6 Pertolongan Pertama untuk Luka Bakar Anak. Ibu Wajib Tahu!



6 Pertolongan Pertama untuk Luka Bakar Anak. Bunda Wajib Tahu!

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai pertolongan pertama untuk luka bakar pada anak. Sebagai seorang ibu, penting bagi kita untuk mengetahui langkah-langkah yang harus diambil dalam mengatasi luka bakar pada anak. Kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, termasuk luka bakar. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui cara yang tepat untuk memberikan pertolongan pertama pada anak yang mengalami luka bakar.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tingkatan luka bakar. Luka bakar dapat dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu luka bakar tingkat I, luka bakar tingkat II, dan luka bakar tingkat III. Luka bakar tingkat I adalah luka bakar ringan yang biasanya dapat sembuh dalam waktu 3-5 hari. Contoh sederhana dari luka bakar tingkat I adalah kulit yang terbakar akibat terkena sinar matahari. Luka bakar tingkat II adalah luka bakar sedang yang ditandai dengan kulit yang memerah dan melepuh. Sedangkan luka bakar tingkat III adalah luka bakar yang parah, dimana kulit terlihat kering dan berlendir, berwarna kecoklatan atau bahkan menghitam. Pada tingkat ini, saraf kulit sudah rusak sehingga anak mungkin tidak merasakan sakit atau hanya merasakan sedikit sakit.

Setelah mengetahui tingkatan luka bakar, ada beberapa langkah pertolongan pertama yang dapat kita lakukan untuk mengatasi luka bakar pada anak. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membilas luka bakar dengan air mengalir. Hal ini bertujuan untuk mendinginkan kulit yang terbakar dan mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh anak. Pastikan air yang digunakan bersih dan suhunya tidak terlalu dingin. Suhu air yang terlalu dingin dapat menyebabkan hipotermia pada anak.

Baca Juga:  Tanda Ibu Hamil dan Ibu Menyusui Mengalami Stress

Setelah membilas luka bakar dengan air, langkah selanjutnya adalah mengoleskan salep khusus luka bakar. Jangan menggunakan bahan-bahan seperti mentega, kecap, minyak tanah, atau pasta gigi untuk mengatasi luka bakar. Sebaiknya, gunakan salep khusus yang dapat dibeli di apotek terdekat. Salep ini akan membantu dalam proses penyembuhan luka bakar pada anak.

Jika luka bakar anak mengalami pembentukan gelembung, jangan mencoba untuk memecahkannya sendiri. Lebih baik segera pergi ke dokter agar gelembung tersebut dapat dipecahkan dengan cara yang steril dan aman. Selain itu, jika luka bakar terjadi pada area yang tertutup oleh pakaian, usahakan untuk membuka pakaian tersebut. Namun, jika pakaian tersebut menempel pada luka bakar, jangan dipaksakan untuk melepaskannya. Gunakan gunting untuk memotong pakaian dan biarkan bagian yang menempel pada luka tetap ada. Bungkus luka dengan kain bersih untuk melindunginya dari infeksi.

Selain langkah-langkah di atas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan luka bakar pada anak. Pertama, berikan makanan yang tinggi protein kepada anak. Protein dibutuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan luka bakar. Berikan makanan seperti telur, daging, kacang-kacangan, susu, keju, dan yogurt kepada anak. Kedua, oleskan obat luka bakar secara rutin sesuai dengan instruksi yang tertera pada kemasan. Ketiga, gunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit anak. Oleskan pelembap minimal empat kali sehari untuk menjaga kulit tetap lembut dan kenyal. Keempat, rutin mengganti perban yang menutupi luka bakar. Pastikan perban tetap kering dan bersih agar luka bakar dapat sembuh dengan baik. Terakhir, pilihlah pakaian yang mudah untuk dilepas pakai agar tidak menyentuh luka bakar saat mengganti pakaian.

Dalam menghadapi kejadian luka bakar pada anak, penting bagi kita sebagai ibu untuk tetap tenang dan tangkas. Panik tidak akan membantu dalam mengatasi luka bakar anak. Cobalah untuk menenangkan anak yang sudah merasa takut dan sakit akibat luka yang dideritanya. Jika luka bakar pada anak tidak kunjung sembuh atau terjadi komplikasi seperti infeksi, segera konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga:  Seputar Kebutuhan Tidur Anak Usia 5 Tahun ke Atas, Masih Perlukah Tidur Siang?

Dalam artikel ini, kita telah membahas mengenai pertolongan pertama untuk luka bakar pada anak. Sebagai ibu, kita perlu mengetahui langkah-langkah yang harus diambil dalam mengatasi luka bakar pada anak. Dengan mengetahui cara yang tepat, kita dapat memberikan pertolongan pertama yang efektif dan mengurangi risiko komplikasi pada anak. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com