3 Alternatif Makanan Siap Saji untuk Anak Susah Makan

3 Alternatif Makanan Siap Saji untuk Anak Susah Makan

Anak susah makan dan lebih menyukai makanan siap saji? Yuk, simak tips cara mengatasinya di artikel ini!

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh sehat dan mendapatkan nutrisi yang cukup. Namun, tidak semua anak memiliki nafsu makan yang baik. Ada beberapa anak yang susah makan dan lebih memilih makanan siap saji. Hal ini tentu menjadi perhatian bagi orang tua, karena makanan siap saji umumnya mengandung banyak lemak, garam, dan bahan pengawet yang tidak sehat jika dikonsumsi secara berlebihan.

Namun, sebagai orang tua, kita tidak perlu panik dan putus asa. Masalah anak susah makan bisa diatasi dengan berbagai cara yang tepat. Salah satunya adalah dengan membuat alternatif makanan siap saji yang lebih sehat dan menggugah selera anak. Dalam artikel ini, kita akan membahas 3 alternatif makanan siap saji yang bisa diberikan kepada anak susah makan.

1. Ganti Ayam Goreng dengan Ayam Panggang atau Bakar
Ayam goreng adalah salah satu makanan siap saji favorit anak-anak. Namun, ayam goreng umumnya mengandung banyak lemak dan kalori yang tidak sehat. Untuk menggantinya, kita bisa menggunakan ayam panggang atau bakar sebagai alternatif yang lebih sehat.

Proses memasak ayam dengan cara dipanggang atau dibakar dapat mengurangi kandungan lemak dan kalori dalam daging ayam. Selain itu, pilihlah bagian dada ayam yang memiliki kandungan lemak lebih rendah dibandingkan dengan bagian paha. Jika anak Anda lebih menyukai ayam goreng, Anda bisa mengupas bagian kulit ayam karena bagian tersebut mengandung lemak lebih banyak.

2. Ganti Roti Putih dengan Roti Gandum
Roti lapis adalah salah satu jenis makanan siap saji yang sering disukai oleh anak-anak. Namun, roti putih yang umumnya digunakan dalam roti lapis mengandung banyak gula dan rendah serat. Untuk membuatnya lebih sehat, kita bisa mengganti roti putih dengan roti gandum.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Aplikasi Kencan Untuk para Single Parents

Roti gandum memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan roti putih. Serat adalah nutrisi penting yang membantu pencernaan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan anak. Selain itu, roti gandum juga mengandung vitamin B6 dan E, magnesium, zinc, dan asam folat yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

3. Buat Pengganti Mayonnaise
Mayonnaise adalah salah satu bahan makanan yang sering digunakan dalam makanan siap saji seperti burger dan sandwich. Namun, mayonnaise umumnya mengandung banyak lemak dan kalori yang tidak sehat. Untuk menggantinya, kita bisa membuat pengganti mayonnaise yang lebih sehat.

Salah satu pengganti mayonnaise yang bisa kita gunakan adalah daging alpukat tanpa gula yang sudah dihaluskan atau yogurt Yunani. Meskipun rasanya cukup berbeda dengan mayonnaise, tetapi kedua pengganti ini tetap enak dan lebih sehat. Selain itu, pengganti mayonnaise ini juga dapat mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi oleh anak.

Itulah 3 alternatif makanan siap saji yang bisa diberikan kepada anak susah makan. Dengan mengganti beberapa bahan dan menggunakan teknik memasak yang lebih sehat, kita bisa membuat makanan siap saji yang lebih sehat dan tetap menggugah selera anak. Namun, perlu diingat bahwa makanan siap saji sebaiknya diberikan dengan batasan dan tidak terlalu sering. Kita juga harus tetap memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan anak melalui makanan sehat lainnya.

Selain memberikan alternatif makanan siap saji yang lebih sehat, ada beberapa tips lain yang bisa kita lakukan untuk mengatasi anak susah makan. Pertama, kita bisa memberikan makanan dengan variasi yang beragam agar anak tidak bosan. Kedua, kita bisa melibatkan anak dalam proses memilih dan menyiapkan makanan, sehingga mereka merasa lebih tertarik dan bersemangat untuk mencobanya. Ketiga, kita bisa memberikan contoh yang baik dengan mengonsumsi makanan sehat dan menciptakan lingkungan yang mendukung pola makan yang sehat.

Baca Juga:  6 Penyebab Benjolan di Belakang Telinga Bayi

Selain itu, penting juga untuk memahami bahwa setiap anak memiliki selera makan yang berbeda. Jangan terlalu memaksakan anak untuk makan makanan yang tidak disukainya. Berikanlah anak waktu dan kesempatan untuk mencoba dan menikmati makanan baru. Jika anak masih susah makan meskipun sudah diberikan makanan yang sehat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran dan penanganan yang lebih tepat.

Dalam menghadapi anak susah makan, kesabaran dan konsistensi adalah kunci utama. Jangan mudah menyerah dan teruslah mencoba berbagai cara yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Ingatlah bahwa kesehatan anak adalah prioritas utama, dan kita sebagai orang tua memiliki tanggung jawab untuk memberikan yang terbaik bagi mereka.

Dengan mengikuti tips dan alternatif makanan siap saji yang telah dijelaskan di atas, kita bisa membantu anak susah makan untuk mendapatkan nutrisi yang cukup dan tumbuh sehat. Selamat mencoba!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com