Bayi Susah Tidur Siang? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya


Pola Tidur Siang Bayi Sesuai Usia

Pola tidur siang bayi dapat berbeda-beda tergantung pada usia bayi tersebut. Berikut adalah pola tidur siang bayi sesuai dengan usianya:

1. Bayi baru lahir (usia 0 bulan): Bayi baru lahir membutuhkan tidur sekitar 16-20 jam per hari. Tidur siang dan tidur malam memiliki jumlah yang sama, yaitu sekitar 1-4 jam periode tidur diikuti dengan 1-2 jam periode terbangun.

2. Bayi usia 1-2 bulan: Pada usia ini, bayi membutuhkan tidur siang sekitar 5-6 jam per hari.

3. Bayi usia 3-6 bulan: Pada usia ini, bayi membutuhkan tidur siang sekitar 4-5 jam per hari.

4. Bayi usia 6-12 bulan: Pada usia ini, bayi membutuhkan tidur siang sekitar 3-4 jam per hari.

Penting bagi orangtua untuk memperhatikan pola tidur siang bayi sesuai dengan usianya. Pastikan bayi mendapatkan waktu tidur yang cukup agar pertumbuhan dan perkembangannya dapat berjalan dengan baik.

Penyebab Bayi Susah Tidur Siang

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan bayi susah tidur siang. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

1. Gangguan di sekitar: Bayi seringkali sensitif terhadap gangguan di sekitarnya. Suara televisi, mainan yang berisik, atau lampu yang terlalu terang dapat mengganggu tidur siang bayi.

2. Jadwal tidur yang tidak konsisten: Jadwal tidur yang tidak konsisten dapat membuat bayi susah tidur siang. Penting bagi orangtua untuk menjaga konsistensi dalam rutinitas tidur bayi, termasuk tidur siang.

3. Bayi dalam kondisi lapar: Bayi yang merasa lapar akan sulit tidur siang. Pastikan bayi sudah makan dan kenyang sebelum tidur siang.

4. Bayi terlalu lelah: Bayi yang terlalu lelah karena bermain atau beraktivitas secara berlebihan juga dapat mengalami kesulitan tidur siang.

Baca Juga:  Manfaat Kacang Kedelai dan Susu Sapi untuk Anak Prima

5. Gangguan kesehatan: Beberapa gangguan kesehatan seperti demam atau flu dapat membuat bayi susah tidur siang.

Manfaat Tidur Siang bagi Bayi

Tidur siang memiliki manfaat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Berikut adalah beberapa manfaat tidur siang bagi bayi:

1. Mendukung pertumbuhan fisik: Selama tidur siang, tubuh bayi melakukan proses pertumbuhan yang penting. Tidur siang yang cukup dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan fisik bayi.

2. Mengembangkan kemampuan kognitif: Tidur siang dapat membantu mengembangkan kemampuan kognitif bayi. Saat tidur, otak bayi beristirahat dan memproses informasi yang diterima, sehingga memori dan tingkat pembelajaran bayi dapat meningkat.

3. Meningkatkan kualitas tidur malam: Tidur siang yang cukup dan berkualitas dapat membantu meningkatkan kualitas tidur malam bayi. Bayi yang tidur siang dengan cukup akan lebih nyenyak dan tidak mudah terbangun di malam hari.

4. Menjaga suasana hati: Bayi yang tidur siang dengan cukup cenderung lebih bahagia dan memiliki suasana hati yang lebih baik. Tidur siang dapat meningkatkan energi positif bayi dan membantu mengurangi risiko kelelahan dan keterpaparan energi negatif.

Tips Membiasakan Bayi Tidur Siang

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu orangtua membiasakan bayi tidur siang:

1. Ciptakan suasana kamar yang tenang: Pastikan kamar tidur bayi tenang dan bebas dari gangguan seperti cahaya dan suara yang dapat mengganggu tidur siang bayi.

2. Kenali tanda-tanda bayi mengantuk: Ketahui tanda-tanda bayi yang mengantuk, seperti menguap, menggosok mata, atau terlihat lesu. Ketika bayi menunjukkan tanda-tanda ini, segera bawa bayi ke tempat tidur untuk tidur siang.

3. Bacakan dongeng atau bersenandung: Bacakan dongeng atau bersenandung dengan suara lembut dapat membantu bayi mengantuk dan tertidur.

Baca Juga:  Dirancang Khusus, Berikut Rekomendasi Pakaian Dalam Setelah Melahirkan Sesar

4. Tetap konsisten dengan jadwal tidur siang: Jadwalkan tidur siang bayi pada jam yang sama setiap hari untuk membantu mengatur pola tidur bayi.

5. Berikan ASI atau susu formula secara rutin: Pastikan bayi mendapatkan nutrisi yang cukup sebelum tidur siang. Jika bayi masih menyusui, berikan ASI secara rutin. Jika bayi sudah mengonsumsi susu formula, pastikan memberikan susu formula yang sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan.

Dengan mengikuti tips di atas dan memberikan perhatian yang cukup pada pola tidur siang bayi, orangtua dapat membantu bayi tidur siang dengan lebih baik. Jika masalah tidur siang bayi terus berlanjut atau mengganggu tumbuh kembang bayi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com