Probiotik Adalah Bakteri Baik untuk Kesehatan, Apa Manfaatnya?

Probiotik adalah bakteri baik yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan, otak, dan mental anak. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih detail tentang manfaat probiotik dan bagaimana cara kerjanya dalam tubuh.

Jenis-jenis Probiotik

Probiotik terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan jenis bakteri yang terkandung di dalamnya. Berikut adalah beberapa jenis probiotik yang perlu kita ketahui:

1. Probiotik Bifidobacterium

Bifidobacterium adalah jenis probiotik yang sering digunakan untuk meredakan gangguan saluran pencernaan pada anak-anak maupun orang dewasa. Bakteri ini memiliki peran penting dalam pembentukan vitamin B, vitamin K, dan asam folat. Selain itu, Bifidobacterium juga membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan sistem imun tubuh.

2. Probiotik Lactobacillus

Lactobacillus adalah jenis probiotik yang dapat ditemukan dalam produk makanan yang difermentasi, seperti yoghurt. Bakteri ini bekerja dengan menjaga tingkat keasaman di saluran pencernaan dan membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti diare dan intoleransi laktosa.

3. Probiotik Saccharomyces Boulardii

Saccharomyces Boulardii adalah jenis probiotik yang berasal dari ragi atau jamur. Probiotik ini bermanfaat untuk meredakan diare, radang saluran pencernaan, dan iritasi saluran pencernaan. Selain itu, probiotik ini juga dapat ditemukan pada kulit manggis dan leci.

4. Probiotik Streptococcus Thermophilus

Streptococcus Thermophilus adalah jenis probiotik yang dapat memproduksi enzim laktase, yaitu enzim yang membantu proses pencernaan laktosa. Bakteri ini juga berperan dalam memproses makanan dalam tubuh.

Cara Kerja Probiotik

Probiotik bekerja dengan cara mengembalikan keseimbangan bakteri baik dan bakteri buruk dalam tubuh. Ketika kita mengonsumsi antibiotik, selain bakteri buruk, bakteri baik juga terbunuh. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik, tubuh kita dapat mengembalikan bakteri baik yang terbunuh.

Baca Juga:  Yuk, Ajarkan Si Kecil Mengenal Anggota Tubuhnya!

Selain itu, probiotik juga dapat membantu menyeimbangkan sistem imun tubuh dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Probiotik membantu meningkatkan sistem imun tubuh dengan menjaga keseimbangan limfosit B dan T dalam tubuh. Limfosit adalah sel darah putih yang berperan dalam menjaga sistem imun tubuh.

Cara kerja probiotik juga berkaitan dengan produksi neurotransmitter di otak. Probiotik dapat membuat neurotransmitter bekerja secara efektif dalam proses komunikasi antara otak dan usus. Hal ini berperan dalam menjaga kesehatan otak dan mental kita.

Manfaat Probiotik

Manfaat probiotik bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak sangatlah penting. Berikut adalah beberapa manfaat probiotik yang perlu kita ketahui:

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Probiotik dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga anak lebih tahan terhadap penyakit. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik, kita dapat membantu anak mengembangkan sistem imun yang kuat.

2. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Probiotik membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dengan meningkatkan jumlah bakteri baik di dalamnya. Hal ini dapat mencegah gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit.

3. Membantu menjaga kesehatan otak dan mental

Probiotik juga berperan dalam menjaga kesehatan otak dan mental anak. Bakteri baik dalam probiotik dapat mempengaruhi produksi neurotransmitter di otak, yang berperan dalam menjaga suasana hati dan kualitas tidur anak.

4. Berguna untuk terapi pengobatan

Probiotik dapat digunakan sebagai bagian dari terapi pengobatan untuk beberapa kondisi, seperti alergi, eksim, dan infeksi saluran pernapasan atas. Meskipun bukan pengobatan utama, probiotik dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.

Cara Mengonsumsi Probiotik

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengonsumsi probiotik dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa sumber probiotik yang dapat kita konsumsi antara lain susu fermentasi, yogurt, tempe, kefir, dan sup miso. Selain itu, kita juga dapat mengonsumsi suplemen probiotik sesuai dengan anjuran dokter.

Baca Juga:  Membangun Mental Juara Pada Anak

Penting untuk memperhatikan dosis dan cara konsumsi probiotik yang tepat. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai konsumsi probiotik yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Kesimpulan

Probiotik adalah bakteri baik yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan, otak, dan mental anak. Jenis-jenis probiotik yang perlu kita ketahui antara lain Bifidobacterium, Lactobacillus, Saccharomyces Boulardii, dan Streptococcus Thermophilus. Cara kerja probiotik adalah dengan mengembalikan keseimbangan bakteri baik dan bakteri buruk dalam tubuh. Manfaat probiotik bagi kesehatan anak antara lain meningkatkan sistem imun tubuh, menjaga kesehatan saluran pencernaan, menjaga kesehatan otak dan mental, serta berguna dalam terapi pengobatan. Kita dapat mengonsumsi probiotik melalui makanan seperti susu fermentasi, yogurt, tempe, kefir, dan sup miso, serta melalui suplemen probiotik sesuai dengan anjuran dokter.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com