Ragam Makanan yang Mengandung Vitamin E Bagi Ibu Hamil

Ragam Makanan yang Mengandung Vitamin E Bagi Bunda Hamil

Vitamin E merupakan nutrisi yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus didapatkan dari makanan yang mengandung vitamin E. Asupan nutrisi yang satu ini tak hanya penting untuk menjaga kesehatan kulit ibu hamil, tetapi ada beragam manfaat lain yang tak kalah penting lho.

Sebelum membahas manfaat dan makanan yang mengandung vitamin E. Perlu Bunda ketahui pula bahwa salah satu masalah yang sering dialami sebagian ibu hamil adalah kulit kering. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari faktor hormonal, kebutuhan cairan meningkat, tidak cocok dengan jenis produk kulit tertentu, hingga kekurangan vitamin E dan A.

Nah, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E secara rutin sesuai dengan takaran yang tepat dapat membantu mencegah munculnya masalah tersebut lho, Bu. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019 dari Kementerian Kesehatan RI, ibu hamil perlu mendapatkan asupan vitamin E sekitar 15 mcg per hari. Jumlah tersebut bisa Bunda optimalkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E yang akan dijelaskan di bawah ini. Simak, yuk!

Rekomendasi Makanan yang Mengandung Vitamin E untuk Bunda Hamil

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan yang mengandung vitamin E yang penting bagi Bunda dan janin:

Susu
Makanan yang mengandung vitamin E yang baik untuk ibu hamil dan janin yaitu susu. Vitamin E dalam susu berperan untuk menjaga kesehatan kulit, meningkatkan daya tahan Bunda dan janin, serta membantu mengoptimalkan perkembangan otak janin.

Selain vitamin E, susu juga termasuk sumber protein hewani berkualitas yang penting untuk kesehatan Bunda dan tumbuh kembang janin. Perlu Bunda ketahui bahwa protein hewani memiliki fungsi khas yang tidak dapat digantikan oleh zat gizi lain, yaitu membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh. Tanpa kehadiran protein, zat gizi lain tidak akan dicerna dengan lebih baik oleh tubuh.

Ikan
Makanan yang mengandung vitamin E selanjutnya yaitu ikan. Selain ikan, sebenarnya beberapa jenis makanan laut (seafood) juga mengandung vitamin E, seperti udang, kerang, tiram, dan cumi-cumi. Sama seperti susu, ikan juga tak hanya kaya vitamin E, tetapi sebagai sumber protein hewani yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin.

Baca Juga:  Blow Job, Pahami Dulu Aturan Mainnya

Namun, Bunda perlu memastikan pengolahan makanan laut (seafood) ini dengan tepat. Hindari mengonsumsi makanan laut (seafood) yang masih mentah atau setengah matang karena biasanya mengandung bakteri Salmonella yang berbahaya bagi janin. Oleh karena itu, pastikan Bunda mengonsumsi makanan laut (seafood) dengan tingkat kematangan yang sempurna.

Minyak nabati
Minyak nabati juga termasuk makanan yang mengandung vitamin E dan baik bagi kesehatan ibu hamil, tentunya jika dikonsumsi sesuai batas normal dan tidak berlebihan ya, Bu.

Proses pengolahan minyak nabati dilakukan dengan mengekstrak minyak dari kacang-kacangan atau biji-bijian tertentu. Makanan yang mengandung vitamin E cukup tinggi dari kategori minyak nabati di antaranya minyak bunga matahari, minyak biji kapas, minyak almond, dan minyak hazelnut.

Sayur dan buah
Makanan yang mengandung vitamin E lainnya adalah sayuran hijau dan buah-buahan. Beberapa jenis sayuran yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil di antaranya brokoli, bayam, kale, pakcoy, kembang kol. Sayuran hijau tersebut tak hanya mengandung vitamin E, tetapi juga kaya akan serat, vitamin, mineral, serta antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan Bunda dan janin.

Selain itu, beberapa jenis buah juga termasuk makanan yang mengandung vitamin E cukup tinggi. Bunda dapat mengonsumsi buah alpukat, mangga, kiwi, mangga, stroberi, dan lainnya. Buah-buahan tersebut juga mengandung nutrisi lain yang tak kalah penting, seperti serat, air, vitamin C, zat besi, kalsium, dan lainnya.

