisa Bunda pilih untuk si Kecil, antara lain:

Boneka
Rekomendasi mainan bayi 4 bulan yang pertama yaitu boneka. Ini karena boneka bisa menstimulasi atau merangsang gerakan tangan si Kecil, baik bayi laki-laki atau perempuan. Pilihlah boneka berbahan lembut berisi kapas yang ringan dan mudah diangkat atau dipegang oleh si Kecil.

Namun, Bunda juga perlu memastikan kalau boneka tersebut tidak memiliki kancing, pita, atau aksesoris lain yang bisa dilepas. Sebab, aksesoris seperti itu bisa berbahaya karena kemungkinan besar akan tertelan oleh si Kecil. Selain itu, Bunda juga harus menjaga kebersihan boneka tersebut dengan rutin mencucinya.

Teether
Teether juga termasuk rekomendasi mainan bayi 4 bulan yang bisa Bunda berikan kepada si Kecil. Ada banyak jenis teether yang bisa dipilih, salah satunya yang berbentuk donat dan terbuat dari silikon padat. Biasanya mainan bayi 4 bulan ini bisa didinginkan di lemari es dan digunakan untuk meredakan nyeri yang dialami oleh si Kecil saat mulai tumbuh gigi.

Namun, Bunda harus memperhatikan suhu mainan, jangan sampai suhunya terlalu dingin karena dapat melukai gusi si Kecil. Sama seperti jenis mainan lainnya, teether juga harus selalu bersih karena sering digunakan di bagian mulut si Kecil untuk merangsang pertumbuhan giginya.

Baca Juga:  Alami Plasenta Previa, Tidak Bisa Melahirkan Secara Normal ?

Buku
Siapa bilang bayi 4 bulan belum bisa diberikan buku? Ternyata sejak lahir, si Kecil sudah bisa diberikan buku cerita atau dongeng lho, Bu. Pilihlah jenis buku yang berbahan kain atau board book sehingga tidak mudah robek saat si Kecil memegangnya. Selain itu, board book juga lebih mudah dibersihkan. Manfaat buku adalah untuk mengasah motorik kasar si Kecil seperti menyentuh dan memegang.

Selain itu, dengan membacakan dongeng, dapat mengasah motorik halus seperti kemampuan berbahasa, berinteraksi dan menambah kosakata dari cerita yang ada. Bunda bisa melakukan rutinitas seru dengan cara membacakan buku cerita atau dongeng kepada si Kecil sebelum tidur dan di akhir pekan.

Mainan gantungan
Rekomendasi mainan bayi 4 bulan yang selanjutnya yaitu mainan yang digantung. Gerakan dinamis dari mainan gantung sangat baik untuk mengasah perkembangan motorik dan kemampuan penglihatan bayi. Hal ini juga yang akan melatih kemampuan si Kecil untuk memusatkan perhatiannya.

Saat ini sudah banyak jenis mainan gantungan yang bisa Bunda pilih, bahkan beberapa di antaranya sudah dilengkapi bunyi-bunyian dan warna yang menarik. Selain menstimulasi penglihatan, mainan bayi 4 bulan ini pun bisa mendorong perkembangan otak si Kecil sejak hari-hari pertama dalam kehidupannya.

Mainan alat musik
Bunda ingin merangsang kemampuan mendengar si Kecil? Salah satu caranya dengan memberikan ia mainan alat musik yang menyenangkan. Ada banyak jenis mainan alat musik yang bisa Bunda pilih, mulai dari kolintang, drum, gitar mini, dan lain sebagainya. Bunda bisa mulai dengan memainkan alat musik di depan si Kecil untuk merangsang kecerdasan musik mereka kelak.

Selain menyenangkan, mainan bayi 4 bulan ini bermanfaat untuk melatih kemampuan motorik dan kognitif, meningkatkan kemampuan berbicara, dan sebagai media untuk mengenalkan alat musik sejak dini.

Baca Juga:  Camilan Lezat Muffin Keju, Begini Cara Membuatnya

Tips Memilih Mainan Bayi 4 Bulan

Saat ini mainan bayi 4 bulan sudah semakin beragam, tentunya dengan bahan, bentuk, fungsi, dan warna yang bervariasi. Hal ini memang memudahkan Bunda saat memilih mainan yang menarik, tetapi tidak semua mainan tersebut aman. Maka dari itu, penting bagi Bunda untuk lebih cermat dalam memilih mainan bayi 4 bulan yang aman. Berikut ini beberapa tips yang bisa Bunda lakukan:

Cek Usia pada Label
Sebelum membeli mainan bayi 4 bulan yang menggemaskan, perhatikan dulu label kemasannya ya, Bu. Biasanya sebagian besar produsen mainan mencantumkan peringatan penggunaan dan usia anak yang disarankan.

Perhatikan bahan dan kualitas mainan
Mungkin Bunda sering melihat mainan bayi 4 bulan yang lucu dan menarik, namun terkadang sebagian orang tua tidak memperhatikan kualitas bahan yang digunakan. Bagaimana jika mainan tersebut terbuat dari bahan yang berbahaya atau beracun? Oleh karena itu, Bunda harus lebih cermat sebelum membeli mainan bayi 4 bulan.

Pilih mainan yang sudah berlabel SNI
Mainan bayi 4 bulan sudah banyak jenisnya, namun tak semuanya memiliki sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). Label ini menjadi tanda bahwa mainan tersebut sudah melalui pengujian.

Hindari mainan listrik, baterai, dan magnet
Terkadang mainan listrik, baterai, atau magnet memang terlihat lebih menarik. Namun, nyatanya mainan jenis ini bisa berbahaya bagi bayi. Pasalnya, si Kecil masih belum paham cara bermain yang aman, sehingga jika ia main mainan listrik bisa berisiko tersengat atau hal-hal berbahaya lainnya.

Hindari mainan berukuran kecil
Rasa penasaran bayi dan anak-anak pasti sedang tinggi, sehingga Bunda harus lebih hati-hati memilih mainan yang tepat. Hindari mainan berukuran kecil karena bisa jadi si Kecil memasukkannya ke dalam mulut dan menyebabkan tertelan.

Baca Juga:  Kesalahan dalam Memuji Anak yang Biasa Dilakukan Orang Tua

Pilih mainan yang tepat
Supaya Bunda tidak salah pilih saat membeli mainan bayi 4 bulan, berikut ini kriteria mainan yang aman:

Untuk mainan yang terbuat dari kain, sebaiknya pilih yang berlabel tahan api.
Untuk boneka, sebaiknya pilih bahan yang mudah dicuci.
Jika ada mainan tua atau bekas, Bunda perlu memeriksa kembali apakah masih sesuai standar keamanan dan kesehatan saat ini.
Untuk mainan berbunyi, pastikan suara yang ditimbulkan tidak terlalu kencang. Jika Bunda memilih mainan jenis ini, jangan berikan si Kecil mendekatkan mainan tersebut ke telinganya ya, Bu.

Selain dari stimulasi mainan bayi 4 bulan, Bunda juga perlu mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil dengan cara memberikan ia ASI secara rutin. Namun jika ASI dirasa tidak cukup, Bunda bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan. Pastikan Bunda bertanya susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com