Rekomendasi Dokter Anak Ahli Tumbuh Kembang Pediatri Sosial 



Dokter Anak Ahli Tumbuh Kembang Pediatri Sosial

Dalam dunia medis, terdapat banyak jenis dokter spesialis yang memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing. Salah satunya adalah dokter anak ahli tumbuh kembang pediatri sosial. Dokter ini tidak hanya mengawasi dan memantau perkembangan fisik anak, tetapi juga memberikan perhatian pada masalah sosial yang dialami anak, seperti kekerasan pada anak dan penyalahgunaan obat.

Sebagai seorang ibu, tentu saja kita ingin yang terbaik untuk anak-anak kita. Namun, tidak jarang kita mengalami kekhawatiran ketika melihat perkembangan anak yang tidak sesuai dengan yang seharusnya. Misalnya, anak mengalami keterlambatan dalam bicara, berjalan, duduk, dan aktivitas fisik lainnya. Jika hal ini terjadi, jangan ragu untuk mencari bantuan dari dokter anak ahli tumbuh kembang pediatri sosial.

Dokter anak ahli tumbuh kembang pediatri sosial memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus dalam mengatasi masalah perkembangan anak. Mereka dapat memberikan diagnosis yang akurat dan merencanakan strategi pengobatan yang tepat untuk membantu anak mencapai tumbuh kembang yang optimal.

Di Indonesia, terdapat beberapa dokter anak ahli tumbuh kembang pediatri sosial yang dapat Anda kunjungi. Mereka berpraktik di berbagai kota besar, seperti Jakarta, Tangerang Selatan, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, dan Denpasar. Berikut adalah beberapa rekomendasi dokter anak ahli tumbuh kembang pediatri sosial di kota-kota tersebut:

1. Jakarta

– Prof. DR. dr. Rini Sekartini, Sp.A (K)
Tempat praktik: RS Bunda Jakarta
Alamat: Jl. Teuku Cik Ditiro No.28, RT.9/RW.2, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350
Telepon: 1 500 799

– Bernie Endyarni Medise, Sp.A (K), MPH
Tempat praktik: Klinik Brawijaya Kemang
Alamat: Jl. Kemang Raya No.83, RT.2/RW.2, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730
Telepon: (021) 22717656

Baca Juga:  Kenali Manfaat dan Cara Menggendong Bayi yang Aman

– Alinda Rubiati Wibowo, Sp.A(K)
Tempat praktik: RSIA Kemang Medical Care
Alamat: Jl. Ampera Raya No.34, RT.2/RW.9, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550
Telepon: (021) 27545454

2. Tangerang Selatan

– Marlisye Marpaung, Sp.A (K)
Tempat praktik: RS Bina Medika Bintaro
Alamat: Bintaro Jaya Cbd, Jl. HR Rasuna Said No.A5-08, Pd. Jaya, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15229
Telepon: (021) 29318888

3. Bandung

– Dr. dr. Meita Dhamayanti, Sp.A (K), M.Kes
Tempat praktik: RS Hermina Arcamanik
Alamat: Jl. A.H. Nasution No.50, Antapani Wetan, Kec. Antapani, Kota Bandung, Jawa Barat 40291
Telepon: (022) 87242525

4. Yogyakarta

– Dr. Retno Sutomo, Sp.A(K), PhD
Tempat praktik: RS Puri Husada
Alamat: Jl. Palagan Tentara Pelajar Jl. Rejodani No.67, Ngetiran, Sariharjo, Ngaglik, Sleman DIY Yogyakarta 55581
Telepon: (0274) 867270

– HM. Soeroyo Machfudz, Sp.A (K), MPH
Tempat praktik: RSKIA Rachmi Yogyakarta
Alamat: Jl. KH. Wachid Hasyim no 47, Notoprajan Ngampilan, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55262
Telepon: (0274) 415316

5. Surabaya

– Dr. Ahmad Suryawan, Sp.A(K)
Tempat praktik: RS Siloam Surabaya
Alamat: Jalan. Raya Gubeng 70, Surabaya 60281
Telepon: (031) 9920 6900

– Samuel Nugraha Hadi, Sp.A (K)
Tempat praktik: RS Premier Surabaya
Alamat: Jl. Nginden Intan Barat No.B, Ngenden Jangkungan, Kec. Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur 60118
Telepon: (031) 5993211