Kacang-kacangan
Seperti yang telah disebutkan, minyak nabati berasal dari ekstrak kacang-kacangan tertentu. Itulah sebabnya, makanan yang mengandung vitamin E yang sayang untuk dilewatkan oleh ibu hamil di antaranya kacang kedelai, kacang almond, kacang mete, kacang merah, kacang hijau, dan lain sebagainya.

Meskipun kacang-kacangan termasuk makanan yang mengandung vitamin E, tetapi jumlah protein di dalamnya tidak lengkap seperti dalam sumber protein hewani (susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih). Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E dan nutrisi lainnya secara seimbang agar kebutuhan gizi harian tercukupi dengan baik.

Baca Juga:  Manfaat Pendidikan Moral Agar Anak Berjiwa Penolong

Selain itu, apapun jenis makanan yang mengandung vitamin E yang Bunda pilih, pastikan proses pengolahannya sudah tepat. Bunda hamil sebaiknya mengonsumsi makanan bergizi yang dimasak secara matang merata, masih segar, serta terjaga kebersihan dan kualitasnya.

Setelah mengetahui apa saja jenis makanan yang mengandung vitamin E, sekarang saatnya Bunda memahami pentingnya vitamin yang satu ini untuk kesehatan tubuh. Sebab, peran vitamin E bukan hanya berpengaruh pada kesehatan kulit, tetapi lebih dari itu. Kita simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Manfaat Makanan yang Mengandung Vitamin E

Secara umum, berikut ini beberapa manfaat yang bisa Bunda dapatkan dari makanan yang mengandung vitamin E, antara lain:

Memiliki efek antioksidan
Vitamin E termasuk vitamin yang mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan berperan penting untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang dapat memicu risiko penyakit.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Makanan yang mengandung vitamin E juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh bagi ibu hamil dan janin. Ini karena vitamin E dapat meningkatkan produksi sel darah putih, terutama limfosit yang dapat membuat tubuh lebih kuat melawan virus dan bakteri penyebab infeksi.

Menjaga kesehatan kulit
Seperti yang telah dibahas ya, Bu, salah satu manfaat vitamin E yang cukup populer yaitu dapat menjaga kesehatan kulit. Dalam hal ini, vitamin E berperan untuk mencegah kerusakan jaringan kulit karena peran antioksidan di dalamnya. Selain itu, vitamin E juga diketahui mampu mengencangkan dan menjaga kelembapan kulit Bunda agar tidak mudah kering, kusam, dan mencegah munculnya tanda penuaan seperti keriput dan garis halus.

Mengurangi risiko penyakit jantung
Vitamin E juga memiliki peran dalam menjaga kesehatan jantung. Antioksidan yang terkandung dalam vitamin E dapat membantu mengurangi risiko terjadinya peradangan pada pembuluh darah dan arteri yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Selain itu, vitamin E juga dapat membantu melancarkan aliran darah dan menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga:  Waspada Campak pada Bayi, Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

Meningkatkan kesuburan
Vitamin E juga berperan dalam meningkatkan kesuburan pada wanita. Vitamin E dapat membantu meningkatkan kualitas sel telur dan menjaga keseimbangan hormon reproduksi. Selain itu, vitamin E juga dapat membantu meningkatkan kualitas sperma pada pria.

Mengurangi risiko kanker
Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin E dapat membantu mengurangi risiko terjadinya beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker kolon. Antioksidan dalam vitamin E dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang dapat memicu perkembangan sel kanker.

Meningkatkan fungsi otak
Vitamin E juga berperan dalam meningkatkan fungsi otak. Antioksidan dalam vitamin E dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif dan peradangan yang dapat menyebabkan penurunan fungsi kognitif. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, Bunda dapat membantu menjaga fungsi otak yang optimal.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Bunda dapatkan dari mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E. Penting bagi Bunda untuk memastikan kecukupan asupan vitamin E dalam diet sehari-hari untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendukung perkembangan janin dengan baik.

Selain itu, Bunda juga perlu memperhatikan takaran yang tepat dalam mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui berapa jumlah vitamin E yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Bunda.

Demikianlah artikel mengenai ragam makanan yang mengandung vitamin E bagi ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Bunda dalam menjaga kesehatan tubuh dan perkembangan janin dengan baik. Tetaplah mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang serta jaga pola hidup sehat selama kehamilan.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com