Resep Jelly Sehat untuk si Kecil

Resep Jelly Sehat untuk si Kecil

Makanan selingan untuk anak usia 1-3 tahun sering kali menjadi dilema bagi para ibu. Di satu sisi, kita sebagai ibu ingin melihat anak kita makan dengan lahap dan puas. Namun di sisi lain, banyak makanan yang disukai oleh anak-anak pada usia ini tidak memiliki nilai gizi yang cukup. Oleh karena itu, sebagai ibu kita perlu mencari solusi untuk memberikan makanan yang sehat dan bergizi bagi anak kita.

Salah satu makanan selingan yang bisa kita coba adalah jelly sehat. Jelly sehat ini bisa kita buat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Selain itu, membuat jelly sendiri di rumah juga memastikan kebersihan dan keamanan makanan yang kita berikan kepada anak kita. Berikut ini adalah resep jelly sehat yang bisa ibu coba di rumah.

Bahan-bahan yang diperlukan:
– 1 bungkus gelatin bubuk atau bisa juga diganti dengan bubuk agar-agar
– 60 ml buah yang telah dibuat menjadi puree atau jus
– 100 ml air
– Cetakan jelly

Cara membuat jelly sehat:
1. Pertama, panaskan 50 ml air hingga mendidih. Setelah itu, tuangkan air mendidih ke dalam sebuah mangkuk tahan panas.
2. Masukkan satu sendok bubuk gelatin ke dalam mangkuk berisi air mendidih tadi. Aduk hingga gelatin larut dan merata. Pastikan ibu memilih gelatin yang halal dan sesuai dengan keyakinan agama ibu.
3. Tuangkan 50 ml air dingin dan jus buah ke dalam adonan gelatin. Aduk perlahan agar semua bahan tercampur dengan baik.
4. Siapkan cetakan jelly, lalu tuangkan adonan jelly ke dalam cetakan tersebut. Pilihlah cetakan jelly yang unik dan menarik agar anak lebih tertarik untuk mencicipinya.
5. Masukkan cetakan jelly ke dalam kulkas dan biarkan jelly mengeras selama beberapa jam.
6. Setelah jelly mengeras, jelly sehat siap disajikan kepada si kecil.

Baca Juga:  3 Manfaat Labu Siam untuk MPASI yang Lezat dan Bergizi

Jelly sehat ini bisa menjadi alternatif makanan selingan yang sehat dan bergizi bagi anak usia 1-3 tahun. Jelly ini mengandung nutrisi dari buah-buahan yang telah diolah menjadi puree atau jus. Selain itu, jelly juga mengandung gelatin yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan sendi anak. Dengan memberikan jelly sehat ini, anak akan mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk mendukung pertumbuhannya.

Selain resep jelly sehat di atas, ibu juga bisa mengkreasikan jelly dengan tambahan potongan buah segar atau olesan selai buah. Hal ini akan membuat jelly semakin menarik dan lezat untuk dikonsumsi oleh anak. Bunda bisa memilih buah sesuai dengan selera anak di rumah.

Namun, ibu perlu memperhatikan beberapa hal saat memberikan jelly kepada anak. Pastikan jelly telah mengeras dengan sempurna sebelum diberikan kepada anak. Selain itu, perhatikan juga ukuran potongan buah yang diberikan kepada anak. Potongan buah sebaiknya tidak terlalu besar agar anak dapat mengunyahnya dengan mudah.

Selain itu, ibu juga perlu membuat variasi makanan selingan yang sehat untuk anak. Berikan anak makanan selingan yang beragam dan bergizi seperti buah-buahan segar, sayuran rebus, dan camilan sehat lainnya. Dengan memberikan variasi makanan selingan yang sehat, anak akan mendapatkan asupan gizi yang cukup dan tumbuh kembangnya akan optimal.

Selain itu, ibu juga perlu memperhatikan porsi makanan yang diberikan kepada anak. Pastikan porsi makanan yang diberikan tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Sesuaikan porsi makanan dengan kebutuhan dan aktivitas anak. Jangan lupa juga untuk memberikan air putih yang cukup kepada anak agar mereka tetap terhidrasi dengan baik.

Selain itu, ibu juga perlu memperhatikan kebersihan saat membuat dan menyajikan makanan kepada anak. Pastikan semua peralatan dapur yang digunakan dalam proses pembuatan makanan telah bersih dan steril. Selain itu, pastikan juga tangan ibu dalam keadaan bersih saat membuat dan menyajikan makanan kepada anak.

Baca Juga:  50+ Topik Tentang Islam yang Bisa Kita Ajarkan ke Anak

Dengan melakukan semua hal tersebut, ibu akan dapat memberikan makanan selingan yang sehat dan bergizi bagi anak usia 1-3 tahun. Selain itu, ibu juga akan menjadi contoh yang baik bagi anak dalam memilih makanan yang sehat dan bergizi. Yuk, mulai sekarang buat jelly sehat sendiri di rumah untuk si kecil.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com