Perkedel Ubi Kaya Rasa

Perkedel Ubi Terong Ungu

Perkedel merupakan salah satu makanan yang sangat digemari oleh banyak orang. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat perkedel menjadi lauk yang selalu disukai oleh semua kalangan. Biasanya, perkedel terbuat dari kentang yang diolah menjadi adonan dengan tambahan bumbu dan rempah-rempah. Namun, kali ini kita akan mencoba membuat perkedel dengan bahan utama ubi terong ungu.

Ubi terong ungu merupakan jenis umbi-umbian yang kaya akan nutrisi. Ubi terong ungu mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, ubi terong ungu juga memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga baik untuk pencernaan. Dengan menggunakan ubi terong ungu sebagai bahan utama, perkedel ini akan memiliki rasa yang manis dan warna yang cantik.

Untuk membuat perkedel ubi terong ungu, kita membutuhkan beberapa bahan seperti ubi kuning yang sudah diparut, daging ayam giling, terong ungu yang sudah diparut, kulit jeruk lemon parut, tepung tapioka, bawang putih yang dihaluskan, garam, telur, dan minyak goreng. Pertama-tama, kukus ubi kuning dan terong ungu selama kurang lebih 10 menit hingga matang.

Setelah itu, campurkan ubi kuning, terong ungu, tepung tapioka, daging ayam giling, dan parutan kulit jeruk lemon. Tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan dan taburkan garam secukupnya. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Setelah itu, ambil satu sendok adonan dan bentuklah dengan menggunakan pencetak kue. Setelah adonan terbentuk, celupkan adonan ke dalam telur kocok.

Panaskan wajan berisi minyak goreng dan goreng perkedel hingga berubah warna menjadi keemasan. Angkat perkedel dan tiriskan. Anda bisa menyajikan perkedel ubi terong ungu ini bersama sup atau nasi. Rasanya yang gurih dan manis akan menjadi tambahan yang lezat untuk hidangan Anda.

Baca Juga:  6 Obat Batuk Alami untuk Anak yang Aman!

Perkedel Ubi Udang

Selain perkedel ubi terong ungu, kita juga bisa mencoba membuat perkedel ubi udang. Perkedel ini memiliki rasa yang gurih dan sedikit pedas karena menggunakan udang sebagai salah satu bahan utamanya. Untuk membuat perkedel ubi udang, kita membutuhkan beberapa bahan seperti ubi yang sudah dikukus, udang yang sudah digiling, bawang merah goreng, daun seledri, bawang putih yang dihaluskan, merica bubuk, garam, tepung tapioka, telur, dan minyak goreng.

Pertama-tama, campurkan udang giling, ubi yang sudah direbus, bawang merah goreng, daun seledri, dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Tambahkan merica bubuk dan garam secukupnya. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Setelah itu, ambil satu bagian adonan dan bentuklah menjadi bulat pipih.

Celupkan perkedel ke dalam kocokan telur dan tiriskan. Goreng perkedel hingga harum dan berwarna kecoklatan. Anda bisa menyajikan perkedel ubi udang ini bersama nasi merah atau nasi putih. Rasanya yang gurih dan sedikit pedas akan menjadi tambahan yang lezat untuk hidangan Anda.

Variasi Perkedel Ubi

Tidak hanya perkedel ubi terong ungu dan perkedel ubi udang, masih banyak variasi perkedel yang bisa kita coba. Kita bisa mengganti bahan utama perkedel dengan umbi-umbian lain seperti singkong atau kentang. Selain itu, kita juga bisa menambahkan sayuran atau rempah-rempah sesuai dengan selera dan kebutuhan gizi keluarga.

Misalnya, kita bisa membuat perkedel singkong dengan tambahan tumisan daging giling. Atau kita bisa membuat perkedel kentang dengan tambahan wortel parut untuk memberikan rasa dan warna yang menarik. Variasi perkedel ini tidak hanya membuat hidangan lebih beragam, tetapi juga memberikan nutrisi yang lebih lengkap kepada keluarga.

Selain variasi bahan dan tambahan sayuran, kita juga bisa mengatur ukuran dan bentuk perkedel sesuai dengan selera dan kebutuhan. Misalnya, kita bisa membuat perkedel dalam bentuk bulat pipih atau oval. Kita juga bisa membuat perkedel dalam ukuran kecil atau besar sesuai dengan kebutuhan masing-masing anggota keluarga.

Baca Juga:  Fakta Seputar Pemberian Imunisasi pada Bayi

Menyajikan Perkedel untuk Si Kecil

Perkedel merupakan salah satu makanan yang disukai oleh anak-anak. Namun, terkadang anak-anak sulit untuk makan sayuran. Oleh karena itu, kita bisa memanfaatkan perkedel sebagai cara untuk mengajak anak-anak agar lebih gemar makan sayuran.

Misalnya, kita bisa menambahkan sayuran yang disukai oleh anak-anak ke dalam adonan perkedel. Misalnya, kita bisa menambahkan wortel parut, brokoli cincang, atau jagung manis pipil ke dalam adonan perkedel. Dengan cara ini, anak-anak akan lebih tertarik untuk mencoba dan menyukai perkedel yang mengandung sayuran.

Selain itu, kita juga bisa mengganti bahan utama perkedel dengan sayuran. Misalnya, kita bisa mengganti kentang dengan labu kuning atau mengganti singkong dengan bayam. Dengan cara ini, anak-anak akan mendapatkan nutrisi yang lebih lengkap dari perkedel yang mereka makan.

Selain menambahkan sayuran, kita juga bisa mengganti bahan utama perkedel dengan ikan atau daging. Misalnya, kita bisa membuat perkedel ikan dengan tambahan ikan yang sudah dihaluskan ke dalam adonan perkedel. Atau kita bisa membuat perkedel daging dengan tambahan daging sapi atau ayam yang sudah digiling.

Dengan cara ini, anak-anak akan mendapatkan nutrisi yang lebih lengkap dan variasi rasa yang lebih menarik dari perkedel yang mereka makan. Dengan variasi perkedel ini, kita tidak perlu khawatir lagi jika anak-anak sulit untuk makan sayuran atau tidak tertarik dengan makanan yang kita sajikan.

Melibatkan Anak dalam Pembuatan Perkedel

Salah satu cara untuk membuat anak-anak lebih tertarik dengan makanan adalah dengan melibatkan mereka dalam proses pembuatan makanan. Kita bisa mengajak anak-anak untuk ikut membantu dalam mengolah bahan-bahan dan membentuk adonan perkedel.

Misalnya, kita bisa meminta anak-anak untuk membantu mengupas ubi atau menggiling singkong. Kita juga bisa meminta anak-anak untuk membantu mencampurkan semua bahan dalam adonan perkedel. Dengan cara ini, anak-anak akan merasa senang dan bangga karena sudah ikut membantu dalam membuat makanan.

Baca Juga:  Hal-Hal Penting yang Harus Diketahui Dari Donor ASI

Selain itu, anak-anak juga akan lebih tertarik untuk mencoba makanan yang mereka buat sendiri. Mereka akan merasa excited dan ingin segera mencicipi hasil karya mereka. Dengan cara ini, anak-anak akan lebih terbuka untuk mencoba makanan baru dan lebih tertarik untuk makan sayuran yang mereka buat sendiri.

Selamat mencoba membuat perkedel ubi terong ungu dan perkedel ubi udang di rumah. Jangan lupa untuk melibatkan anak-anak dalam proses pembuatan perkedel. Selamat menikmati hidangan yang lezat dan bergizi untuk keluarga tercinta.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com