Rawat Bayi Lahir Prematur dengan Sesi Baca Buku

Rawat Bayi Lahir Prematur dengan Sesi Baca Buku

Sebagai orang tua, kita tentu menginginkan bayi terlahir sehat dan normal. Namun, beberapa faktor tak terduga bisa membuat kita harus menerima kenyataan bahwa si Kecil lahir sebelum hari perkiraan lahir (HPL) tiba. Kelahiran lebih awal atau prematur ini memiliki efek yang beragam. Selain dapat membuat berat badan bayi kurang ideal, anak-anak yang lahir prematur umumnya mengalami gangguan tumbuh kembang hingga kesulitan berkonsentrasi.

Mengetahui hal ini, tentu sebagai orang tua kita menjadi khawatir. Namun, tidak perlu khawatir terlalu banyak karena ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membantu si Kecil tetap tumbuh optimal. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membacakan buku secara rutin.

Membacakan buku bisa menjadi salah satu cara merawat bayi prematur. Ternyata, membacakan buku memiliki banyak manfaat untuk bayi yang lahir prematur. Berikut beberapa manfaat membacakan buku untuk bayi prematur:

1. Melatih Indra Pendengaran
Bayi prematur cenderung lahir dengan berat badan kurang sehingga membutuhkan lebih banyak rangsangan pada indra pendengarannya. Membacakan buku secara rutin dapat memberikan rangsangan bunyi pada indra pendengaran si Kecil sejak dini. Hal ini sangat penting karena bayi yang terlahir dengan berat badan kurang dari 1500 gram memiliki risiko lebih tinggi mengalami gangguan pendengaran. Dengan membacakan buku, kita dapat membantu melatih indra pendengaran si Kecil sehingga ia dapat mendengar dengan baik dan kemampuan berbicaranya tidak terhambat.

2. Membantu Perkembangan Otak
Bayi prematur juga berisiko mengalami terhambatnya perkembangan otak. Namun, membacakan buku secara rutin dapat membantu memperkecil risiko ini. Saat kita membacakan buku untuk si Kecil, sel-sel otaknya akan dirangsang oleh kosakata yang didengarnya. Dengan membacakan buku secara rutin, perkembangan otak si Kecil dapat berjalan lebih optimal dan kemampuan berbahasanya pun dapat semakin baik.

Baca Juga:  Lebih Mengenal Kolik, Gejala, Penyebab, dan Cara Menenangkannya

3. Merangsang Kemampuan Berkomunikasi
Membacakan buku untuk si Kecil sejak dini juga dapat membantu merangsang kemampuan berkomunikasinya. Saat kita membacakan buku, si Kecil akan terangsang untuk berkomunikasi dengan kita secara langsung. Pada awalnya, si Kecil mungkin hanya berkomunikasi melalui kontak mata. Namun, seiring bertambahnya usianya, si Kecil akan berusaha meniru apa yang kita lakukan sehingga ia dapat belajar cara berkomunikasi sejak dini.

Selain tiga manfaat di atas, membacakan buku untuk si Kecil juga dapat memperkuat ikatan emosional antara kita sebagai orang tua dan si Kecil. Dengan membacakan buku, kita menunjukkan kasih sayang kita kepada si Kecil sehingga ia merasa dicintai. Hal ini juga akan berdampak positif pada tumbuh kembangnya secara psikologis.

Untuk membacakan buku, kita bisa memilih buku cerita ringan dengan alur cerita yang sederhana, misalnya buku-buku yang memuat fabel dalam beberapa halaman. Penting untuk meluangkan waktu khusus setiap hari untuk membacakan buku kepada si Kecil. Lakukan dengan penuh kesabaran dan kasih sayang.

Membacakan buku bukan hanya memberikan manfaat pada si Kecil, tetapi juga memberikan kesempatan bagi kita sebagai orang tua untuk bersantai dan menikmati waktu bersama si Kecil. Membacakan buku juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi kedua belah pihak.

Selain membacakan buku, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan untuk merawat bayi prematur. Pertama, pastikan bayi mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi mengenai jenis dan jumlah makanan yang tepat untuk bayi prematur. Kedua, berikan stimulasi fisik yang sesuai dengan perkembangan bayi. Hal ini dapat dilakukan melalui pijatan lembut atau gerakan-gerakan yang merangsang motorik bayi. Ketiga, jaga kebersihan dan keamanan lingkungan bayi. Pastikan ruangan tempat bayi berada bersih dan bebas dari benda-benda yang berbahaya.

Baca Juga:  Serba-Serbi TTN pada Bayi yang Ibu Harus Tahu

Merawat bayi prematur memang membutuhkan perhatian dan kesabaran ekstra. Namun, dengan melakukan langkah-langkah yang tepat, kita dapat membantu si Kecil tumbuh dan berkembang dengan baik. Membacakan buku merupakan salah satu cara yang efektif dan menyenangkan untuk merawat bayi prematur. Selain memberikan manfaat bagi perkembangan fisik dan kognitif si Kecil, membacakan buku juga memperkuat ikatan emosional antara kita sebagai orang tua dan si Kecil. Jadi, jangan ragu untuk meluangkan waktu khusus setiap hari untuk membacakan buku kepada si Kecil.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com