Mengenal 5 Metode Sunat dan Plus Minusnya


Metode bedah konvensional

Metode bedah konvensional merupakan salah satu metode sunat yang paling umum dilakukan oleh orangtua. Metode ini dilakukan oleh dokter spesialis bedah umum, spesialis bedah umum anak, atau spesialis urologi. Biasanya, proses khitan dengan metode ini dilakukan di rumah sakit.

Sebelum menjalani proses khitan, anak harus melalui check-up darah terlebih dahulu. Dokter akan menentukan apakah anak bisa dibius lokal saja atau memerlukan bius total. Setelah area penis disterilkan, dokter akan memotong kulit kulup penis menggunakan gunting atau pisau bedah. Lalu, luka akan dijahit dengan menggunakan benang yang dapat diserap oleh tubuh.

Salah satu kelebihan dari metode bedah konvensional adalah jika terjadi komplikasi atau masalah selama proses khitan, dokter dapat segera menangani di ruang gawat darurat rumah sakit. Metode ini juga memiliki risiko infeksi dan perdarahan yang kecil karena menggunakan alat-alat medis yang disterilkan dan penjahitan yang baik.

Namun, metode ini juga memiliki kelemahan. Setelah proses perawatan pascasunat, luka tidak boleh terkena air supaya jahitan dapat menutup dengan sempurna. Selain itu, perban harus diganti selama kurang lebih tujuh hari, yang membuat proses perawatan menjadi lebih repot bagi orangtua.

Metode sunat dengan laser

Metode sunat dengan laser merupakan metode yang menggunakan alat canggih yaitu laser CO2. Metode ini dapat dilakukan oleh dokter, dokter bedah umum, dokter bedah umum anak, hingga spesialis urologi. Namun, pastikan mommies memilih metode ini dilakukan oleh ahlinya.

Prosedur metode laser CO2 mirip dengan metode bedah konvensional, namun alat pemotong yang digunakan berbeda. Pada metode ini, kulup penis dipotong menggunakan laser CO2.

Kelebihan dari metode laser adalah perdarahan yang sangat minimal dan penyembuhan luka yang lebih cepat. Hasilnya juga lebih estetik dibandingkan dengan metode konvensional. Namun, kelemahannya adalah metode ini biasanya lebih mahal dan hanya tersedia di kota-kota besar yang memiliki fasilitas laser CO2.

Baca Juga:  Ibu, Tanggung Jawab Siapa?

Metode pisau elektrokauter

Metode pisau elektrokauter merupakan metode yang mirip dengan metode bedah konvensional, namun alat yang digunakan berbeda. Alat ini menggunakan arus listrik untuk memotong kulup penis. Prosedurnya sama dengan metode bedah konvensional, yaitu melalui checkup darah dan dilakukan oleh dokter.

Metode elektrokauter sering disalahartikan sebagai metode laser, padahal alat yang digunakan sangat berbeda. Perlu diperhatikan bahwa mommies harus memilih metode ini dilakukan oleh dokter yang berkompeten.

Metode sunat smartklamp

Metode sunat smartklamp menggunakan alat Smartklamp yang memiliki beberapa ukuran sesuai dengan umur dan ukuran penis anak. Setelah dilakukan anestesi lokal, tabung Smartklamp dimasukkan pada kulup yang akan dipotong, kemudian dijepit dengan pengunci klamp. Setelah 5 hari, tabung Smartklamp dilepas.

Kelebihan dari metode ini adalah mengurangi risiko perdarahan dan tidak memerlukan penjahitan sehingga lebih mudah dalam perawatan pascasunat. Namun, metode ini tidak disarankan untuk anak yang hiperaktif, memiliki kelainan fimosis, dan mikro penis.

Metode Safubot

Metode Safubot saat ini sedang populer di kalangan orangtua. Metode ini menggunakan Bipolar Pen Sealer yang dilakukan oleh dokter umum. Teknologi ini menggunakan alat bersuhu rendah yang dapat memotong kulit dan mengeringkan luka secara langsung. Luka akan menyatu sendiri dengan perdarahan yang sedikit bahkan ada yang tidak berdarah sama sekali.

Kelebihan dari metode ini adalah minim risiko perdarahan dan penyembuhan luka yang lebih cepat. Namun, biaya untuk metode ini cukup tinggi, sekitar mulai dari Rp 2 jutaan tergantung kondisi anak.

Mana yang lebih baik?

Setiap metode sunat memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, sangat penting bagi orangtua untuk berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan penjelasan tentang metode apa yang paling cocok untuk disesuaikan dengan kondisi anak. Faktor keuangan juga perlu dipertimbangkan. Yang terpenting, proses sunat dilakukan oleh tenaga medis yang kompeten dan profesional agar efek yang tidak diinginkan dapat diminimalisir.

Baca Juga:  Inilah Momen Wow Anak Usia 5 Tahun


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com