6. Semarang

– dr. Fitri Hartanto, Sp.A (K)
Tempat praktik: RSIA Kusuma Pradja Semarang
Alamat: Jl. Bugangan No.3-5, Rejosari, Kec. Semarang Tim., Kota Semarang, Jawa Tengah 50126
Telepon: (024) 3546355

7. Denpasar

Baca Juga:  Mengenalkan Sistem Belajar di Sekolah pada si Kecil

– Dr. I Gusti Ayu Trisna Windiani, Sp.A(K)
Tempat praktik: RSUP Sanglah
Alamat: Jl. Diponegoro, Dauh Puri Klod, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80113
Telepon: (0361) 227912

Dokter-dokter anak ahli tumbuh kembang pediatri sosial ini adalah para profesional yang telah memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam bidangnya. Mereka dapat memberikan layanan kesehatan yang diperlukan bagi anak-anak dengan masalah perkembangan dan masalah sosial.

Sebagai orangtua, penting bagi kita untuk memahami bahwa setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Beberapa anak mungkin mengalami keterlambatan dalam perkembangan tertentu, namun hal tersebut tidak selalu menjadi indikasi adanya masalah serius. Namun, jika Anda merasa perlu mendapatkan bantuan dari dokter anak ahli tumbuh kembang pediatri sosial, jangan ragu untuk menghubungi salah satu dari dokter-dokter tersebut.

Dokter anak ahli tumbuh kembang pediatri sosial dapat membantu Anda dalam memantau perkembangan anak secara keseluruhan, termasuk perkembangan fisik, kognitif, sosial, dan emosional. Mereka juga dapat memberikan saran dan strategi untuk membantu anak mengatasi masalah perkembangan atau masalah sosial yang dialaminya.

Selain itu, dokter anak ahli tumbuh kembang pediatri sosial juga memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengatasi masalah sosial yang dialami anak. Mereka dapat membantu dalam menangani kasus kekerasan pada anak dan penyalahgunaan obat yang dialami anak. Hal ini sangat penting untuk menjamin kesejahteraan dan keselamatan anak.

Dalam kunjungan ke dokter anak ahli tumbuh kembang pediatri sosial, Anda dapat mengharapkan pemeriksaan fisik yang komprehensif, termasuk pengukuran berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala anak. Dokter juga akan melakukan wawancara dengan Anda sebagai orangtua untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang perkembangan anak.

Baca Juga:  SMP Labschool Cibubur: Punya Kurikulum Khusus Didik Siswa Cinta Pancasila

Selain itu, dokter akan melakukan pengamatan terhadap perilaku anak dan melakukan tes perkembangan yang sesuai. Tes perkembangan ini dapat mencakup tes bicara, tes motorik, tes kognitif, dan tes sosial. Berdasarkan hasil pemeriksaan dan tes tersebut, dokter akan memberikan diagnosis yang akurat dan merencanakan strategi pengobatan yang tepat.

Pengobatan yang diberikan oleh dokter anak ahli tumbuh kembang pediatri sosial dapat bervariasi tergantung pada kasus yang dihadapi anak. Beberapa kasus mungkin memerlukan terapi fisik, terapi bicara, atau terapi okupasi. Dokter juga dapat memberikan saran mengenai perubahan gaya hidup atau pengobatan medis yang diperlukan.

Selain memberikan perawatan medis, dokter anak ahli tumbuh kembang pediatri sosial juga dapat memberikan dukungan emosional dan psikologis kepada anak dan keluarganya. Mereka dapat memberikan saran dan strategi untuk mengatasi masalah perkembangan dan masalah sosial yang dialami anak.

Dalam menghadapi masalah perkembangan anak, penting bagi kita sebagai orangtua untuk tetap tenang dan sabar. Setiap anak memiliki potensi yang unik dan perkembangan yang berbeda-beda. Dengan dukungan dan bantuan yang tepat, anak-anak kita dapat mencapai tumbuh kembang yang optimal.

Sebagai kesimpulan, dokter anak ahli tumbuh kembang pediatri sosial adalah para profesional medis yang memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus dalam mengatasi masalah perkembangan anak. Mereka dapat memberikan layanan kesehatan yang diperlukan bagi anak-anak dengan masalah perkembangan dan masalah sosial. Jika Anda merasa perlu mendapatkan bantuan dalam menghadapi masalah perkembangan anak, jangan ragu untuk menghubungi dokter anak ahli tumbuh kembang pediatri sosial di kota Anda.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com